Sukses

12 Tanda Masa Subur Wanita, Kenali Agar Lebih Cepat Hamil

Liputan6.com, Jakarta Tanda masa subur wanita perlu diketahui. Peluang untuk hamil saat masa subur wanita jauh lebih tinggi. Masa subur wanita ini bisa dikenali melalui perhitungan waktu ovulasi. Bisa juga dikenali melalui tanda masa subur wanita, bagi yang kesulitan menghitungnya. 

Wanita dengan siklus menstruasi teratur akan lebih mudah menghitungnya, sehingga tidak perlu mengenali tanda masa subur wanita. Rata-rata tanda masa subur wanita, yakni hari ke 10 sampai hari ke 17 setelah menstruasi. Sedangkan, ovulasinya terjadi pada hari ke 12 sampai hari ke 14 sebelum periode menstruasi.

Menghitung masa subur wanita akan sangat memudahkan proses pembuahan. Hal ini tidak berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Siklus yang tidak teratur terjadi kurang/lebih dari 28 hari. Namun, tidak perlu khawatir karena tanda masa subur wanita masih bisa memudahkan proses pembuahan juga.

Berikut Liputan6.com ulas tanda masa subur wanita dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020).

2 dari 7 halaman

Merasa Lebih Seksi dan Perubahan Air Liur

Merasa Lebih Seksi

Wanita yang merasa seksi dan genit menjadi salah satu tanda masa subur wanita. Selain itu, wanita juga akan nampak lebih menarik dan cantik pada masa ini. Bahkan, secara alami wanita ini akan mengeluarkan aroma tubuh yang cukup menggairahkan.

Perubahan Air Liur

Jika merasa ada perubahan pada air liur atau saliva, misal terasa lebih kering. Kondisi ini termasuk tanda masa subur wanita. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini mengubah konsistensi air liur yang kering dan membentuk motif menyerupai kristal pada lidah.

 

3 dari 7 halaman

Rahim Lembut dan Perut Bawah Sakit

Rahim Lembut

Ketika rahim terasa lebih terbuaka dan lembut, ini tanda masa subur wanita. Secara alami, rahim yang lebih terbuka membuat vagina terasa lembut. Sebab, cairan pelumas vagina menjadi lebih banyak diproduksi. Menjadi sebuah tanda wanita siap melakukan reproduksi.

Kelembutan vagina akan lebih mudah dikenali ketika menyentuhnya. Cobalah untuk mengamatinya saat mandi atau buang air kecil. Nah, ketika ovulasi selesai, rahim akan terasa lebih keras dan vagina menjadi lebih kering.

Perut Bawah Sakit

Perut yang terasa sakit pada bagian bawah disertai keluarnya cairan kecokelatan menjadi tanda masa subur wanita. Wanita sedang mengalami masa ovulasi dan siap untuk dibuahi. Istilah medisnya Mittelchmerz. Kondisi ketika rasa sakit terjadi pada perut sebelah kiri atau kanan bawah. Durasi sakitnya tidak terlalu lama, biasanya hanya terjadi beberapa menit atau jam saja.

4 dari 7 halaman

Perut Kembung dan Indra Penciuman Lebih Sensitif

Perut Kembung

Ketika merasakan perut lebih kembung, ini adalah kabar baik untukmu. Perut kembung adalah tanda masa subur wanita. Jangan sampai melewatkannya. Kebung ini akan terasa tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Kembung terjadi ketika ada peningkatan retensi air akibat kadar estrogen tubuh meningkat.

Indra Penciuman Lebih Sensitif

Indra penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya. Tanda masa subur wanita memang sedikit sulit untuk dikenali. Tanda ini lebih nampak tepat setelah menstruasi.

Salah satunya, ketika rasa jijik pada sesuatu yang kotor meningkat. Hingga menyebabkan rasa mual dan muntah menjadi semakin memuncak. Setiap wanita mungkin akan mengalami dengan cara yang berbeda-beda.

5 dari 7 halaman

Sakit Kepala dan Munculnya Bercak Cokelat

Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi satu tanda masa subur wanita. Sakit kepala yang dialami tidak berputar-putar, tetapi cenderung seperti migrain. Bukan terjadi sebelum menstruasi, migrain ini justru terjadi setelah masa menstruasi. sakit kepala ini terjadi karena terdapat hormon yang berimbas pada fluktasi. Hingga hormon akan menyebabkan sakit pada bagian kepala.

Munculnya Bercak Cokelat

Jika setelah menstruasi tiba-tiba muncul bercak cokelat, itu tanda masa subur wanita. Kebanyakan wanita mungkin menganggap ini sisa darah menstruasi. sebab, cairan vagina yang keluar terkadang berwarna cokelat atau kemerahan. Tanda seperti ini bagi wanita adalah normal. Bercak ini muncul ketika folikel telur melepaskan dirinya untuk menyambut pembuahan.

6 dari 7 halaman

Payudara Nyeri dan Gairah Seks Meningkat

Payudara Nyeri

Payudara yang terasa nyeri termasuk tanda masa subur wanita. Nyeri ini terasa beberapa saat saja tepat setelah masa haid berakhir. Jika nyeri yang dirasa lebih lama seperti ketika haid, harus lebih diwaspadai. Bisa jadi ini pertanda adanya penyakit tertentu. Konsultasikan ke dokter agar bisa mendapat penanganan lebih lanjut.

Gairah Seks Meningkat

Memiliki gairah seks yang tinggi menjadi tanda masa subur wanita. Gairah ini terasa lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Ketika keinginan untuk melakukan hubungan seksual lebih menggebu. Gairah yang meningkat ini disebut sebagai tanda alami seorang wanita telah siap dibuahi.

 

7 dari 7 halaman

Cairan Vagina Melar dan Merasa Mual

Cairan Vagina Melar

Tidak hanya cairan vagina yang berwarna kecokelatan. Cairan vagina yang lebih melar seperti putih telur juga tanda masa subur wanita. Kondisi ini terjadi ketika wanita lebih banyak memroduksi hormon esterogen. Pada kondisi ini wanita memiliki peluang hamil cukup besar.

Merasa Mual

Mual setelah menstruasi tidak hanya tanda telur telah dibuahi. Mual juga menjadi tanda sel telur telah siap dibuahi. Sebagai tanda masa subur wanita yang siap melakukan reproduksi. Mual ini biasa terjadi setelah menstruasi, bisa juga pada pertengahan bulan.