Sukses

6 Manfaat Masker Teh Hijau untuk Kesehatan Wajah, Makin Cerah

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai manfaat masker teh hijau yang baik bagi kesehatan wajah. Untuk mendapatkan manfaat masker teh hijau secara maksimal, Anda bisa menggunakannya secara rutin. Berbagai manfaat masker teh hijau tersebut tidak perlu diragukan lagi, mengingat teh hijau sendiri sebenarnya merupakan jenis tumbuhan yang sudah terkenal akan manfaatnya jika dijadikan minuman. 

Teh hijau yang diolah sebagai minuman mungkin sudah cukup biasa, dan memang terbukti khasiatnya. Namun bagaimana jika teh hijau tersebut dijadikan masker wajah? Dengan menggunakan teh hijau sebagai masker, setidaknya akan mengurangi penggunaan skin care yang mengandung bahan kimia berbahaya, atau dengan kata lain masker teh hijau merupakan cara alami dalam merawat wajah.

Selain manfaat masker teh hijau dari segi kesehatan, penggunaan teh hijau sebagai masker ini juga bisa menurunkan pengeluaran Anda untuk berbelanja berbagai produk perawatan wajah yang harganya cukup mahal. Teh hijau, walaupun memiliki berbagai manfaat, bukan berarti harga dari teh hijau tersebut mahal, bahkan bisa dibilang sangat murah dan juga sangat mudah ditemukan.

Jadi, tidak ada salahnya bukan mencoba menggunakan masker teh hijau tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat masker teh hijau yang bisa dirasakan apabila rutin dalam penggunaannya, Rabu (3/6/2020).

2 dari 7 halaman

1. Hilangkan Komedo dan Jerawat

Manfaat masker teh hijau yang pertama yaitu masker teh hijau berguna dalam menghilangkan komedo dan jerawat. Selain aman, karena teh hijau merupakan bahan alami tanpa adanya kandungan bahan kimia berbahaya, kandungan katekin yang ada pada teh hijau juga dapat membantu mengatur keseimbangan hormon pada tubuh.

Dalam teh hijau juga terdapat kandungan zat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan, dan kemerahan yang biasanya ditimbulkan oleh jerawat. Ekstrak dari teh hijau sendiri bahkan saat ini telah banyak digunakan sebagai campuran di produk-produk kecantikan. Hal tersebut menjadi bukti jika teh hijau memang ampuh dalam mnegatasi komedo dan jerawat serta berbagai masalah pada wajah lainnya.

3 dari 7 halaman

2. Anti-inflamasi dan Antibakteri

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of American medical Association Dermatology, mendapatkan sebuah hasil yaitu manfaat masker teh hijau yang berguna dalam mengencangkan kulit wajah. Dengan kata lain, apabila menggunakan masker teh hijau, maka akan sangat membantu wajah agar tidak mudah terkena gangguan kulit atau berbagai kelainan pada kulit wajah. Teh hijau sendiri memang memiliki sifat antibakteri sehingga sangat mampu membantu proses regenerasi kulit agar lebih cepat.

4 dari 7 halaman

3. Meredakan Kantung Mata

Tidak dapat dipungkiri jika kantung mata dan serta lingkaran hitam yang ada di bawah mata dapat menjadi faktor yang membuat penampilan menjadi kurang menarik dan terkesan lesu. Kantung mata tersebut biasanya akan muncul saat Anda kurang tidur dan disertai kelelahan. Dan salah satu manfaat masker teh hijau yang memang sudah terbukti ampuh adalah kemampuannya dalam meredakan adanya kantung mata tersebut. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengaplikasikan masker teh hijau hingga ke area kantung mata dan biarkan beberapa saat.

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi Wajah Berminyak

Apabila Anda merupakan orang yang memiliki jenis wajah yang berminyak, maka dengan menggunakan masker teh hijau ini akan sangat membantu dalam mengurangi timbulnya wajah berminyak tersebut. Selain lebih aman digunakan karena berasal dari sumber alami, menggunakan masker teh hijau ini juga tidak memberi efek samping yang berbahaya bagi kulit wajah. Efektifnya masker teh hijau bagi kesehatan wajah ini tidak lain karena kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau. Tanin tersebut berfungsi sebagai zat yang dapat mengecilkan pori pada kulit wajah dan mengurangi sebum.

6 dari 7 halaman

5. Melembapkan Kulit

Teh hijau memang dikenal memiliki kandungan poolifenol yang sangat banyak. Polifenol sendiri merupakan senyawa antioksidan yang sangat baik bagi menangkal radikal bebas. Namun, selain polifenol ternyata teh hijau juga memiliki kandungan vitamin E. Jenis vitamin E sendiri memang menjadi vitamin yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

Dengan mengaplikasikan masker teh hijau pada wajah, maka sangat berguna dalam menutrisi kulit. Selain itu, masker teh hijau dengan kandungan vitamin E tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

7 dari 7 halaman

6. Melawan Tanda Penuaan

Seperti yang sudah diketahui dalam dunia medis, bahwa teh hijau memang memiliki kandungan molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Dengan kandungan tersebut, teh hijau tersebut dapat memberi manfaat dalam meremajakan sel kulit mati. Dengan kata lain jika antioksidan epigallocatechin gallate tersebut juga mampu melawan tanda-tanda penuaan dan melindungi serta memperbaiki sel kulit pada wajah. Selain itu, penggunaan masker teh hijau tersebut juga membantu agar kulit tidak terlihat kusam dan lebih sehat.

Teh hijau selain memiliki antioksidan dan vitamin E yang baik bagi kulit wajah, ternyata juga memiliki kandungan vitamin B2 yang dapat membantu dalam menjaga kadar kolagen kulit. Manfaat yang bisa didapatkan karena adanya vitamin B tersebut yaitu dapat menjaga agar kulit tetap kencang dan juga sangat mampu dalam membuat kulit agar terlihat lebih awet muda.

Dengan berbagai manfaat masker teh hijau di atas, tidak ada salahnya jika menggunakan masker dari teh hijau secara rutin, selain harganya yang murah masker dari teh hijau juga sangat kecil kemungkinan terdapat efek samping yang berbahaya.