Sukses

10 Manfaat Donor Darah untuk Wanita, Cerahkan Kulit Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan darah di setiap Rumah Sakit Indonesia belum terpenuhi dengan baik. Dari lima juta kebutuhan kantong darah, hanya bisa dipenuhi empat juta kantong setiap tahunnya. Sebab, kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah masih sangat rendah terutama wanita. Padahal, ada banyak manfaat donor darah untuk wanita, terutama untuk kecantikannya.

Ada yang menyebutkan bahwa satu pendonor bisa sekaligus menyelamatkan tiga nyawa manusia. Tidak perlu khawatir kekurangan darah, karena darah bisa beregenerasi dengan sendirinya. Meski setelah donor sebagian akan merasakan matanya berkunang-kunang, mual, pusing, dan melayang, tetapi ini kondisi yang normal. Kondisi seperti ini memang lebih sering dialami oleh wanita. Namun, tidak perlu ragu karena sebenarnya manfaat donor darah untuk wanita begitu beragam.

Bagi wanita, aturan donor dilakukan setiap 4 bulan sekali. Sedangkan bagi pria, aturan donor dilakukan setiap 3 bulan sekali. Aturan ini diterapkan karena wanita memiliki lebih sedikit zat besi dibanding pria. Jika dilakukan kurang dari 4 bulan, dikhawatirkan bukan manfaat donor darah untuk wanita yang dirasakan tetapi anemia. Kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat donor darah untuk wanita dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020).

2 dari 6 halaman

Menyembuhkan Luka dan Deteksi Dini Penyakit Berbahaya

Menyembuhkan Luka

Saat mendonorkan darah, tubuh akan menyesuaikan dengan berkurangnya sel darah merah. Proses ini membawa dampak positif. Termasuk ketika memiliki luka yang menyebabkan darah berkurang cukup banyak. Penyembuhan luka akan lebih cepat terjadi secara alami dengan donor darah.

Deteksi Dini Penyakit Berbahaya

Tes kesehatan saat donor darah bisa menjadi salah satu manfaat donor darah untuk wanita. Sebab, kesehatan darah benar-benar diperhatikan. Kesehatan pendonor juga menjadi lebih terkontrol dengan baik. Deteksi dini penyakit berbahaya juga menjadi lebih mudah dikenali.

3 dari 6 halaman

Cegah Penuaan Dini dan Cerahkan Kulit

Cegah Penuaan Dini

Donor darah bisa membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Permasalahan yang paling banyak dikhawatirkan oleh wanita, yakni terlihat tua. Munculnya keriput di sekitar mata atau garis-garis halus. Umumnya kondisi seperti ini disebabkan oleh radikal bebas.

Tanda-tanda penuaan ini bisa diatasi dengan mengandalkan manfaat donor darah untuk wanita. Setelah donor darah, tubuh akan meregenerasi sel darah merah secara alami. Dampaknya akan membuat kulit wajah menjadi kencang dan terhindar dari keriput.

Cerahkan Kulit

Memiliki kulit cerah tentu idaman kebanyakan wanita. Sebab, kecerahan kulit wajah masih menjadi standarisasi kecantikan orang Indonesia. Mendonorkan darah bisa membantu memaksimalkannya selain menggunakan krim pencerah wajah. Kandungan zat besi darah dapat membentuk hemoglobin dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kelebihan zat besi juga tidak berdampak baik bagi kesehatan dan kecantikan. Justru kelebihan zat besi akan menyebabkan kulit menjadi kusam. Untuk itu rutin mendonorkan darah sangat dianjurkan. Manfaat donor darah untuk wanita akan membuat zat besi dalam darah bisa lebih terontrol dengan baik. Kulit wajah akan menjadi lebih bersih, bercahaya, dan bebas dari kusam.

 

4 dari 6 halaman

Cegah Kegemukan dan Sehatkan Jantung

Cegah Kegemukan

Memiliki tubuh ideal merupakan idaman banyak wanita. Kini tidak hanya harus mengandalkan olahraga, makanan sehat, dan pola hidup sehat tetapi juga donor darah. Sebab, ketika mendonorkan darah ada kurang-lebih 650 kalori terbakar dari tiap 450 mililiter darah yang didonorkan. Jadi, tidak perlu sungkan mengandalkan manfaat donor darah untuk wanita ini.

Sehatkan Jantung

Donor darah bisa mengurangi kadar kekentalan pada darah. Kentalnya darah termasuk salah satu faktor risiko penyakit jantung. Gumpalan darah akan menyumbat pembuluh darah dan buruk bagi kesehatan jantung. Donor darah akan menjadi salah satu upaya untuk menyehatkan jantung. Sebab, kekentalan darah menjadi lebih terkontrol dengan baik.

5 dari 6 halaman

Kendalikan Kolesterol Darah dan Tingkatkan Produksi Darah

Kendalikan Kolesterol Darah

Kekentalan darah yang dapat terkontrol dengan baik dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat adalah penyebab gangguan kesehatan, seperti penyumbatan aliran darah. Jadi, penting untuk melakukan donor darah secara rutin.

Tingkatkan Produksi Darah

Darah merah memiliki peran mengalirkan nutrisi ke seluruh anggota badan. Peningkatan jumlah sel darah merah dalam tubuh bisa lebih optimal dengan donor darah. Distribusi zat gizi menjadi lebih lancar, termasuk segala nutrisi yang hendak disalurkan untuk kulit.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Stres dan Menghindarkan Penyakit Kulit

Mengurangi Stres

Sebelum menstruasi sebaiknya wanita melakukan donor darah. Sebab, donor darah bisa membantu mengurangi stres. Manfaat donor darah untuk wanita akan membuat mood wanita menjadi lebih baik. Tidak mudah marah dan tidak mudah tersinggung.

Setelah donor darah, tubuh memproduksi sel-sel baru. Tidak heran jika kemudian tubuh menjadi lebih segar. Pikiran menjadi lebih tenang, emosi menjadi lebih stabil, dan otak menjadi lebih peka.

Menghindarkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit bukanlah kabar baik bagi wanita. Penyakit ini sangat mengganggu pikirannya karena penampilan wanita akan terganggu. Manfaat donor darah untuk wanita bisa membantu mencegahnya. Hal ini disebabkan karena darah kotor dalam tubuh akan lebih mudah dihilangkan. Sirkulasi pergantian sel darah merah juga berjalan lebih teratur dan lancar. Penyakit kulit menjadi lebih mudah dihindari.