Sukses

Cara Menanam Daun Salam di Rumah, Mudah Diterapkan

Cara menanam daun salam di rumah cukup mudah dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam daun salam di rumah cukup mudah dipraktikkan. Tanaman satu ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang hobi memasak. Daun salam biasa digunakan sebagai bumbu dan bahan tambahan pada masakan karena dapat membuat masakan lebih harum aromanya. 

Walaupun mudah, saat hendak menanam daun salam tetap diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara menanamnya, sehingga daun salam dapat tumbuh dengan subur. Tanaman salam bisa ditanam menggunakan pot atau di pekarangan rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan tempat yang luas untuk tumbuh.

Cara menanam daun salam di rumah bisa kamu ikuti dengan saksama. Bagi kamu yang tidak ingin repot-repot membelinya ke pasar, kamu bisa menanamnya di rumah. Sehingga saat kamu membutuhkannya, kamu tinggal mengambil tanaman tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara menanam daun salam di rumah dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menanam Daun Salam di Rumah

Melakukan Pembibitan

Cara menanam daun salam yang pertama adalah memilih bibit yang berkualitas. Seperti dikutip Liputan6.com dari Ilmu Budidaya, caranya dengan memilih cabang daun salam yang terlihat paling produktif. Kamu bisa memilih cabang batang yang memiliki setidaknya 3 ranting.

Setelah memilih ranting, potong dengan panjang sekitar 25 centimeter. Cabang yang sudah dipotong tersebut nantinya ditanam dalam polybag dalam tanah dicampur dengan pupuk organik. Lakukan penyiraman secara teratur.

Persiapan Lahan

Setelah memilih bibit yang berkualitas dan melakukan pembibitan, kamu harus mempersiapkan lahan sebagai cara menanam daun salam selanjutnya. Sebelumnya kamu harus membersihkan lahan dari rumput dan bebatuan, lalu buat luabng berukutan 50x50x50 cm.

Setelah membuat lubang, berikan pupuk sebanyak 2/3 lubang, dan siram secara teratur untuk menjaga kelembapan. Selanjutnya, kamu tinggal mendiamkan lahan setidaknya 1 minggu untuk memberikan waktu pupuk meresap sempurna kedalam tanah.

3 dari 4 halaman

Cara Menanam Daun Salam di Rumah

Menanam Daun Salam

Cara menanam daun salam dilakukan dengan cara stek tanam. Hal ini dapat dilakukan setelah mendiamkan media tanam yang akan digunakan. Bibit yang telah ditanam dipindahkan ke dalam media tanam atau lubang tanam yang telah dipersiapkan.

Setelah semuanya siap, tutuplah lubang tanam tersebut menggunakan campuran tanah, pupuk organik, dan sekam. Taburkan campuran ketiga bahan tersebut secara merata pada bagian tanah terluar. Setelah itu, lakukan pemadatan tanah agar tanaman tidak cepat roboh.

Usahakan kamu menanam pohon salam di tempat yang sejuk dan tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Lalu, tancapkan batang pohon salam tersebut ke media stek. Jika ingin posisi pohon salam tegak, kamu juga bisa menyangganya dengan kayu, lalu ikat batang pohon salam pada kayu tersebut secara perlahan. 

Penyiraman

Cara menanam daun salam di rumah berikutnya adalah teknik penyiramannya. Proses penyiraman dalam budidaya daun salam pada musim kemarau sebaiknya dilakukan setiap dua kali sehari.

Sedangkan untuk musim hujan, kamu hanya perlu mengontrol tanaman agar tidak terjadi genangan. Salah satu caranya dengan membuat parit kecil di dekat batang pohon sebagai aliran air.

4 dari 4 halaman

Cara Menanam Daun Salam di Rumah

Pemupukan

Pemupukan juga sangat penting diperhatikan sebagai cara menanam daun salam di rumah. Pemupukan lanjutan diperlukan untuk membuat daun salam tumbuh dengan sempurna. Hal ini tentunya akan membuat daun salam yang kamu tanam lebih berkualitas. Berikan pupuk susulan dengan jarak 1 bulan sekali, dan dengan dosis 1 sendok teh/batang tanaman daun salam.

Penyiangan Tanaman Pengganggu

Selain pemupukan, penyiangan tanaman pengganggu juga patut diperhatikan sebagai cara menanam daun salam di rumah. Pembersihan tanaman pengganggu pertama kali kamu lakukan saat usia tanam 3 minggu. Lakukan pembersihan rumput gulma setiap 2 bulan sekali.

Manfaat pembersihan adalah untuk memaksimalkan proses pertumbuhan serta agar nutrisi terserap sempurna oleh tanaman utama. Selain itu, kamu juga harus memangkas tanaman daun salam yang terserang penyakit agar tidak menyebar ke bagian lainnya. Dengan begitu, tanaman tetap terjaha kualitasnya.

Memperbanyak Tanaman Daun Salam

Cara menanam daun salam selanjutnya adalah memperbanyak tanaman. Kamu bisa mempersiapkan hormon perangsang pertumbuhan daun agar lebih lebar dan berkualitas. Hormon perangsang yang bisa dipakai adalah POC BMW.

Cara menggunakannya cukup dengan menyemprotkan POC BMW kepada tanaman daun salam dengan dosis sekitar 2 – 3 tutup POC BMW + 15 liter air. Proses ini sebaiknya dilakukan selama 1 bulan sekali.

Itulah beberapa cara menanam daun salam di rumah. Jika kamu masih ragu dengan cara menanam dan merawat tanaman daun salam, kamu bisa berkonsultasi dengan toko tempat kamu membeli bibit tanaman agar lebih jelas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.