Sukses

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Kenali Ciri-cirinya

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan madu asli dan palsu bisa dilakukan dengan melakukan pengujian. Setelah melakukan beberapa cara pengujian tersebut, nantinya kamu akan melihat perbedaan dari madu asli dan palsu melalui ciri-cirinya.

Madu dihasilkan oleh lebah dan serangga dari nektar bunga. Bentuknya cair seperti sirup, tetapi wujudnya lebih kental dan memiliki rasa yang manis. Madu asli terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. 

Sedangkan, madu palsu merupakan cairan yang secara fisik mirip dengan madu asli, namun sebenarnya adalah madu yang dicampur dengan bahan lain, terutama larutan sukrosa maupun sirup glukosa/fruktosa. Hal ini menyebabkan madu palsu dapat membahayakan kesehatan karena tinggi kandungan gula.

Cara membedakan madu asli dan palsu penting dikenali untuk menjaga kesehatan. Memang, cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu asli tanpa campuran dan madu palsu hanya melalui kemasan saja. Oleh karena itu, kamu harus lebih jeli dan paham dalam membedakan madu asli dan madu palsu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuktikan keaslian madu. Walaupun cara ini tak bisa dilakukan sebelum membeli, cara ini bisa dijadikan pelajaran untuk tidak memilih produk madu yang sama. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/5/2020) tentang cara membedakan madu asli dan palsu

2 dari 4 halaman

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Mencobanya dengan Korek Api

Cara membedakan madu asli dan palsu yang pertama bisa dilakukan dengan mencobanya pada korek api. Caranya adalah dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian gesekkan ujung korek api yang sudah dilumuri dengan madu untuk dinyalakan.

Kalau korek api masih menyala setelah dilumuri madu, maka madu tersebut asli. Sedangkan kalau madu itu palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain, maka korek api tidak mau menyala.

Menguji Madu dengan Kertas

Cara membedakan madu asli dan campuran berikutnya adalah dengan menguji madu dengan kertas. Kamu hanya perlu meneteskannya atau menuangkannya ke kertas kosong. Setelah itu cobalah untuk merobek kertas yang sudah kamu tuangkan madu tadi.

Kalau kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu atau sudah ada campurannya.

3 dari 4 halaman

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Merebus Madu dengan Menggunakan Sendok

Merebus madu dengan menggunakan sendok juga bisa dilakukan sebagai cara membedakan madu asli dan palsu. Untuk bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran, kamu bisa merebus madu di atas sendok. Caranya, cukup tuangkan madu ke dalam satu sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Kalau madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok, maka dapat disimpulkan kalau madu tersebut asli atau murni. Namun, kalau madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu atau telah dicampuri dengan bahan lain di dalamnya.

Membekukan Madu

Cara membedakan madu asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan membekukannya. Untuk membuktikan madu itu asli atau tidak, kamu bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer.

Kalau madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut asli. Namun kalau madu yang kamu taruh di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu.

4 dari 4 halaman

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Meneteskan Madu ke Air

Ciri-ciri madu asli tanpa campuran bisa kamu coba dengan memasukkan tetesan madu ke dalam air. Cara membedakan madu asli dan palsu ini dilakukan dengan memasukkan satu sendok tetesan madu ke dalam air.

Kalau tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli. Sedangkan jika tetesan madu yang tercampur atau bahkan terapung dalam air, maka madu tersebut palsu atau sudah ada bahan campurannya.

Kenali Aromanya

Cara membedakan madu asli dan palsu juga dapat dilakukan dengan mengenali aromanya. Kamu bisa memastikan sebuah madu adalah madu asli jika memiliki memiliki aroma khas bunga yang dijadikan bahan nektar, misalnya bunga akasia, kapuk, kelengkeng, rambutan, dan lain-lain. Sedangkan madu palsu tidak akan memiliki aroma tersebut.

Itulah beberapa cara membedakan madu asli dan palsu yang perlu kamu ketahui. Membedakan madu asli dan palsu juga bisa dirasakan dengan mencicipi rasanya. Rasa madu asli akan tetap tertinggal di mulut selama beberapa menit. Sedangkan jika rasa yang ditinggalkan sangat manis dan hanya sebentar, kemungkinan itu adalah madu palsu.

Untuk mendapatkan madu yang sudah terjamin keasliannya, kamu bisa langsung membeli madu murni ke pasar petani madu. Tentunya kamu bisa mendapatkan madu yang masih murni tanpa adanya tambahan. Jika tidak, kamu bisa menerapkan cara membedakan madu asli dan palsu yang telah dijabarkan di atas.