Sukses

Diduga Langgar Hak Cipta, Ini 4 Fakta Lagu 'Keke Bukan Boneka' Milik Kekeyi

Liputan6.com, Jakarta Rahmawati Kekeyi Putri Cantika atau yang lebih dikenal dengan nama Kekeyi kembali menjadi sorotan media. Pasalnya single terbarunya yang berjudul "Keke Bukan Boneka" diduga telah melanggar hak cipta. 

Kekeyi merilis single terbarunya tersebut pada Jumat (29/5/2020) lalu. Baru dirilis, video klip yang memiliki durasi 3 menit 26 detik itu telah ditonton hampir 1 juta kali selama 20 jam. Bahkan, nama wanita berusia 25 tahun ini juga menjadi trending di Twitter. 

Namun kesuksesan YouTuber Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka ini kemudian terseret dalam isu hak cipta. Musisi Novi Umar lewat Instagram pribadinya mengunggah video pernyataan soal lagu yang dibawakan Kekeyi mirip dengan lagu hasil ciptaannya yang dinyanyikan oleh solois, Rinni Wulandari. 

Pernyataan Novi Umar tersebut pun akhirnya ramai diperbincangkan. Berikut ini Liptuan6.com rangkum, 4 fakta single terbaru Kekeyi yang diduga langgar hak cipta, dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (31/5/2020). 

2 dari 5 halaman

1. Pernyataan Musisi Novi Umar

Lewat postingan video yang diunggah pada Sabtu (30/5/2020), Novi Umar membeberkan perihal single terbaru Kekeyi yang menurutnya mirip dengan lagu ciptaannya. Bagian lagu yang diduga plagiat adalah pada lirik 'Keke bukan boneka' yang diulang beberapa kali.

"Halo semua saya Novi Umar, banyak sekali temen-temen saya yang mengabari saya lewat chat pribadi lewat instagram, twitter facebook. Mereka bilang ada bagian dari lagu saya yang pernah saya buat untuk sahabat saya Rini yaitu aku bukan boneka, itu dipake oleh penyanyi yang lain untuk single barunya," tutur Novi Umar. 

Meski begitu, Novi Umar tak menyudutkan Kekeyi. Ia memaklumi jika YouTuber itu memanglah bukan seorang penyanyi dan belum memiliki banyak lagu sehingga  tak mengetahui perihal karya cipta. Ia lebih menyayangkan dari pihak manager Kekeyi dan studio rekaman yang memproses single tersebut. 

"Yang saya sayangkan adalah, saya yakin si penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer atau tempat label yang dia rilis single ini pasti udah paham banget," ucapnya. 

3 dari 5 halaman

2. Komentar Rinni Wulandari

Tak hanya dari sang pencipta lagu, penyanyi yang membawakan lagu "Aku Bukan Boneka" yang diduga ditiru oleh Kekeyi yakni Rinni Wulandari juga memberikan komentar. Tembang  “Aku Bukan Boneka” milik Rinni Wulandari sendiri merupakan lagu dari album Tetap Milikmu yang dirilis Sony Music pada 2007 silam. 

Rinni Wulandari pun melontar sindiran kepada Rahmawati Kekeyi lewat akun Twitter-nya yang diikuti 128 ribu orang lebih. Wanita berusia 30 tahun itu  mengunggah potongan videoklip “Keke Bukan Boneka” berdurasi 12 detik yang disambung adegan ia menyanyikan lagu “Aku Bukan Boneka”. 

Setelah sekian lama, akhirnya bisa nyanyi Aku Bukan Boneka lagi bareng temen duet baru,” tulis Rinni Wulandari sebagai status teks. Sontak, sindiran juara Indonesian Idol musim keempat itu membuat netizen heboh. 

4 dari 5 halaman

3. Trending di YouTube Sekaligus Kalahkan Lady Gaga dan BLACKPINK

Meski kini banyak menuai kritikan netizen, sebelumnya single terbaru Kekeyi sukses menduduki trending nomor satu di YouTube. Bahkan single berjudul "Keke Bukan Boneka" ini berhasil menggeser posisi "Sour Candy" milik Lady Gaga ft. BLACKPINK. 

Video klip single perdana Kekeyi berdurasi 3 menit 26 detik itu menceritakan tentang dirinya yang kerap dipermainkan oleh para pria. Menggenakan gaun bermotif kupu-kupu, Kekeyi tampak dikawal oleh dua orang pria tampan saat menyanyikan lagunya.

5 dari 5 halaman

4. Belum Ada Pernyataan dari Pihak Kekeyi

Meskipun ramai diperbincangkan lantaran dugaan plagiat atau langgar hak cipta, dari pihak Kekeyi sendiri hingga kini belum ada konfirmasi lebih detail. Kekeyi ataupun manager belum memberikan konfirmasi apapun. 

Novi Umar juga hanya memberikan pernyataan jika permasalahan tersebut sudah ia serahkan ke Sony Music selaku label yang menaungi dirinya. 

"Masalah ini saya sudah serahkan kepada pihak @sonymusicid selaku label yang menaungi saya, sekali lagi saya mohon maaf serta bukan bermaksud tidak baik kepada @rahmawatikekeyiputricantikka23 saya hanya ingin ini menjadi pembelajaran utk semua orang betapa pentingnya menghargai karya cipta orang lain, saya juga percaya rezeki sudah diatur oleh Allah Azza Wajala yg maha kaya." tulis Novi Umar di Instagramnya pada Sabtu (30/5/2020).