Sukses

16 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Daun kelor dikenal kaya akan manfaat. Salah satunya manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini disebabkan kandungan luar biasa yang dimilikinya. Bahkan daun kelor lebih padat gizi dibanding dengan bayam, susu, wortel, jeruk, dan pisang.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan juga semakin mudah dirasakan. Sebab, daun kelor sudah mulai dibuat menjadi suplemen superfood. Suplemen ini berisi bubuk daun kelor kering, karena daun kelor kering memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi.

Pada 100 gram daun kelor, terdapat 92 kalori energi dan 6.8 gram protein. Mengandung 1.7 gram lemak, 12.5 gram karbohidrat, dan 0.9 gram serat. Memiliki 6.78 mg vitamin A dan 0.06 mg vitamin B1. Kemudian 0.05 mg vitamin B2, 0.8 mg vitamin B3, dan 220 mg vitamin C. Jadi, tidak heran jika ada banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan dari berbagai sumber, Senin (1/6/2020).

2 dari 7 halaman

Kanker, Jantung, dan Tekanan Darah

Mencegah Kanker

Daun kelor juga dikenal sebagai anti-kanker. Perannya sangat ampuh menangkal penyakit kanker yang disebabkan oleh inflamasi akut. Dilansir dair Healthline, kandungan isotiosianat dalam daun kelor akan membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor dapat menjaga kesehatan jantung secara alami. Sebab, daun kelor sangat mampu menangkal kolesterol jahat dan inflamasi. Sehingga gangguan kesehatan pada jantung lebih mudah dihindari.

Menurunkan Tekanan Darah

Moringa oleifera atau kelor bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh quercetin dan antioksidan kuat di dalamnya. Sehingga sangat ampuh membantu menormalkan tekanan darah.

 

3 dari 7 halaman

Pertumbuhan, Tulang, dan Tingkatkan Massa Otot

Pertumbuhan

Daun kelor memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Tidak heran jika manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan sangat bisa diandalkan. Bahkan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Zat besi yang cukup sangat baik berpengaruh pada tumbuh kembang anak ini.

Hal ini dikarenakan zat besi pada daun kelor mampu membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Apabila anak kekurangan zat besi, maka akan membuat tubuhnya lemas dan tidak fokus. Kekurangan zat besi pada anak akan menimbulkan penyakit anemia dan defisiensi besi.

Tulang

Daun kelor sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada anak. Sebab, daun kelor memiliki kalsium empat kali lipat lebih besar daripada susu. Cobalah untuk mengonsumsi daun kelor secara teratur dengan menjadikannya sayur. Sayuran ini akan mempermudah anak menyerap nutrisinya. Seperti kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk tulang.

Tingkatkan Massa Otot

Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan juga baik untuk anak-anak. Massa otot pada anak akan lebih mudah terbentuk dengan mengonsumsinya. Sebab, otot terbentuk dari protein yang terdiri dari beragam asam amino. Sedangkan, daun kelor ini memiliki kandungan asam amino essensial cukup kaya.

Kandungan asam amino essensial pada daun kelor ini mampu membuat massa otot anak meningkat. Massa otot bukan berarti 'membesarkan otot' namun lebih pada mengukur bagaimana anak pulih dari kelelahan beraktivitas dan seberapa besar metabolisme aerobik maupun anaerobik pada anak.

4 dari 7 halaman

Nyeri Haid, Penyakit Kuning, dan Diabetes

Meringankan Nyeri Haid

Daun kelor bisa diandalkan untuk meringankan nyeri haid. Bahkan nyeri hebat yang dialami bisa diatasi secara alami. Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan memang sangat bisa diandalkan.

Cobalah untuk mengonsumsi jus daun kelor segar. Dilansir dari Boldsky, daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

Mencegah Penyakit Kuning

Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan bisa mencegah penyakit kuning. Cobalah untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin. Bisa dengan mengolahnya menjadi menu masakan atau minuman. Mengonsumsi daun kelor akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit kuning.

Mengatasi Diabetes

Kadar gula yang tidak seimbang penderita diabetes bisa diatasi dengan daun kelor. Hal ini disebabkan kandungan asam klorogenik dalam daun kelor. Sehingga akan sangat baik untuk menstabilkan gula darah secara alami.

Cobalah untuk mengonsumsi 150 mg ekstrak daun kelor secara rutin. Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen superfood untuk mempermudahnya. Maka manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan akan lebih mudah juga dirasakan.

5 dari 7 halaman

Flek Hitam, Penuaan, dan Mata Panda

Menyamarkan Flek Hitam

Daun kelor dapat menyamarkan flek hitam pada wajah. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam daun kelor penyebabnya. Vitamin C ini yang kemudian akan membantu mencerahkan kulit wajah sehingga flek hitam akan semakin tersamarkan.

Flek hitam ini memang muncul karena paparan sinar matahari, sehingga produksi melanin akan lebih cepat terjadi. Dan vitamin C inilah yang akan mencerahkan kulit wajah karena dapat membantu mengurangi pigmentasi melanin pada kulit.

Mencegah Penuaan

Penuaan bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor. Seperti garis halus dan kerutan yang datang lebih awal. Hal semacam ini biasanya banyak dialami oleh para wanita yang sering melakukan pekerjaan di luar ruangan, dan terus terpapar oleh sinar matahari.

Penurunan produksi kolagen elastis semakin menurun dan semakin diperparah dengan paparan sinar matahari. Namun hal ini bisa teratasi dengan mengonsumsi daun kelor. Anti-oksidan dalam daun kelor dapat membantu memperlambat kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menyamarkan Mata Panda

Jika tidak suka menggunakan makeup, daun kelor bisa membantu menyamarkan mata panda/kantung hitam di bawah mata. Hal ini akan semakin maksimal jika penggunaan daun kelor yang mengandung vitamin A juga dipadukan dengan vitamin K.

Menurut sebuah penelitian, menempelkan bantalan yang sudah diolesi retinol (vitamin A), vitamin K, dan kafein di bawah mata dapat menyamarkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

6 dari 7 halaman

Meremajakan Kulit dan Mengecilkan Pori-Pori

Meremajakan Kulit

Daun kelor juga ternyata mampu membantu meremajakan kulit. Hal ini disebabkan karena anti-oksidan yang turut membantu produksi kolagen. Kolagen inilah yang akan membantu memelihara elastisitas kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan lebih kencang.

Mengecilkan Pori-Pori

Ampuh mengecilkan pori-pori pada wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan vitamin C dalam daun kelor yang cukup banyak. Kedua vitamin ini yang kemudian akan membantu mengangkat kotoran dari pori-pori dan membantu mengurangi sumbatan. Sehingga pori-pori kulit akan semakin mengecil.

7 dari 7 halaman

Penangkal Radikal Bebas dan Jerawat

Penangkal Radikal Bebas

Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan bisa untuk menangkal radikal bebas. Sehingga dampak sinar uv, asap kendaraan bermotor, debu, dan asap rokok lebih mudah diatasi. Kandungan anti-oksidan dalam daun kelorlah penyebabnya. Anti-oksidan yang akan bekerja menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi

Menghilangkan Jerawat

Daun kelor bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini disebabkan karena anti-oksidan yang dapat ditemui dalam vitamin A. Vitamin A adalah anti-oksidan paling kuat untuk perawatan kulit wajah. Sehingga manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan kulit bisa diandalkan.

Anti-oksidan ini dikenal dengan istilah retinoid atau retin A. Vitamin A ini yang akan menghilangkan sumbatan keratin sehingga jerawat menjadi lebih mudah teratasi.