Sukses

7 Tips Agar Tabung Gas Tidak Meledak, Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Kini semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan kompor gas. Sebab, kompor gas sangat mudah penggunaannya. Meski begitu, kemudahan penggunaan kompor gas ini masih kerap disepelekan. Hingga tabung gas yang bocor tidak diperhatikan dan menyebabkan ledakan. Tips agar tabung gas tidak meledak bisa membantu mengantisipasinya.

Ledakan tabung gas ini perlu diantisipasi dengan saksama. Sebab, dampak ledakan yang selama ini terus disepelekan cukup besar. Bahkan, penggunaan regulator yang konon sudah terbilang aman masih saja muncul kebocoran. Di sini pentingnya tips agar tabung gas tidak meledak.

Tips agar tabung gas tidak meledak akan membuat keamanan semakin kuat. Kebocoran tabung gas yang terjadi menjadi bisa diatasi lebih dini. Sehingga ledakan dalam skala besar lebih mudah dihindari.

Berikut Liputan6.com ulas tips agar tabung gas tidak meledak dari berbagai sumber, Jumat (5/6/2020).

2 dari 7 halaman

Alat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

Menggunakan alat standar SNI termasuk tips agar tabung gas tidak meledak. Seperti regulator atau selang tabung gas yang hendak digunakan. Sebab, banyak selang yang beredar di pasaran tetapi tidak aman. Menggunakan selang dan regulator ber-SNI akan memperkecil potensi tabung gas meledak. Gunakan juga kompor SNI untuk meminimalisir kecelakaan ini.

Tidak hanya menggunakan yang sesuai SNI, tetapi perawatannya juga harus diperhatikan. Baik sebelum, saat, dan setelah menggunakannya. Jangan sampai teledor dan mengenai selang tabung gas. Jangan pula meninggalkan makanan dekat tabung gas, sebab akan membuat tikus berdatangan. Tikus-tikus ini berisiko merusak peralatan dapur dan menyebabkan kebocoran tabung gas.

3 dari 7 halaman

Peralatan Terpasang Erat

Selain menggunakan alat SNI, perhatikan juga cara pemasangannya. Memasang alat dengan erat termasuk tips agar tabung gas tidak meledak. Sebab, tabung gas yang benar pemasangannya akan membuatnya tidak mudah bocor. Waspadai jika mendengar suara mendesis meski selang dan regulator sudah terpasang di tabung.

Hal ini bisa menandakan peralatan tersebut masih belum cukup erat pemasangannya. Jika suara mendesis masih terus terdengar, sebaiknya segera ganti regulator karena karet penahan gas sudah mulai kendur.

Perhatikan Alat yang Rusak

Sebaiknya mulai periksa tabung gas dan peralatan pendukungnya secara berkala. Tips agar tabung gas tidak meledak ini untuk mengantisipasi ledakan yang tidak selalu disebabkan oleh tabung/karet tabung. Ledakan bisa terjadi karena alat-alat penunjangnya seperti regulator. Regulator bisa rusak, bocor, dan rapuh akibat masa pakai. Amati tanda-tanda kerusakannya agar ledakan bisa mudah dihindarkan.

4 dari 7 halaman

Ventilasi Dapur

Memiliki ventilasi udara dapur yang baik termasuk tips agar tabung gas tidak meledak. Berat jenis tabung gas lebih berat dari udara, sehingga gas akan turun ke bawah. Inilah alasan ventilasi bawah dapur harus benar-benar baik. Tujuannya agar gas bisa keluar dari dapur dan tidak bercampur udara dapur. Sebab, campuran gas yang sensitif akan panas dan mudah meledak.

Bukalah pintu dan jendela dengan lebar, agar udara bersih masuk ke dalam dan gas menyebar ke luar. Jangan sampai terus membiarkan gas terus berada dalam ruang dapur dan menyebabkan ledakan. Bisa juga dengan memindahkan tabung  gas ke luar dapur, agar tidak memicu ledakan. Lebih baik lagi buat ventilasi yang lebih besar sejak awal, agar penumpukan gas tidak memicu ledakan.

 

5 dari 7 halaman

Letakkan Tabung Gas Jauh dari Sumber Panas

Letakkan tabung gas jauh dari sumber panas. Jangan pula meletakkan tabung sejajar kompor atau di atas kompor. Taruh tabung di bawah kompor dengan jarak agak jauh sejak awal. Tips agar tabung gas tidak meledak tujuannya agar tabung tidak terpapar api yang bisa menstimulasi ledakan. Lebih baik lagi jika tabung diletakkan pada kabinet bawah kompor.

Tidak hanya mengantisipasi untuk diri sendiri. Namun, tetap pastikan seluruh anggota keluarga mengetahui bahwa selang dan regulator tabung gas harus terpasang erat.Ssirkulasi udara di dapur selalu lancar dan tabung diletakkan agak jauh dari kompor.

6 dari 7 halaman

Hindari Listrik dan Api

Menghindari dari kontak listrik dan api adalah tips agar tabung gas tidak meledak. Antisipasi ini dilakukan terutama ketika tabung sudah mendesis/bocor. Jika hal ini terjadi, jangan nyalakan api dan segera matikan kompor.

Hindari juga untuk menyalakan lampu dan perangkat listrik. Sebab, kontak listrik bisa memicu timbulnya gas dalam ruangan. Gas ini akan mengakibatkan munculnya ledakan pada tabung gas.

7 dari 7 halaman

Tutup Tabung dengan Kain Basah

Jika mendapati api kecil di sekitar tabung gas, tutuplah menggunakan kain basah. Jangan panik dan mulai ambil tindakan untuk mengatasinya dengan kain basah. Mulailah ambillah kain di sekitar dan basahi dengan air, lalu segera tutupkan pada api. Lakukan pada tabung gas, terutama pada bagian permukaannya. Kain basah akan segera memadamkan api dan menghindari ledakan.