Sukses

Kata Sambutan Pernikahan Islam untuk Kedua Mempelai

Liputan6.com, Jakarta Kata sambutan pernikahan memiliki peranan yang sangat penting bagi kedua mempelai. Perhelatan yang dihadiri oleh keluarga dari pengantin pria maupun wanita ini tentunya menjadi upacara yang sakral tidak hanya bagi kedua mempelai. 

Kata sambutan pernikahan ini biasanya merupakan perwakilan dari kedua pihak keluarga, baik dalam acara lamaran maupun pernikahan. Pidato atau sambutan sebagai pembuka pesta perkawinan ini tentunya dapat membuat para hadirin lebih tenang dan konsentrasi menikmati acara.

Kata sambutan pernikahan memiliki format yang hampir sama pada setiap acaranya. Kamu dapat menyusun sendiri sesuai dengan keinginan dan persetujuan kedua belah pihak nantinya. Biasanya sambutan ini berisi tentang ungkapan rasa syukur, doa, hingga sambutan terhadap tamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/6/2020) tentang kata sambutan pernikahan

2 dari 4 halaman

Kata Sambutan Pernikahan

Kata sambutan pernikahan bisa dipersiapkan dengan menulisntya terlebih dahulu. Tentunya saat menyampaikan kata sambutan pernikahan, seseorang harus mempersiapkannya dengan baik. Apalagi, kata sambutan pernikahan akan disampaikan di depan banyak tamu undangan. Tidak heran, kadang banyak juga orang tua, mempelai, maupun pihak keluarga yang grogi menyampaikan kata sambutan pernikahan ini.

Kamu bisa mengikuti beberapa format kata sambutan pernikahan, dengan mengganti atau menambahkan beberapa informasi penting yang ingin ditambahkan. Berikut salah satu contoh kata sambutan pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi:

Salam

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat Siang, Salam sejahtera untuk kita semua. Bapak-bapak, ibu-ibu, serta saudara saudari yang kami hormati,

Puji Syukur kepada Allah SWT dan Ucapan Terima Kasih

Pertama-tama saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT, dengan nikmat dan rahmat yang dilimpahkan-Nya kepada kita semua, sehingga pada siang hari yang berbahagia ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan (nama mempelai pria).

3 dari 4 halaman

Kata Sambutan Pernikahan

Sambutan untuk Keluarga Mempelai

Atas nama keluarga kami dari pihak perempuan, kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan pengantin pria, dan kepada semua tamu undangan yang berkenan hadir, terimakasih karena turut menjadi bagian dari momen yang terindah untuk putra-putri kami.

Doa dan Permintaan Maaf

Semoga pada kesempatan ini, doa restu dan kasih sayang dari hadirin semua bisa menjadi berkah dan awal yang baik untuk keluarga kecil yang baru ini. Selamat menikmati acara dan hidangan pada acara pernikahan ini.

Atas nama keluarga besar pihak perempuan, kami juga sebelumnya mohon maaf jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam acara resepsi pada hari ini.

Barakallahu laka wabaraka, alaika wa jama`a bainakuma fi khair.

Wabillahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh kata sambutan pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi. Nantinya, kata-kata tersebut bisa diganti sesuai dengan keperluan ataupun juga ditambahkan. Tidak jarang ada orang tua atau perwakilan dari pihak keluarga masing-masing menambahkan cerita tentang kehidupan mempelai. Kata sambutan pernikahan kerap kali juga menjadi momen haru bagi mempelai dan keluarga.

4 dari 4 halaman

Kata Sambutan atau Pidato Acara Lamaran

Selain kata sambutan pernikahan, kamu juga perlu mengenali kata sambutan acara lamaran yang juga tak kalah penting. Biasanya acara lamaran ini hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat saja, hanya keluarga ataupun teman dekat.

Format kata sambutan saat acara lamaran dengan kata sambutan pernikahan tidak jauh berbeda. Berikut contoh kata sambutan acara lamaran:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur hanya kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita sekalian sehingga kita dapat bertemu, berkumpul dan saling silaturahmi pada hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Selamat siang Bapak/ Ibu dan segenap keluarga yang kami hormati. Terimakasih kami ucapkan telah berkenan menerima kami sekeluarga dengan baik. Perkenankanlah saya untuk menyampaikan tutur kata mewakili orang tua kami Bapak (nama orang tua pihak pria) untuk secara resmi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami ini.

Pada hari ini, kami hadir di tengah-tengah keluarga Bapak/Ibu, tiada lain dalam rangka bersilaturahmi agar saling mengenal lebih dekat antara satu dengan lainya. Selanjutnya, kami juga ingin menyampaikan hajat dari adik kami yang paling bungsu dari kami empat bersaudara yaitu (nama mempelai pria). Adik kami sudah cukup lama mengenal putri Bapak/Ibu yang bernama (nama mempelai wanita).

Izinkan kami mewakili adik (nama mempelai pria) menyampaikan niat tulus untuk melamar putri Bapak/ Ibu. Untuk itulah maksud dan tujuan kedatangan kami pada hari ini. Mudah-mudahan Bapak dan Ibu berkenan untuk meridho’i niat adik kami, dengan menerima lamaran ini.

Hanya inilah yang dapat kami utarakan kepada Bapak dan Ibu, sambil menanti sambutan/jawaban dari Bapak/Ibu, tak lupa kami sekeluarga mohon maaf apabila dalam menyampaikan maksud dan tujuan ini ada tutur kata yang kurang berkenan di hati. Begitu pula seserahan hari ini yang ala kadarnya sebagai wujud keseriusan hati kami.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.