Sukses

7 Cara Agar Tagihan Listrik Murah, Sangat Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Semakin tinggi penggunaan barang elektronik, membuat tagihan listrik membengkak. Hingga berhemat penggunaan listrik kerap dijadikan solusinya. Padahal tidak demikian, masih ada cara agar tagihan listrik murah dengan penggunaan maksimal.

Berapapun tarif listrik yang ditetapkan setiap tahun, sebenarnya memaksimalkan penggunaan masih bisa dilakukan. Begitu juga penggunaan barang elektronik tidak perlu dibatasi, cukup terapkan cara agar tagihan listrik murah ini. Sebab, jika penggunaan barang elektonik dibatasi maka aktivitas keseharian akan terganggu.

Cara agar tagihan listrik murah ini sangat mudah dilakukan. Hanya perlu memerhatikan kebiasaan penggunaannya saja. Lebih disiplin dan jeli untuk menggunakan saat benar-benar dibutuhkan. Mematikan atau mencabut kabel dari stop kontak ketika sudah tidak digunakan salah satu contohnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara agar tagihan listrik murah dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020).

2 dari 7 halaman

Lepas Kabel Steker Jika Tidak Digunakan

Membiasakan untuk melepas kabel steker jika sudah tidak digunakan. Cara agar tagihan listrik murah ini sangat bisa diandalkan. Sebab, ketika kabel steker tidak dicabut meski tidak digunakan, aliran listriknya tetap mengalir. Hal inilah yang akan membuat tagihan listrikmu secara tidak sadar membengkak.

Jadi, lebih baik lepas kabel steker tiap kali selesai memakainya. Seperti kabel steker pada tv, komputer, charger ponsel, dan lain sebagainya. Kebiasaan seperti hanya akan membuat aliran listrik terbuang dengan sia-sia.

Menekan tombol off/mati saja tidak cukup. Lebih baik untuk melepas kabel steker jika sudah tidak digunakan. Kebiasaan ini sangat berpengaruh besar terhadap tagiahan listrik rumah tangga. Bahkan sangat bisa menghemat pengeluaran listrik di perusahaan, sekolah, dan universitas.

3 dari 7 halaman

Matikan Barang Elektronik Ketika Tidur

Lebih baik untuk mematikan barang elektronik ketika hendak tidur. Cara agar tagihan listrik murah ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Hanya perlu membiasakan diri menjadi lebih disiplin saja. Bagi yang memiliki kebiasaan sering ketiduran, sebaiknya mulai perbaiki kebiasaan ini.

Matikan barang elektronik seperti televisi, komputer, dan lampu. Jika masih terus dibiarkan, maka tagihan listrik akan berdampak buruk bagi pengeluaranmu. Mematikan lampu ketika tidur selain dapat menghemat pengeluaran juga bisa merelaksasi tubuh. Istirahat saat tidur juga menjadi lebih maksimal.

4 dari 7 halaman

Jangan Mengisi Daya Saat Tidur dan Gunakan Listrik Prabayar/Pulsa

Jangan Mengisi Daya Saat Tidur

Salah satu kebiasaan buruk yang membuat tagihan listrik membengkak, yakni mengisi daya barang elektronik saat tidur. Sebab, ketika daya sudah penuh dan tidak segera dicabut, maka listrik akan terus mengalir.

Misalnya ketika mengisi daya ponsel, laptop, baterai, dan masih banyak lagi. Selain akan membuat tagihan listrik membengkak, kebiasaan seperti ini juga membuat barang elektronik cepat rusak. Sebaiknya, terapkan cara agar tagihan listrik murah dengan tidak mengisi daya saat tidur.

Gunakan Listrik Prabayar/Pulsa

Mulailah menggunaan listrik prabayar/pulsa sebagai cara agar tagihan listrik murah. Saat menggunakan listrik pulsa maka rencana penggunaan listrik menjadi lebih mudah terkontrol dengan baik. Pembelian pulsa listrik bisa ditekan dengan perencanaan yang matang. Sebab, ketika hendak boros maka aliran listrik akan secara otomatis mati. Hal ini akan membuat pengguna menyesali perbuatannya lebih awal.

5 dari 7 halaman

Nyalakan Pendingin Ruangan Seperlunya

Menyalakan pendingin ruangan seperlunya termasuk cara agar tagihan listrik murah. Pendingin ruangan ini barang elektronik yang menguras daya lebih besar dibanding yang lain. Berlebihan menggunakannya juga berdampak buruk bagi lingkungan.

Akan lebih baik pilihlah pendingin ruangan yang memiliki kemampuan menaikkan dan menurunkan suhu secara otomatis. Pendingin ruangan seperti ini akan menyesuaikan kapasitas orang dalam ruang. Bahkan menyesuaikan juga dengan luas ruangannya. Pendingin ruangan ini benar-benar lebih efektif digunakan karena sangat bisa menyesuaikan kebutuhan.

6 dari 7 halaman

Gunakan Lampu Seperlunya

Menggunakan lampu seperlunya adalah cara agar tagihan listrik murah. Tidak hanya dilakukan ketika malam hari saat hendak tidur saja. Maksimalkan penggunaan lampu saat pagi dan siang hari dengan seperlunya. Seperti hidupkan dan matikan lampu toilet sesuai dengan kebutuhan.

Akan lebih baik lagi jika jumlah lampu rumah benar-benar disesuaikan dengan yang diperlukan. Bisa juga dengan mulai menggunakan lampu yang tidak banyak memerlukan aliran listrik. Serta terapkan kebiasaan mematikan dua lampu setiap pukul lima sore hingga delapan malam.

7 dari 7 halaman

Perhatikan Penggunaan Lemari Pendingin

Memerhatikan penggunaan lemari pendingin juga penting dilakukan. Cara agar tagihan listrik murah ini mudah sekali diterapkan. Mulai sekarang, cobalah untuk menyimpan bahan makanan seperlunya di lemari pendingin. Sebab, lemari pendingin yang diisi dengan banyak barang, dayanya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Semakin banyak barang dalam lemari pendingin maka semakin besar pula daya yang digunakan.

Hilangkan juga kebiasaan terlalu lama membuka pintu lemari pendingin. Sebab, kebiasaan ini akan membuat mesin bekerja lebih tinggi. Mesin pendingin akan menyesuaikan suhu di dalam dan di luar hingga membuat daya listrik menjadi lebih berat.