Sukses

Bahaya Minum Air Putih Mentah bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bahaya minum air putih mentah bagi kesehatan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Air mentah merupakan air yang tidak melalui proses penyaringan dan tidak diproses dengan baik, diambil langsung dari mata air atau sumber air.

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Namun, minum air putih yang tidak diolah atau tidak jelas kebersihannya, seperti air mentah, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh. Hal ini berkaitan dengan masih adanya kandungan bakteri dan parasit dalam air mentah tersebut. 

Bahaya minum air putih mentah bagi kesehatan perlu benar-benar diperhatikan. Untuk mendapatkan air yang aman dikonsumsi oleh tubuh, dibutuhkan tambahan beberapa bahan kimia dalam pemrosesannya. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan parasit yang secara alami terdapat di dalam air, seperti salmonela, E. Coli dan Giardia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/5/2020) tentang bahaya minum air putih mentah

2 dari 4 halaman

Bahaya Minum Air Putih Mentah bagi Kesehatan

Dikutip Liputan6.com dari KlikDokter, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa paling tidak, ada 128.000 orang di Amerika Serikat (AS) yang pernah dirawat di rumah sakit usai mengonsumsi air mentah. Sementara itu, 3.000 orang lainnya meninggal dunia akibat hal tersebut.

Bahaya minum air putih mentah bagi kesehatan, atau minum air yang tidak diolah atau tidak jelas kebersihannya disebabkan karena masih adanya kandungan parasit, seperti salmonella, E.coli, serta Giardia dalam air tersebut.

Gangguan Pencernaan

Bahaya minum air putih mentah yang pertama tentunya berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Patogen dalam air mentah seperti bakteri, parasit, jamur, dan lain-lain jika tak sengaja dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan gangguan saluran cerna seperti nyeri perut, muntah, diare, demam, dan gangguan pencernaan lainnya.

Gejala yang muncul hampir sama dengan gejala keracunan makanan. Lansia dan anak-anak lebih rentan mengalami infeksi saluran cerna ini karena memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah.

Meningkatkan Risiko Paparan Bahan Logam dan Zat Kimia Berbahaya

Bahaya minum air putih mentah berikutnya juga berpotensi menyebabkan tubuh terkontaminasi bahan logam. Dikutip Liputan6.com dari KlikDokter, berdasarkan laporan dari Detroit Water and Sewerage Department pada tahun 2014, di kota Flint, Michigan, AS, para warga yang minum air mentah langsung dari sumbernya di Sungai Flint mengalami paparan berbagai bahan kimia seperti timbal, trihalomethanes, tembaga, dan klorin.

National Institutes of Environmental Health Sciences menyebutkan bahwa dampak paparan timbal pada anak-anak bisa menyebabkan gangguan perilaku, gangguan atensi atau pemusatan perhatian, pubertas yang terlambat, gangguan pendengaran, hambatan tumbuh kembang, penurunan fungsi kognitif, serta penurunan daya ingat.

Sedangkan pada orang dewasa, kontaminasi timbal bisa meningkatkan risiko hipertensi, gangguan saraf (tremor dan gangguan sistem saraf pusat), penurunan fungsi ginjal, dan masalah kesuburan.

3 dari 4 halaman

Bahaya Minum Air Putih Mentah bagi Kesehatan

Memiliki Efek Karsinogen

Bahaya minum air putih mentah bagi kesehatan selanjutnya adalah memiliki efek karsinogen. Berdasarkan laporan dari Environmental Working Group di AS, dioksin ditemukan dalam sampel air keran yang diminum oleh hampir 90 juta orang di 45 negara bagian di AS.

Walaupun kandungan dioksin yang ditemukan di dalam air mentah tersebut masih dalam batas aman untuk diminum manusia, tapi dalam kadar tertentu dioksin dapat berbahaya bagi tubuh karena memiliki efek karsinogen (meningkatkan risiko kanker). Dampak lain dari paparan dioksin bagi kesehatan antara lain iritasi mata, hidung, tenggorokan, kulit kering, dan eksim.

Meningkatkan Risiko Penyakit Lainnya

Bahaya minum air putih bagi kesehatan juga bisa menimbulkan risiko penyakit lainnya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga melarang setiap orang untuk meneguk air mentah. Penyebabnya, air mentah meningkatkan risiko penyakit, seperti kolera, disentri, demam tifoid, dan polio.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Gejala dan Penanganannya

Bahaya minum air putih mentah bagi kesehatan tentunya tidak bisa dianggap sepele. Sebelum memutuskan tindakan yang harus dilakukan saat telanjur minum air mentah, perhatikan dulu berapa banyak yang kamu minum. Selain itu, perhatikan pula gejala yang dirasakan.

Apabila air mentah yang kamu minum itu sedikit, misalnya hanya sekali teguk, kamu tidak perlu khawatir. Apalagi jika kamu sedang dalam keadaan fit atau saat sistem kekebalan tubuh dalam keadaan baik.

Namun, jika air mentah yang kamu konsumsi itu hampir setengah botol atau lebih, perhatikan gejala yang kamu rasakan usai mengonsumsi air mentah. Kalau beberapa saat setelah minum air mentah perut kamu terasa tidak baik-baik saja, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Untuk menghindari bahaya minum air putih mentah bagi kesehatan, sebaiknya selalu rebus air minum yang akan kamu konsumsi. Hal ini untuk membunuh bakteri yang memang ada di dalam air tersebut.

Namun, jika sumber air yang kamu dapatkan itu sejak awal sudah tercemar bahan-bahan berbahaya, seperti timbal, pestisida, atau nitrat, merebus air justru akan meningkatkan kadar zat tersebut. Jadi, bila sumber air air relatif sudah tercemar bahan kimia di atas, akan lebih baik jika kamu menggunakan air mineral kemasan supaya lebih aman.