Sukses

Cleopatra Bukan Keturunan Mesir, Ini 7 Fakta Unik Lainnya Tentang Mesir Kuno

Sejarah tentang peradaban Mesir Kuno tak jarang membuat seseorang penasaran.

Liputan6.com, Jakarta Mesir Kuno adalah peradaban kuno di sebelah timur laut benua Afrika, yang berpusat di daerah hilir sungai Nil, yakni kawasan yang kini menjadi wilayah negara Mesir. Peradaban ini dimulai dengan unifikasi Mesir Hulu dan Hilir sekitar 3150 SM dan selanjutnya berkembang selama kurang lebih tiga milenium. Perkembangan peradaban ini tentunya menarik untuk dikulik.

Sejarah tentang peradaban Mesir kuno kerap kali membuat seseorang menjadi penasaran. Pasalnya sejarah dari peradaban ini selalu unik dan menarik. Penelitian terkait peradaban Mesir Kuno ini penuh dengan teka-teki dan bahkan ada sejarah yang jarang bahkan tidak diketahui.

Seiring dengan perkembangan zaman, fakta-fakta unik terkait Mesir kuno berhasil ditemukan. Tak jarang fakta unik tersebut membuat seseorang berdecak kagum bahkan geleng kepala. Salah satunya yakni tentang Ratu Cleopatra. Cleopatra dikenal sebagai salah satu ratu dunia yang terkenal dan berasal dari Mesir. Namun, ternyata Cleopatra bukan keturunan Mesir.

Selain fakta unik tentang Ratu Cleopatra, rupanya terdapat beberapa fakta unik lainnya tentang Mesir kuno. Seperti dilansir dari Brain Berries pada (2/6/2020) terdapat beberapa fakta unik lainnya yang ditemukan seiring dengan perkembangan zaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Cleopatra Bukan Keturunan Mesir

Ratu Cleopatra dikenal sebagai salah satu ratu terkenal di dunia. Tak sedikit seseorang yang menganggap jika Ratu Cleopatra ini keturunan Mesir. Namun siapa sangka Cleopatra merupakan keturunan Yunani atau Makedonia.

3 dari 8 halaman

2. Mesir Kuno Menciptakan Pasta Gigi

Salah satu fakta unik lainnya dari Mesir Kuno yakni pasta gigi yang selama ini dikenal masyarakat, diciptakan pada peradaban Mesir Kuno. Dahulu, masyarakat menggunakan kuas untuk menjaga gigi agar tetap bersih dan putih.

4 dari 8 halaman

3. Hanya Teks Paling Penting yang Ditulis dalam Hieroglif

Tulisan Hieroglif merupakan jenis tulisan yang dikenal pada masa peradaban Mesir Kuno. Rupanya tulisan Hieroglif ini hanya digunakan untuk menulis teks-teks penting. Hal tersebut dilakukan karena menulis dengan tulisan Hieroglif akan memakan waktu lama. Teks-teks penting ini ditemukan dalam Piramida.

5 dari 8 halaman

4. Pria Memakai Riasan Wajah

Fakta unik selanjutnya tentang Mesir Kuno yakni pria Mesir sering memakai riasan wajah layaknya wanita. Hal tersebut sudah bukan hal yang aneh pada peradaban Mesir Kuno.

 

6 dari 8 halaman

5. Piramida Memiliki Suhu Interior 20 Derajat Celcius

Suhu di Mesir tentunya terkenal panas, khusunya di sekitar Piramida. Namun siapa sangka jika Piramida yang dikenal sebagai ikon Mesir ini memiliki suhu interios 20 derajat celcius.

7 dari 8 halaman

6. Perempuan Memiliki Hak Setara di Mesir

Fakta unik selanjutnya tentang Mesir Kuno yakni perempuan memiliki hak setara di Mesir. Perempuan dianggap sama dengan pria di Mesir Kuno.

8 dari 8 halaman

7. Mumi Hewan

Proses mumifikasi diselamatkan untuk orang-orang berpengaruh dan penting dalam masyarakat Mesir, namun hal tersebut juga berlaku untuk hewan peliharaan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini