Sukses

Tak Hanya Mamah Dedeh, 6 Artis Ini Juga Pernah Diisukan Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu publik dikejutkan dengan beredarnya kabar ustazah Mamah Dedeh meninggal dunia. Kabar tersebut beredar luas pada Rabu (27/5/2020) pagi di media sosial, bahkan sempat trending. 

Setelah ditelusuri, meninggalnya Mamah Dedeh ternyata hoaks. Hal ini telah dikonfirmasi oleh sahabat Mamah Dedeh yakni Abdel Achrian. Melalui akun Instagram pribadinya, ia dengan tegas menepis isu tersebut.

"Banyak yang nanya ke gue benar enggak Mamah Dedeh meninggal dunia seperti yang beredar di grup-grup WA," tulis Abdel Achrian pada hari yang sama.

Tak lama setelah hoaks meninggal ini menghebohkan publik, Mamah Dedeh menyempatkan diri bersilaturahmi ke kediaman Abdel. Hal ini diungkap oleh sang komika di Instagramnya pada Minggu (31/5/2020).

Tak hanya Mamah Dedeh saja, beberap aartis dan publik figur Tanah Air lainnya pun pernah diterpa isu hoaks meninggal dunia. Berikut ini 6 artis selain Mamah Dedeh yang pernah diisukan meninggal dunia, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, (3/6/2020). 

2 dari 7 halaman

1. Aa Gym

Kabar meninggalnya da'i kondang Abdullah Gymnastiar atau hangat disapa Aa Gym juga pernah beredar pada 2016 silam. Isu itu beredar setelah Aa Gym jarang tampil di layar kaca. Ternyata ia sedang dalam kondisi sakit sehingga pendakwah kelahiran 1962 itu jarang muncul menyapa masyarakat. 

3 dari 7 halaman

2. Fatin Shidqia

Nama penyanyi muda dan cantik, Fatin Shidqia juga pernah diisukan meninggal dunia. Kabar penyanyi yang punya nama lengkap Fatin Shidqia Lubis meninggal dunia sempat mengejutkan banyak pihak, tak terkecuali para netizen.

Untuk menepis kabar itu, Fatin pun mengunggah foto sedang makan rendang di Instagramnya. Kabar yang beredar pada 2016 itu memang cukup mengejutkan apalagi Fatin memeiliki banyak penggemar.

4 dari 7 halaman

3. Fauzi Baadilla

Dikabarkan meninggal dunia oleh segelintir oknum tak bertanggung jawab, Fauzi Baadilla bahkan sampai sempat geram. Demi meluruskan kabar hoaks tersebut, Fauzi Baadilla memberikan klarifikasi lewat akun Instagram miliknya.

Bintang film Mengejar Matahari itu menyatakan langsung bahwa kabar dirinya meninggal dunia adalah hoaks. Pria berusia 40 tahun itu nyatanya masih bugar dan tetap awet muda.

5 dari 7 halaman

4. Ariel Noah

Vokalis Noah yakni Ariel juga pernah dikabarkan meninggal dunia pada 2010 silam. Kabar ini berhembus ketika dirinya masih terjerat kasus hukum dan harus mendekam di tahanan. Tak lagi muncul di layar kaca pada saat itu, sejumlah kabar hoaks itu pun beredar luas. Mendengar hal tersebut, Ariel hanya tersenyum.

"Kenapa ada berita sejahat itu. Terlalu menyudutkan saya," ujar Ariel, seperti disampaikan sumber SCTV di Bareskrim Mabes Polri pada Minggu (27/6/2010) silam.

6 dari 7 halaman

5. Dorce Gamalama

Jagat hiburan Tanah Air sempat dihebohkan dengan kabar duka yang melibatkan artis terkenal, Dorce Gamalama. Presenter televisi yang akrab disapa Bunda Dorce itu diisukan telah tutup usia pada 2018 lalu. Kabar meninggalnya Dorce Gamalama tersebar di kalangan wartawan melalui aplikasi Whatsapp. 

Melalui rekaman suara, Dorce Gamalama menyapa wartawan dengan nada ceria. Presenter televisi yang populer dengan acara Dorce Show itu menegaskan bahwa kondisi kesehatannya masih prima.

7 dari 7 halaman

6. Iwan Fals

Pada 2012 dan 2013, Iwan Fals pernah dikabarkan meninggal dunia. Beredar melalui situs-situs jejaring sosial, berita palsu ini akhirnya menyebar dan membuat heboh banyak pihak. Musisi terkenal itu pun geram mendengar kabar tersebut. Ia pun berkicau melalui akun Twitternya. Pria yang dikenal sebagai salah satu legenda musik Indonesia itu pun langsung memberikan tanggapannya. 

"Maksudnya apa ya yang ngisuin saya meninggal?" tulis Iwan melalui akunnya.

"Ya udah tak doain yang ngisuin saya itu panjang umur, kalau perlu enggak mati-mati." lanjutnya geram.