Sukses

12 Manfaat Lada Hitam untuk Diet, Baik untuk Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lada hitam bisa menambah cita rasa pada masakan. Lada hitam memiliki rasa tajam dan pedas ringan yang cocok dengan banyak hidangan. Lada hitam biasa didapat dalam bentuk buah kering atau bubuk.

Manfaat lada hitam didapat dari kandungan vitamin dan mineralnya. Salah satu keistimewaan dari manfaat lada hitam adalah kandungan piperine, senyawa aktif yang memiliki berbagai manfaat kesehatan ketika dikonsumsi. Manfaat lada hitam cukup beragam mulai dari mendukung sirkulasi, mengurangi peradangan hingga menyehatkan pencernaan.

Manfaat lada hitam bisa dikonsumsi sebagai bumbu masakan sehari-hari. Berikut manfaat lada hitam yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat lada hitam

Cegah peradangan dan infeksi

Banyak penelitian laboratorium menunjukkan bahwa piperin, senyawa aktif utama dalam lada hitam dapat secara efektif melawan peradangan. Piperine dalam lada hitam juga memiliki sifat antioksidan yang akan mencegah peradangan akibat radikal bebas. Lada hitam juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah infeksi.

Sehatkan otak

Manfaat lada hitam memiliki efek besar pada kesehatan otak. Piperin dalam lada menghambat satu enzim yang memecah serotonin, neurotransmitter yang menenangkan. Enzim ini juga menurunkan fungsi hormon lain yang disebut melatonin yang mengatur siklus tidur. Piperin juga memiliki manfaat dalam penanganan penyakit Parkinson dan alzheimer.

3 dari 7 halaman

Manfaat lada hitam

Bantu kontrol gula darah

Studi menunjukkan bahwa piperin dapat membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Konsumsi lada dinilai mampu mencegah hiperglikemia sehingga mencegah risiko diabetes. Minyak lada hitam juga dapat menghambat dua enzim yang memecah pati menjadi glukosa dan membuat gejala diabetes lebih buruk.

Bantu turunkan kolesterol

Masih dari manfaat piperin dalam lada hitam, rempah satu ini dinilai berpotensi menurunkan kolesterol. Selain itu, piperin dipercaya dapat meningkatkan penyerapan suplemen makanan yang memiliki efek menurunkan kolesterol.

4 dari 7 halaman

Manfaat lada hitam

Cegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam memberikan aktivitas perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker. Piperine juga meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti selenium, curcumin, beta-karoten, dan vitamin B dalam usus.

Bantu penyerapan nutrisi

Campuran lada hitam dalam masakan dapat meningkatkan kemampuan tubuh memecah dan mencerna makanan. Lada hitam membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, senyawa kimia tanaman, dan obat-obatan. Dalam sebuah publikasi penelitian berjudul "Critical Reviews of Food Science and Nutrition" di tahun 2007, lada hitam ditemukan secara signifikan meningkatkan penyerapan nutrisi dan obat-obatan melalui saluran usus.

Konsumsilah lada hitam secara teratur dengan makanan untuk meningkatkan penyerapan vitamin, mineral, dan fitonutrien. Namun, lada hitam bisa memengaruhi tingkat darah sejumlah obat. Jadi konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi lada hitam bersama obat-obatan.

5 dari 7 halaman

Manfaat lada hitam

Sehatkan pencernaan

Manfaat lada hitam merangsang cairan dan enzim pencernaan, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam juga memiliki efek positif pada enzim pankreas, yang menguntungkan keseluruhan proses pencernaan. Lada hitam juga memiliki sifat karminatif dan membantu meringankan gas lambung. Ini juga bisa meredakan perut kembung dan sakit kolik.

Sumber mangan

Menambahkan lada hitam dalam masakan bisa membantu memenuhi asupan mangan. Satu sendok teh lada hitam mengandung 370 mikrogram mangan, yang merupakan 21 persen dari asupan harian untuk wanita dan 16 persen untuk pria. Mangan dapat mengaktifkan enzim yang dibutuhkan sel untuk memetabolisme nutrisi, termasuk protein dan lemak. Mangan juga mendukung perkembangan tulang yang sehat dan membantu tubuh membuat kolagen yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka.

6 dari 7 halaman

Manfaat lada hitam

Bantu redakan pilek

Manfaat lada hitam telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengatasi pilek dan batuk. Lada dikenal dapat merangsang kelancaran sirkulasi dan aliran lendir. Manfaat ini makin baik ketika lada dicampurkan dengan madu, karena madu bekerja sebagai penekan batuk alami.

Jaga kesehatan mulut

Sifat anti infeksi dan anti bakteri pada lada hitam bisa menjaga kesehatan mulut. Campuran lada hitam dapat meringankan sakit gigi dan infeksi mulut lainnya. Hal ini juga karena sifat antibakteri piperine. Sifat anti-inflamasi pada lada dapat membantu mengobati peradangan gusi.

7 dari 7 halaman

Manfaat lada hitam

Sehatkan jantung

Lada hitam merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Efek penurun kolesterolnya dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung. Lada hitam juga dinilai mampy membantu mengontrol tekanan darah. Rempah ini dapat menjadi pengganti garam atau natrium yang harus dijauhi penderita darah tinggi.

Bantu turunkan berat badan

Konsumsi lada hitam dapat mengontrol nafsu makan. Piperin juga mampu menekan gen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel lemak baru. Hasil nya, sel lemak baru akan berkurang pertumbuhannya. Konsumsi lada hitam juga membantu melancarkan metabolisme yang sangat penting untuk kontrol berat badan yang sehat. Manfaat lada hitam juga dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan yang dapat mendukung pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh.