Sukses

Biar Gak Boros Pulsa, Kamu Bisa Ikuti Panduan Ini!

Untuk mengontrol pengeluaran pulsa sekaligus bisa menghematnya, kamu bisa terapkan beberapa panduan ini.

Liputan6.com, Jakarta Semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi membuat pengeluaran pulsa telepon ikut meningkat. Kalau tidak dikelola dari awal, bisa-bisa uang yang keluar untuk membeli pulsa terus membengkak dan mengganggu perekonomian rumah tangga. Terlebih di situasi saat ini yang serba sulit, terbatas dan banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Zaman sekarang pulsa telepon tak hanya untuk menelpon dan mengirim sms tapi juga untuk membeli kuota internet hingga membeli game online. Untuk mengontrol pengeluaran pulsa sekaligus bisa menghematnya, kamu bisa terapkan beberapa cara ini.

1. Manfaatkan Fasilitas Kantor

Jika kamu seorang karyawan/pekerja di sebuah perusahaan dan menuntut banyak komunikasi dengan klien, sudah tentu perlu mengajukan anggaran pulsa telepon untuk memperlancar komunikasi. Apakah itu sistem prabayar yang dibatasi nominal tertentu atau pascabayar tanpa batasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Masukkan Dalam Pengeluaran Bulanan  

Jika kamu tidak mendapatkan fasilitas kantor, sudah tentu perlu memasukkan anggaran pulsa dalam pengeluaran bulanan. Tentukan budget atau target pengeluaran biaya telepon sendiri. Dengan lebih terencana dapat membuat kamu menghemat biaya pengeluaran keuangan pribadi.

3. Pasang Pembatasan Waktu

Supaya pulsa telepon tidak melonjak tajam dan membengkak, kamu bisa membatasi waktu telepon. Misalnya dalam waktu 10 atau 15 menit otomatis akan mati. Cara ini cukup efektif dalam menghemat keuangan pribadi.

3 dari 3 halaman

4. Pilih Paket Telepon dan Internet

Untuk menghemat pulsa telepon, kamu bisa memilih paket khusus telepon atau kombinasi paket telepon dan internet. Berkomunikasi dengan orang lain melalui aplikasi yang terhubung dengan internet terbukti ampuh menghemat pulsa telepon Anda. Meskipun terkadang suaranya kurang jelas atau kurang lancar dibanding telepon biasa.

5. Ketahui Kadaluarsa Paket Telepon

Kalau sudah pakai paket telepon dan internet, pasti tahu batas kadaluarsa paket supaya pulsa normal tidak ikut kesedot. Karena beberapa provider masih ada yang menyedot pulsa setelah waktu paket sudah berakhir atau berlalu.

6. Beli Pulsa Nominal Besar 

Poin ini kerap disepelekan orang-orang. Padahal kalau dikumpulkan selisihnya hasilnya cukup lumayan. Masih banyak ditemukan orang-orang yang membeli pulsa sedikit demi sedikit, mulai dari Rp10.000, Rp20.000, hingga Rp50.000, tanpa disadari dalam sebulan sudah mengisi berkali-kali. Padahal kalau dihitung-hitung beli pulsa Rp20 ribu harganya bisa Rp21.000 - 21.500. Kalau beli 5 kali totalnya bisa sampai Rp105.000 - Rp107.500. Sementara kalau sekaligus beli pulsa yang Rp100.000  cukup bayar Rp101.500 saja, bisa hemat Rp3.500 - Rp6.000 dibanding beli berkali-kali.

Selain beli pulsa nominal besar, pastikan beli secara online. Dibanding transaksi via atm, mobile banking atau langsung ke counter, beli pulsa secara online lebih hemat dan menguntungkan. Salah satunya, beli pulsa di DANA.

Buka aplikasi DANA dan beli pulsa sekarang juga karena lagi ada program undian berhadiah setiap pembelian pulsa di DANA, total hadiahnya Rp20 juta. Caranya gampang banget.

Kamu cukup melakukan transaksi pembelian Pulsa atau Paket Data di aplikasi DANA dengan minimum transaksi Rp10.000 selama periode promo secara otomatis akan mendapatkan kesempatan sebagai peserta undian berhadiah. Lihat info selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini