Sukses

6 Potret Rumah Masa Kecil SBY, Kamarnya Sempit dan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY merupakan Presiden Republik Indonesia yang keenam. Selama menjabat sebagai kepala negara, sosoknya dikenal tegas dan berwibawa. Meski kini sudah menjadi mantan Presiden Republik Indonesia, SBY masih melekat di ingatan masyarakat.

Bahkan segala gerak-geriknya pun tak pernah luput dari sorotan media. Bukan hanya urusan dalam berpolitik, segala hal tentang kehidupan pribadi Susilo Bambang Yudhoyono kerap menyedot perhatian publik. Seperti kisah masa lalunya yang lahir di lingkungan pesantren di desa Tremas, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur.

Diketahui SBY menghabiskan masa kecilnya di kota yang dijuluki sebagai kota seribu gua. Tak hanya itu, SBY muda ternyata tinggal di rumah yang sangat sederhana dan jauh dari kemewahan. Masa remaja SBY dihabiskan di sana dan jauh dari orang tua. Hal itu terungkap dari unggahan Agus Yudhoyono beberapa waktu lalu yang mengunggah foto penampakan kamar masa kecil SBY.

Kamar masa muda pria 70 tahun itu terlihat begitu sempit dengan kasur kecil. Meski sudah tak ditempati lagi, kamar tersebut masih tetap terawat dan rapi. Dari kamar sederhana itu, SBY dapat membangun cita-cita untuk meraih kesuksesan. Kediaman SBY bersama keluarga dari Pacitan memang terbilang cukup sederhana.

Rumah SBY dibangun dengan model Jawa klasik atau biasa disebut Joglo. Berikut potret rumah masa kecil Susilo Bambang Yudhoyono dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Begini potret rumah masa kecil SBY tampak depan, dibangun dengan model Jawa klasik atau biasa disebut Joglo.

3 dari 7 halaman

2. Meski terlahir dari keluarga berkecukupan, kedua orangtua presiden ke-6 ini mengajarkan kesederhanaan dengan tinggal di rumah yang jauh dari kemewahan.

4 dari 7 halaman

3. Rumah utama atau rumah kelahiran SBY, kini telah diwakafkan sesuai keputusan keluarga.

5 dari 7 halaman

4. Kamar masa kecil SBY berisi tempat tidur kecil lengkap dengan sprei dan bantal. Di ruangan berpintu kayu warna kuning itu juga tampak sebuah meja dan rangkaian bunga.

6 dari 7 halaman

5. Agus dan keluarga kecilnya berkunjung ke Pacitan untuk melihat kamar SBY yang berukuran lebar 1,5 dan panjang 2,5 meter. Masa remaja SBY dihabiskan di sana dan jauh dari orang tua.

7 dari 7 halaman

6. Pria 70 tahun ini membangun cita-citanya di kamar kecil tersebut dengan belajar, bekerja dan berkorban.