Sukses

8 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kelor selama ini mungkin hanya dikenal sebagai daun yang digunakan dalam kegiatan spiritual saja. Mitosnya, daun kelor dipercaya bisa menolak kedatangan makhluk halus. Terlepas dari mitos tersebut, rupanya manfaat daun kelor sendiri juga sangat baik bagi tubuh. Salah satu manfaat daun kelor bagi kesehatan sendiri adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang menjadi syarat utama agar terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri.

Cara mendapatkan manfaat daun kelor bisa dengan cara dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai bahan makanan. Namun, memang dalam pengolahannya harus dengan benar agar manfaat daun kelor bisa didapatkan dengan maksimal. Salah satu menu yang umum agar daun kelor dapat lebih nikmat untuk dikonsumsi adalah dengan mengolah daun kelor layaknya bayam, seperti dibuat sebagai sup.

Bahkan, WHO menjuluki daun kelor sebagai “miracle tree” karena khasiatnya sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan daun kelor yang sangat kaya akan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, vitamin C, mineral, serta berbagai manfaat yang umumnya terdapat di berbagai jenis tanaman atau sayuran.

Salah satu kandungan yang menjadi manfaat daun kelor adalah sifat antioksidannya yang berasal dari polifenol. Kandungan polifenol tersebut sangat baik melawan kanker dan mampu mengurangi risiko penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh seperti jantung serta diabetes. Daun kelor juga memiliki kandungan penting seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng.

Lalu, apa saja manfaat daun kelor yang sesungguhnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun tersebut secara rutin? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat daun kelor tersebut dari berbagai sumber sebagai tambahan informasi dalam bidang kesehatan dan obat tradisional, Kamis (4/6/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat daun kelor yang pertama adalah manfaatnya bagi menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi daun kelor dipercaya mampu memberi manfaat berupa penurunan kandungan kolesterol jahat atau LDL yang bisa merugikan tubuh.

Manfaat daun kelor tersebut tidak lain karena adanya kandungan senyawa hiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada di dalam daun kelor. Selain menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, senyawa tersebut juga berperan aktif sebagai senyawa yang membantu dalam menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Hal ini didapatkan dari adanya kandungan polifenol yang terdapat di dalam daun kelor. Selain itu, kandungan serat pada daun kelor juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Tidak sampai disitu saja, dengan mengonsumsi daun kelor juga tubuh akan mendapatkan nutrisi penting yang mampu memperbaiki kerusakan sel karena terpapar radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Tubuh

3. Mengatasi Peradangan

Dengan mengonsumsi daun kelor juga dipercaya mampu dalam meredakan peradangan yang merugikan bagi tubuh. Manfaat tersebut tidak lain didapatkan karena adanya kandungan isotiosianat yang berperan aktif sebagai zat anti-inflamasi bagi tubuh.

 

4. Mengatasi Stres

Daun kelor memiliki kandungan asam amino tripofan. Kandungan asam amino tripofan tersebut dapat memberi dampak relaksasi bagi tubuh. Ketika tubuh rileks, maka tidak heran jika akan berdampak juga terhadap kondisi stres akibat aktivitas sehari-hari. Salah satu dampak yang bisa muncul apabila tubuh stres adalah menurunnya imunitas atau kekebalan tubuh dan menyebabkan Anda menjadi rentan terpapar penyakit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor yang Menguntungkan

5. Agen Antioksidan

Daun kelor juga memiliki sifat antioksidan yang akan melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas. Sifat antioksidan ini sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat menghadapi serangan penyakit.

 

6. Agen Antibakteri

Daun kelor, selain memiliki sifat antioksidan, juga memiliki sifat antibakteri. Sifat antibakteri pada daun kelor tersebut yang akan menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya yang bisa berkembang di dalam tubuh. Apabila di dalam tubuh terdapat berbagai mikroorganisme, maka akan berakibat pada rusaknya jaringan dalam tubuh dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor yang Perlu Diketahui

7. Mencegah Diabetes

Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu mampu dalam mencegah diabetes. Manfaat tersebut didapatkan tubuh karena daun kelor memiliki kandungan insulin alami yang cukup banyak di dalamnya. Mengonsumsi daun kelor dengan takaran yang tepat akan mampu menjaga stabilnya gula darah di dalam tubuh. Tapi jangan lupa untuk serta mengatur pola makan dan jenis karbohidrat yang dikonsumsi, mengingat sebaik-baiknya daun kelor tersebut, jika asupan karbohidrat dan gula terlalu berlebihan tetap saja tidak berpengaruh dalam mencegah diabetes.

 

8. Mencegah Anemia

Daun kelor ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat memberi manfaat bagi tubuh dalam mencegah anemia. Memang, manfaat dalam mencegah anemia ini bukan berarti menjadikan daun kelor makanan utama, karena Anda tetap harus mengonsumsi jenis makanan lain yang bisa memberi manfaat dalam mencegah anemia.

Memang daun kelor memiliki beragam manfaat. Namun, Anda harus tetap menjaga jumlah konsumsinya, serta memperhatikan cara pengolahannya agar manfaat daun kelor bisa dirasakan dengan maksimal.