Sukses

7 Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat makan apel dengan kulitnya ternyata sangat baik untuk kesehatan. Padahal tidak sedikit juga orang yang memilih makan apel dengan dikupas terlebih dahulu. Padahal makan apel dengan mengupas kulitnya ini dapat mengurangi gizinya.

Namun, masih banyak orang yang ragu makan apel dengan kulitnya karena adanya zat lilin atau sisa pestisida pada kulit apel. Padahal, hal ini bisa kamu atasi dengan mencucinya dengan benar. Sehingga apel yang kamu makan tetap memberikan gizi yang maksimal.

Manfaat makan apel dengan kulitnya dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisinya. Buah apel dan kulitnya diketahui sebagai sumber serat, vitamin A, K, dan C, mineral, hingga sumber antioksidan. Hal inilah yang memberikan manfaat untuk kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat makan apel dengan kulitnya dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020).

2 dari 5 halaman

Sumber Serat dan Vitamin C

Sumber Serat

Manfaat makan apel dengan kulitnya yang pertama adalah sebagai sumber serat. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kelancaran sistem pencernaan. Satu buah apel ukuran medium memiliki total 4,4 gram serat.

Kandungan serat ini dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam kulit apel juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama, mencegah gula darah naik dan memperlambat penyerapan nutrisi. Kandungan serat ini bahkan juga dapat menurunkan kolestrol.

Sumber Vitamin C

Manfaat makan apel dengan kulitnya yang kedua adalah lebih tinggi kandungan vitamin C. Namun, saat kamu mengupas kulit apel maka kandungan tersebut akan menurun. Bahkan, hampir setengah kandungan vitamin C pada buah apel berada di kulitnya.

Pada apel yang tidak dikupas, kandungan vitamin C di dalamnya adalah sekitar 10,3 miligram. Sedangkan pada apel yang dikupas, kandungan vitamin C di dalamnya hanya sekitar 8,6 miligram

Vitamin C pada apel merupakan kunci penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk membasmi kuman penyebab penyakit. Tidak hanya itu, vitamin C juga memegang peran besar dalam melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

3 dari 5 halaman

Mencegah Kanker dan Sebagai Sumber Vitamin A dan K

Mencegah Kanker

Mencegah kanker juga merupakan salah satu manfaat makan apel dengan kulitnya bagi kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian dari Universitas Cornell tahun 2007, menunjukkan bahwa terdapat kandungan triterpenoid pada kulit apel. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker khususnya pada sel kanker usus besar, payudara dan liver.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh American Institute for Cancer mengatakan bahwa apel merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan ini dapat menurunkan resiko kanker paru-paru.

Sumber Vitamin A dan K

Apel memang dapat dijadikan sumber vitamin yang baik untuk kesehatan. Selain menjadi sumber vitamin C, manfaat makan apel dengan kulitnya juga memberikan vitamin A dan K untuk tubuh.

Perbedaan angka gizi pada apel yang dimakan bersama kulit atau dikupas juga terjadi pada kandungan vitamin A dan K. Apel yang tidak dikupas mengandung 120 IU vitamin A dan 4,9 mikrogram vitamin K. Sementara itu, apel yang dikupas hanya mengandung 82 IU vitamin A dan 1,3 mikrogram vitamin K.

Perlu diketahui, kedua vitamin tersebut memegang peranan penting untuk memelihara kesehatan dan kerja mata, kulit, tulang, maupun organ tubuh lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Mengatasi Masalah Pernapasan, Sumber Mineral, Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengatasi Masalah Pernapasan

Manfaat makan apel dengan kulitnya juga berguna untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan. Jenis flavonoid bernama quercetin sebagian besar ditemukan di kulit buah daripada daging buah, termasuk pada apel. Sebuah penelitian mengungkapkan seseorang yang mengonsumsi sedikitnya lima buah apel per minggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik. Sehingga bisa menurunkan risiko asma.

Selain itu, quercetin ini juga bisa membantu mencegah kerusakan otak yang berkaitan dengan penyakit alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.

Sumber Mineral

Selain sebagai sumber vitamin dan serat, manfaat makan apel dengan kulitnya berikutnya adalah sebagai sumber mineral. Sebuah studi dari Universitas Illinois mengandung mineral penting seperti potassium, kalsium, asam folat, zat besi dan fosforus.

Mineral tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menguatkan tulang hingga meregulasi pertumbuhan sel dan memproduksi sel darah merah.

Terutama pada potassium, apel yang tidak dikupas mengandung 239 miligram potasium, sedangkan yang dikupas hanya mengandung 194 miligram potasium. Potasium penting bagi tubuh karena zat gizi tersebut merupakan salah satu komponen penting yang tugasnya menjaga kesehatan organ vital, seperti jantung, otot, dan sistem saraf.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat makan apel dengan kulitnya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kulit apel memiliki kandungan ursolic acid yakni kandungan esensial yang dapat melawan obesitas. Ursolic acid meningkatkan lemak otot dengan merubah kalori terbakar sehingga menurunan resiko obesitas.

5 dari 5 halaman

Membersihkan Apel Sebelum Mengonsumsinya

Banyak orang yang masih ragu untuk memakan apel sekaligus dengan kulitnya. Hal ini disebabkan adanya zat lilin maupun sisa pestisida yang mungkin masih melekat pada kulit apel. Namun kamu bisa menghilangkan zat berbahaya tersebut dengan mencucinya menggunakan baking soda.

Penggunaan baking soda untuk melarutkan zat berbahaya yang menempel pada kulit apel ini telah diuji melalui studi yang dipublikasi di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Berikut langkah-langkah membersihkan kulit apel dengan baking soda:

Pertama, larutkan 1 sendok makan baking soda dengan 100 cc air bersih dan rendam apel selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir, dan jika perlu gunakan spons untuk menggosok kulit apel selagi dibilas.

Dengan begitu, lapisan lilin dan sisa pestisida yang mungkin menempel pada kulit apel akan ikut larut bersama air cucian. Dengan demikian, apel aman dikonsumsi dan tetap mengandung kadar gizi yang tinggi.