Sukses

8 Manfaat Biji Nangka Rebus, Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Buah nangka merupakan buah yang bisa tumbuh subur di Indonesia. Buah nangka memiliki ciri khas kulit hampir mirip dengan buah durian karena durinya. Daging buah nangka ini sangat kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Tidak hanya dagingnya yang kaya nutrisi, ternyata ada banyak manfaat biji nangka rebus ini.

Biji nangka dikenal memiliki kandungan antioksidan. Kaya akan kandungan protein, karbohidrat, forfor, riboflavin, thiamin, dan magnesium. Tidak heran, jika ada banyak manfaat biji nangka rebus yang bisa diandalkan untuk kesehatan.

Biji nangka ini lebih sering diolah dengan cara direbus. Sebab, pengolahan dengan direbus tidak akan menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya. Rasa dari biji nangka rebus ini juga tidak kalah lezat dengan daging buah nangka. Bisa dijadikan camilan sehat karena salah satu manfaat biji nangka rebus dapat membantu diet.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat biji nangka rebus dari berbagai sumber, Kamis (4/6/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Melancarkan Pencernaan

Sejak dulu biji nangka sering digunakan sebagai obat diare. Sebuah penelitian mengatakan ekstrak biji nangka memiliki sifat anti-mikroba. Sifat ini dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus. Sehingga tidak heran jika manfaat biji nangka rebus juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan seratnya ada sekitar 1.5 gram dalam 100 gram biji nangka. Serat ini juga berperan besar membantu melancarkan sistem pencernaan. Terdapat juga senyawa prebiotik yang dapat membantu perkembangan bakteri baik dalam tubuh manusia. Serat dan prebiotik dalam biji nangka ini juga akan mencegah sembelit. Kanker usus besar menjadi semakin mudah dihindari.

3 dari 7 halaman

Menurunkan Berat Badan

Biji nangka rebus bisa membantu menurunkan berat badan. Bagi yang sedang menjalankan diet, sangat dianjurkan menjadikannya camilan. Bisa diolah dengan direbus atau dibakar. Bahkan biji nangka rebus ini bisa membantu mengendalikan nafsu makan. Sebab, biji nangka rebus akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Manfaat biji nangka rebus ini karena perannya yang dapat meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid. Sehingga bisa menghindarkan dari risiko obesitas. Jika lebih rajin mengonsumsinya, berat badan ideal akan didapatkan. Namun, tetap lakukan pola makan dan hidup sehat untuk penunjangnya.

4 dari 7 halaman

Mencegah Anemia

Biji nangka rebus mengandung banyak zat besi yang bisa membantu mencegah anemia. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk produksi sel darah merah. Tidak heran jika manfaat biji nangka rebus akan membantu mengontrol jumlah sel darah merah dan mencegah anemia.

Aliran darah ke seluruh tubuh juga akan menjadi lebih lancar dengan biji nangka rebus ini. Sehingga, kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung dan pembuluh darah dan kulit bisa terjaga dengan lebih baik.

Mencegah Kanker

Biji nangka rebus bisa membantu mencegah kanker. Manfaat biji nangka rebus ini disebabkan senyawa antioksidan yang dimilikinya. Senyawa ini sangat efektif membantu mencegah kanker. Termasuk membantu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Stres

Ternyata manfaat biji nangka rebus bisa membantu mengatasi stres. Ketika dirasa sedang merasa stres dan banyak beban pikiran, cobalah mengonsumsi biji nangka rebus ini. Biji nangka ini sangat direkomendasikan untuk camilan sehat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan protein dan nutrisi di dalamnya.

Meningkatkan Gairah Seks

Ternyata manfaat biji nangka rebus bisa membantu meningkatkan gairah seks. Baik untuk pria maupun wanita yang mengonsumsinya. Sebab, biji nangka rebus mengandung aprodisiak yang bisa meningkatkan gairah seksual.

Selain merebus, cobalah dengan membakar biji buah nangka seperti membakar kacang. Hal ini sangat bisa membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan gairah seksualmu.

6 dari 7 halaman

Kesehatan Rambut

Biji nangka yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Sehingga tidak heran jika pertumbuhan rambut akan lebih terjaga. Sebab, sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Cobalah mengonsumsi biji nangka rebus secara rutin agar kesehatan rambut tetap terjaga. Bahkan, sirkulasi darah yang lancar akan membuat kadar gula darah terkontrol dengan baik. Sebab, biji buah nangka juga mengandung banyak mangan.

Begitu juga dengan kandungan vitamin A dalam biji nangka rebus ini. Vitamin A ini akan membantu mencegah rambut rontok dan menyehatkan mata. Membantu mencegah penyakit mata seperti kebutaan dan rabun. Termasuk menjaga kesehatan rambut, mencegah rambut terlihat kering dan rontok/patah.

7 dari 7 halaman

Kesehatan Kulit

Manfaat biji nangka rebus bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kesehatan kulit ini meliputi wajah dan seluruh tubuh. Dapat membantu menghilangkan kerutan, melembabkan, dan meredakan jerawat.

Cobalah dengan mulai merendam biji nangka dalam susu dingin. Jika sudah, haluskan biji nangka dan gunakan sebagai masker. Terapkan dengan rutin agar kulit wajah yang cantik dan bersih secara alami bisa dirasakan.

Jika tidak ingin menjadikannya masker, cukup konsumsi biji nangka rebus ini secara rutin. Biji nangka akan tetap membuat wajah nampa halus dan lembab secara alami. Sebab, kandungan seratnya dapat membantu menghilangkan racun dalam kulitmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.