Sukses

7 Cara agar Ponsel Tidak Panas, Hindari Kebiasaan Buruk

Liputan6.com, Jakarta Sering kali ponsel yang sedang digunakan memiliki suhu yang cukup panas. Ketika suhu ponsel sudah mulai meningkat, ada baiknya untuk segera menerapkan beberapa cara agar ponsel tidak panas, karena suhu panas tersebut bisa menjadi tanda jika kondisi ponsel sedang tidak sehat. Dengan menerapkan cara agar ponsel tidak panas tersebut akan memperpanjang usia dari ponsel.

Selain berpengaruh terhadap ponsel itu sendiri, menerapkan cara agar ponsel tidak panas juga memberi dampak kepada pengguna, terutama dari sisi kenyamanan. Bayangkan saja ketika suhu ponsel panas dan Anda menggunakannya untuk menelepon, tentu akan mengganggu dan membuat area kulit yang menempel dengan ponsel tersebut menjadi panas hingga iritasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi di masa sekarang, ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat telekomunikasi sebatas telepon dan berkirim pesan saja. Namun, berbagai kegiatan seperti menjelajah internet, bermain game, menonton video, bahkan melakukan berbagai kegiatan pekerjaan juga cukup melalui ponsel. Jadi tidak heran jika hal tersebut memicu panasnya ponsel.

Tentunya ada banyak cara agar ponsel tidak panas, namun sebaiknya Anda memahami apa saja cara agar ponsel tidak panas yang paling dasar. Di bawah ini, Liputan6.com telah merangkum cara agar ponsel tidak panas tersebut, yang tentunya mudah dilakukan, Selasa (2/6/2020).

2 dari 8 halaman

1. Jangan Menggunakan Ponsel sambil Mengisi Daya

Cara agar ponsel tidak panas yang pertama yaitu menghindari bermain ponsel ketika sedang dalam keadaan mengisi daya. Memang terlihat mudah dan simpel, namun percaya atau tidak, hal ini sangat berbahaya dan sebaiknya Anda hindari, terutama jika penggunaan tersebut diperuntukkan kegiatan bermain game, menelepon atau menonton video dengan metode streaming, dimana ketiga hal tersebut membutuhkan kinerja ponsel yang sangat besar.

Apabila sering dilakukan, tentu dapat membuat pengisian daya menjadi tidak maksimal dan sangat lama. Kondisi panas dan lamanya waktu pengisian daya tersebut akan semakin meningkat apabila Anda menggunakan ponsel untuk bermain game yang memilki grafis cukup besar.

3 dari 8 halaman

2. Cek Kondisi Charger dan Kelistrikan

Cara agar ponsel tidak panas selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi dari charger yang digunakan. Mengingat charger memang sarat akan suhu panas. Dan akan lebih baik jika Anda selalu mengecek port kelistrikan yang digunakan untuk mengisi daya dari ponsel. Hal tersebut bertujuan agar menghindari adanya korsleting pada listrik. Selain itu, kondisi kelistrikan yang tidak stabil juga berbahaya bagi kesehatan dari ponsel Anda.

Selain itu, sebisa mungkin untuk menggunakan aksesoris asli, terutama jika aksesoris tersebut merupakan aksesoris vital bagi ponsel. Memang, aksesoris keluaran pihak ketiga saat ini sudah memiliki kualitas yang baik, namun, jika Anda tidak yakin untuk menggunakannya, lebih baik beli saja produk asli yang dikeluarkan merek ponsel tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Hindari Penggunaan Kamera yang Berlebihan

Semakin berkembangnya teknologi terutama pada ponsel pintar, juga berdampak akan disematkannya berbagai fitur yang menarik dan sangat canggih. Salah satu fitur yang umum di ponsel pintar saat ini adalah kamera yang memiliki resolusi tinggi dan tentunya menghasilkan gambar sangat jernih. Tidak jarang, karena adanya fitur tersebut cukup membuat pengguna ponsel menjadi kecanduan untuk melakukan kegiatan fotografi.

Akan tetapi, penggunaan kamera pada ponsel tersebut ternyata memberi dampak cukup besar terhadap suhu dari ponsel. Jadi, sebaiknya jika Anda menggunakan fitur kamera tersebut untuk berfoto atau merekam video dan suhu ponsel mulai meningkat, berilah jeda setidaknya 10-15 menit, agar ponsel tidak overheat.

5 dari 8 halaman

4. Pastikan Tidak Ada Malware

Malware sendiri merupakan salah satu biang keladi yang dapat menyebabkan sistem operasional di ponsel menjadi terhambat. Hambatan ini yang menyebabkan ponsel harus bekerja dengan ekstra. Adanya malware ini bisa terjadi karena kebiasaan menjelajah internet yang tidak aman. Anda bisa memanfaatkan aplikasi anti-malware yang ada di Play Store bagi Android atau App Store bagi Apple untuk mengatasi malware yang ada di ponsel tersebut.

6 dari 8 halaman

5. Istirahatkan Ponsel

Kegiatan menonton video dan bermain game memang sangat mengasikkan, dan tidak jarang membuat lupa waktu. Padahal kegiatan tersebut membutuhkan kinerja yang besar. Kinerja yang besar tersebut akhirnya membuat suhu ponsel menjadi sangat panas. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberi jeda istirahat agar ponsel tidak terlalu panas.

7 dari 8 halaman

6. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang ada di ponsel biasanya akan selalu aktif agar informasi yang ada di aplikasi tersbeut bisa di perbarui secara real time. Padahal, penggunaan aplikasi tersebut tidak terus dilakukan, bahkan sering kali ada aplikasi yang memang tidak pernah digunakan namun tetap bekerja otomatis. Anda bisa mematikan aplikasi yang tetap berjalan tersebut pada bagian pengaturan yang ada di ponsel.

8 dari 8 halaman

7. Perhatikan Penggunaan Casing Tambahan

Casing tambahan pada ponsel memang dapat memberi tampilan yang lebih cantik pada ponsel tersebut. Namun, penggunaan ponsel tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi dari suhu ponsel yang digunakan. Hal itu bisa terjadi karena sistem ventilasi dari ponsel bisa saja tertutup oleh casing tambahan yang digunakan. Maka jika Anda merasa suhu ponsel mulai panas, coba lepaskan casing ponsel Anda dan letakkan ponsel di lantai agar mempercepat pendinginan ponsel.

Akan tetapi, efektif tidaknya hasil dari beberapa cara agar ponsel tidak panas di atas, akan bergantung pada kondisi hardware dan software dari ponsel yang Anda gunakan, jika memang ponsel sudah tidak sehat maka kondisi panas tersebut akan berulang muncul dengan cepat walau sudah menerapkan berbagai cara agar ponsel tidak panas tersebut.