Sukses

7 Kesalahan saat Menyimpan Makanan yang Mengurangi Kualitasnya

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan saat menyimpan makanan kerap kali tidak disadari. Hal ini berkaitan dengan makanan sisa yang akan dimakan lagi pada kesempatan berikutnya maupun saat menyimpan makanan lainnya, seperti buah dan sayuran.

Kesalahan menyimpan makanan ini tidak hanya terjadi saat seseorang menggunakan kulkas. Kesalahan menyimpan makanan sering juga terjadi saat sebelum memindahkannya ke kulkas. Hal ini tentunya harus diperhatikan kembali. 

Kesalahan saat menyimpan makanan dapat mengurangi kualitasnya. Bahkan, saat kamu menyimpan makanan dengan cara yang tidak tepat, bisa saja makananmu menjadi busuk dan tidak bisa lagi dikonsumsi. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari berbagai kesalahan saat menyimpan makanan agar tetap bisa dikonsumsi dengan manfaat yang maksimal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/6/2020) tentang kesalahan saat menyimpan makanan

2 dari 4 halaman

Kesalahan saat Menyimpan Makanan

Mendiamkan dalam Suhu Ruang Terlalu Lama

Kesalahan saat menyimpan makanan yang pertama adalah mendiamkannya dalam suhu ruangan terlalu lama. Jika makanan yang kamu masak tidak bisa habis dalam sekali santap, sebaiknya langsung simpan ke dalam kulkas.

Jangan mendiamkannya di meja begitu saja karena dapat menimbulkan risiko tumbuhnya bakteri. Kuman dan bakteri penyebab keracunan, berkembang biak pada suhu antara 4 derajat sampai 60 derajat celsius.

Hanya dengan membiarkan makanan dalam suhu ruangan selama dua jam, jumlah bakteri bisa berlipat ganda. Jadi, segera simpan makanan sisa ke dalam kulkas agar keamanannya tetap terjaga dan tidak mengurangi kualitasnya.

Mencuci Buah dan Sayuran Sebelum Membekukannya 

Kesalahan saat menyimpan makanan selanjutnya berkaitan dengan penyimpanan buah dan sayuran. Hal ini dipengaruhi oleh semakin basah makanan saat disimpan dalam freezer, maka semakin besar peluang terciptanya lapisan es di permukaannya.

Lapisan es tersebut bisa merusak tekstur dan cita rasa dari makanan, serta membuat kulit buah atau sayuran jadi lebih keras. Jadi, sebaiknya keringkan buah atau sayuran yang sudah dicuci terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam freezer.

Menyimpan Makanan di Kulkas Terlalu Lama

Membekukan makanan di freezer merupakan salah satu cara untuk mengawetkan makanan yang paling mudah. Menyimpannya pada suhu nol derajat Fahrenheit atau sekitar minus 17 derajat Celsius akan menjadi sangat awet.

Namun, cita rasa makanan yang sudah disimpan pada suhu tersebut akan tidak enak lagi. Umumnya, makanan beku dapat bertahan selama 3 bulan di kulkas. Padahal makanan yang masih segar jauh lebih sehat, dibandingkan makanan yang sudah lama tersimpan di kulkas.

3 dari 4 halaman

Kesalahan saat Menyimpan Makanan di Kulkas

Menyimpan Buah dan Sayur di Tempat Terbuka

Kebiasaan salah yang sering dilakukan pada penyimpanan buah dan sayur adalah dengan membiarkannya di tempat terbuka. Padahal tidak menyimpan buah dan sayur di wadah tertutup bisa mengakibatkannya terpapar bakteri.

Selain perlu menyimpannya di dalam wadah, memakan langsung buah dan sayur yang sudah dibeli juga sangat disarankankan. Membiarkan buah dan sayur lebih dari 2 hari di dalam kulkas tanpa wadah bisa merusak kelembaban dan terpaparnya bakteri.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menyimpan buah di wadah khusus buah dan sayur yang sudah tersedia di kulkas. Menyimpannya di sana masih memberikan jangka waktu yang cukup panjang (lebih dari 3 hari) untuk dikonsumsi setelah pembelian.

Mengatur Suhu yang Salah

Kebiasaan salah yang paling sering dilakukan adalah dengan memasukkan seluruh makanan apa saja ke kulkas tanpa memperhatikan suhunya. Sebagian dari kamu pasti jarang memperhatikan berapa temperatur kulkas.

Asalkan suhu kulkas sudah dingin, maka penyimpanan makanan di sana dirasa aman-aman saja. Padahal suhu kulkas yang tidak tepat bisa membuat makanan cepat rusak.

Kamu bisa mengatur suhu kulkas (non-freezer) di antara 3 derajat Celsius hingga 5 derajat Celsius. Jika terlalu dingin atau terlalu hangat tidak baik untuk makanan lainnya dan memungkinkan bakteri malah tumbuh lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Kesalahan saat Menyimpan Makanan di Kulkas

Tidak Menyimpan di Wadah yang Benar

Pastikan untuk memiliki wadah tertutup rapat untuk semua makanan. Hal ini berguna untuk menghindari kontaminasi aroma, risiko tetesan dari makanan lain, dan lebih mudah menjaga kesegaran makanannya di dalam kulkas. Apabila makanan tidak disimpan di wadah tertutup, maka akan membuat kualitas makanan cepat menurun.

Meletakkan Terlalu Banyak Makanan di Kulkas Hingga Penuh Sesak

Jangan membuat kulkas kamu terlalu padat, penuh, sesak dengan makanan atau minuman. Usahakan untuk senantiasa ada jeda atau sedikit ruang agar sirkulasi udara dapat terjaga.

Itulah beberapa kesalahan saat menyimpan makanan yang perlu kamu hindari agar makanan tetap berkualitas dan baik dikonsumsi.