Sukses

Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Jangan Salah Pilih

Liputan6.com, Jakarta Nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ini membuat penanak nasi menjadi alat penting yang selalu ada di dapur. Kini sebagian besar cara menanak nasi dilakukan dengan menggunakan alat elektronik. Alat ini membuat proses menanak nasi menjadi mudah dan cepat.

Di Indonesia istilah penanak nasi terbagi menjadi rice cooker, magic jar, dan magic com. Banyak orang sulit membedakan antara fungsi rice cooker, magic jar, dan magic com. Bahkan ketiga produk ini kerap dianggap sama saja.

Padahal, ketiga alat ini memiliki fungsi berbeda dalam menanak nasi. Bagi kamu yang ingin membeli penanak nasi, penting untuk mengetahui perbedaan ketiga alat ini. Dengan mengetahui rice cooker, magic jar, dan magic com, kamu jadi tahu bentuk penanak nasi mana yang kamu butuhkan.

Agar tidak salah beli dan salah sebut, simak perbedaan rice cooker, magic jar, dan magic com yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(1/6/2020).

2 dari 5 halaman

Rice cooker

Dari ketiga alat penanak nasi yang populer di Indonesia, rice cooker merupakan alat yang paling awal ditemukan. Rice cooker merupakan alat elektronik yang berfungsi menanak nasi. Perangkat ini hanya memiliki fitur cooking atau menanak.

Secara umum, produk penanak nasi terdiri dari sumber panas, panci memasak (inner pot), dan termostat. Termostat membantu mengukur suhu panci dan mengontrol panas agar nasi bisa matang sempurna.

Sesuai fungsinya, rice cooker hanya bisa digunakan untuk menanak nasi. Rice cooker listrik mengotomatiskan proses menanak dengan mengendalikan panas dan pengaturan waktu secara mekanis agar nasi bisa matang sempurna. Rice cooker dapat menanak nasi dalam waktu 40 menit hingga 1 jam. Rice cooker inilah yang menjadi awal inovasi dari dua perangkat lainnya yaitu magic jar dan magic com.

3 dari 5 halaman

Magic jar

Magic jar hadir setelah rice cooker. Perangkat ini menjadi pelengkap rice cooker. Jika rice cooker hanya bisa menanak nasi, magic jar berfungsi untuk menyimpannya agar tetap hangat. Alat ini hanya memiliki fitur "keep warm" atau tetap hangat. Magic jar menjadi perangkat yang selalu mendampingi fungsi rice cooker.

Magic jar digunakan untuk menjaga nasi tetap hangat dan tidak mudah basi. Tak hanya digunakan dalam rumah tangga, magic jar juga kerap digunakan bagi para pemiliki usaha kuliner yang mengharuskan nasinya tetap hangat dan tidak mudah basi. Seiring berjalannya waktu, magic jar kemudian berinovasi menjadi alat yang lebih canggih bernama magic com.

4 dari 5 halaman

Magic com

Magic com merupakan inovasi yang lebih modern dari rice cooker dan magic jar. Magic com menggabungkan fungsi rice cooker dan magic jar dalam satu perangkat. Alat ini bisa memasak sekaligus memanaskan nasi. Magic com memiliki fitur cooking dan keep warm yang bisa digunakan bergantian. Magic com bahkan bisa menghangatkan nasi hingga 48 jam. Dengan menggunakan magic com, proses menanak dan memanaskan nasi jadi lebih praktis.

Magic com mungkin memiliki lebih banyak sensor dan komponen lain, dan lebih multiguna. Kini magic com juga tak hanya digunakan untuk menanak nasi. Alat serbaguna ini juga kerap digunakan untuk mengukus, memasak sayur, hingga membuat kue sederhana. Inilah yang membuatnya disebut magic atau ajaib. Banyak produk magic com juga memperbanyak fiturnya seperti steam dan mengatur tingkat panas sesuai keinginan.

5 dari 5 halaman

Cara memilih penanak nasi yang tepat

Setelah mengetahui perbedaan antara rice cooker, magic jar, dan magic com kamu mungkin sudah bisa menentukan perangkat apa yang akan dibeli. Sebelum membeli, ada sejumlah poin yang perlu diperhatikan untuk memilih penanak nasi. Berikut cara memilih penanak nasi yang tepat:

Perhatikan fitur

Fitur penanak nasi penting diperhatikan sebelum membelinya. Fitur inilah yang bisa memengaruhi harga sebuah penanak nasi. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, semakin tinggi pula harganya. Salah satu fitur penanak nasi yang populer adalah fitur 3 in 1 yaitu penanak nasi yang bisa menanak, menghangatkan, sekaligus mengukus.

Produk penanak nasi tersedia dalam berbagai fitur dan harga. Pilihlah fitur penanak nasi sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Perhatikan konsumsi daya

Konsumsi daya pada perangkat penanak nasi menjadi poin yang harus dipertimbangkan karena sejumlah hal. Pertama, memilih penanak nasi yang memiliki daya rendah bisa membantu menghemat energi. Menggunakan perangkat hemat energi bisa membantu mengehemat pengeluaran listrik bulanan. Menyesuaikan daya penanak nasi dengan daya listrik di rumah juga penting agar listrik tidak turun secara tiba-tiba. Perangkat ini juga bisa sangat ramah lingkungan.

Pilih inner pot anti lengket

Selain daya dan fitur, material berkualitas adalah poin penting saat memilih penanak nasi. Pilihkan produk penanak nasi dengan material bekualitas yang menjamin proses memasak dan menghangatkan nasi tetap aman, sehat, dan perangkat tetap awet. Salah satu komponen yang perlu diperhatiakan adalah inner pot atau panci penanak nasi.

Pastikan untuk memilih inner pot dengan kualitas anti lengket. Material ini merupakan material berkualitas yang bisa membantu proses memasak dan menghangatkan nasi lebih cepat. Inner pot yang berkualitas juga dapat membuat nasi matang sempurna, tidak lengket, dan tidak menyebabkan gosong.