Sukses

Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan dan Contoh Makanannya

Liputan6.com, Jakarta Jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan perlu dikonsumsi oleh setiap orang. Hal ini karena beberapa vitamin esensial diperlukan oleh tubuh untuk menjaga pencernaan tetap berjalan lancar. Apalagi vitamin esensial ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga diperlukan asupan dari luar. 

Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan diantaranya adalah vitamin B, vitamin C, dan Vitamin D. Masing-masing asupan vitamin tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan pencernaan.

Jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan dapat menghindarkan seseorang dari penyakit. Dengan memenuhi asupan berbagai vitamin esensial dari smber makanan sehat, kesehatan pencernaan akan senantiasa terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/6/2020) tentang jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan

2 dari 4 halaman

Vitamin B

Jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan yang pertama adalah vitamin B. Vitamin B terlibat dalam mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi ke dalam sel. Apalagi, vitamin B ini juga larut dalam air dan tidak dapat tersimpan dalam sel lemak, sehingga perlu selalu dipenuhi asupannya.

Vitamin B perlu dikonsumsi rutin dalam menu makan sehari-hari. Berikut beberapa jenis vitamin B yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan pencernaan:

Vitamin B1 (Tiamin). Vitamin ini membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat dalam diet menjadi energi untuk sel-sel. Tiamin juga penting dalam regulasi selera makan.

Vitamin B2 (Riboflavin). Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan luka dan bengkak pada lidah dan mulut.

Vitamin B3 (Niacin). Vitamin ini penting untuk banyak fungsi saluran pencernaan, termasuk pemecahan karbohidrat, lemak, dan alkohol. Tidak mendapatkan cukup niasin dapat menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai pellagra, yang menyebabkan muntah dan diare.

Vitamin B6 (Piridoksin). Hal ini sangat penting dalam membantu proses sistem pencernaan semua protein yang dikonsumsi.

Vitamin B7 (Biotin). Vitamin B ini membantu sistem produksi kolesterol dan proses pencernaan protein, karbohidrat, dan asam lemak. Setelah protein dipecah, biotin membantu kesehatan pencernaan dengan menyingkirkan produk-produk limbah.

Vitamin B9 (Asam Folat). Asam folat kerap dikaitkan dengan cacat lahir, saat ini terdapat banyak makanan yang telah difortifikasi dengan asam folat. Vitamin B ini sangat penting untuk kesehatan pencernaan karena telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan ini bisa kamu dapatkan dari berbagai makanan. Kamu bisa mengonsumsi gandum utuh, kacang-kacangan, makanan laut, telur, produk susu, dan banyak sayuran berdaun hijau untuk mendapatkan berbagai jenis vitamin B ini.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa banyak orang tidak mendapatkan vitamin B yang cukup dalam diet mereka. Sehingga mengonsumsi multivitamin harian dengan suplemen B bisa diterapkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar lebih aman.

3 dari 4 halaman

Vitamin C

Jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan selanjutnya adalah vitamin C. Selain tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, vitamin C yang banyak terkandung dalam buah-buahan atau sayuran ini penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi yang juga berpengaruh terhadap pencernaan.

Selain itu, vitamin C juga sangat penting untuk membantu penyerapan gizi. Jika kamu telah menerapkan menu makanan sehari-hari dengan kandungan vitamin C yang cukup, maka kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen di luar multivitamin harian.

Banyak sekali contoh makanan yang mengandung vitamin C, terutama dari kelompok buah-buahan dan sayur-sayuran. Beberapa makanan sumber vitamin C yang baik diantaranya adalah buah jeruk, buah beri, tomat, brokoli.

4 dari 4 halaman

Vitamin D

Jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan berikutnya adalah vitamin D. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar satu miliar orang di seluruh dunia kekurangan vitamin D. Padahal, jika seseorang tidak terpapar sinar matahari selama minimal 15 menit setiap hari, maka harus mempertimbangkan tambahan suplemen vitamin D.

Untuk kesehatan pencernaan, vitamin D membantu dalam membangun gigi yang kuat, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

Vitamin D bisa didapatkan dalam berbagai makanan berikut, yaitu sereal, susu dan produk olahan susu lainnya, telur, hati, hingga ikan salmon dan tuna.

Itulah beberapa jenis vitamin yang baik untuk kesehatan pencernaan. Usahakanlah untuk selalu memenuhi asupan vitamin B, vitamin C, dan vitamin D tersebut agar kesehatan pencernaan tetap terjaga. Apalagi berbagai vitamin tersebut memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah penting untuk tubuh.

Vitamin dan nutrisi lain yang didapatkan dari diet seimbang sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan akan menjaga sistem pencernaan bekerja dengan lancar. Tidak ada salahnya menambahkan beberapa makanan sehat yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan Vitamin D untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.