Sukses

11 Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Alami

Liputan6.com, Jakarta Temu putih sebenarnya lebih dikenal dengan nama kunyit putih. Temu putih ini memiliki warna kuning-jingga. Temu putih memiliki bentuk pendek, banyak serat, berwarna pucat, memiliki bau khas, dan rasa yang pahit. Manfaat temu putih untuk kecantikan ini ada banyak sekali.

Membicarakan manfaat temu putih untuk kecantikan, sebenarnya sejak dulu temu putih sudah banyak dijadikan obat tradisional. Khususnya di Jepan dan China. Sebab, temu putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh manusia.

Manfaat temu putih untuk kecantikan sangat dipengaruhi oleh kandungannya. Temu putih memiliki zat seperti pati, curcumin, dan minyak esensial yang bisa menjadi antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya akan berperan besar dalam mengangkal radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit wajah.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat temu putih untuk kecantikan dari berbagai sumber, Jumat (5/6/2020).

2 dari 7 halaman

Mencegah Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit bisa dicegah dengan manfaat temu putih untuk kecantikan ini. Sifat antiinflamasi dan antiseptik dalam temu putihlah penyebabnya. Utamanya pigmentasi kulit (melasma) yang disebabkan paparan sinar ultraviolet (UV).

Pigmentasi ini biasanya ditandai dengan kemunculan bercak coklat/keabuan dan hitam. Cobalah untuk mengoleskan krim wajah alami dari campuran temu putih dengan mentimun. Diamkan kurang lebih 30 menit. Terapkan cara ini secara rutin sampai pigmentasi benar-benar hilang.

Kesegaran Kulit

Kesegaran kulit wajah bisa didapat dengan manfaat temu putih untuk kecantikan ini. Cobalah dengan menjadikan bubuk temu putih murni sebagai masker. Ramuan ini akan membuat kulit wajah lebih segar dan cerah. Sedangkan bagi kulit berminyak, terapkan bubuk temu putih sebagai masker bersama air mawar. Bisa juga campur bubuk temu putih bersama susu dan yogurt.

3 dari 7 halaman

Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa diatasi dengan manfaat temu putih untuk kecantikan ini. Vitamin dalam temu putih penyebabnya. Sebab, produksi minyak dan sebum pada pori-pori wajah bisa lebih diseimbangkan.

Berikut cara membuat masker wajah untuk kulit berminyak:

- Siapkan 2 sdm temu putih dan 3 sdm air perasan jeruk lemon.

- Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata selama 20 menit.

- Bersihkan muka dengan air hangat.

- Lakukan secara rutin 1 kali dalam sehari.

Angkat Sel Kulit mati

Temu putih ternyata bisa mengangkat sel kulit mati. Tekstur dan kandungan temu putih sangat efektif untuk eksofiliasi. Aktivitas pengangkatan sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi kulit. Cobalah untuk membuat scrub alami dari kombinasi bubuk temu putih dan tepung chickpea. Sel kulit mati iniakan membuat wajah terlihat lebih cerah dan terawat.

4 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini biasa diatasi dengan manfaat temu putih untuk kecantikan ini. Berbagai masalah kerutan dan bintik hitam bisa diatasi. Sebab, temu putih kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan ini sangat efektif untuk menyamarkan kerutan dan flek/bintik hitam pada kulit wajah.

Berikut cara menerapkan temu putih pada wajah untuk dijadikan masker:

- Siapkan 2 sdm bubuk temu putih, 1 sdm tepung beras, 1 sdm tomat, 1 sdm susu.

- Campurkan bahan-bahan tersebut dengan air secukupnya sampai menjadi pasta.

- Oleskan pasta tersebut ke seluruh area wajah secara merata, diamkan selama 30 menit.

- Bersihkan wajah menggunakan air bersih.

- Lakukan secara rutin minimal 1 kali dalam sehari.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Jerawat

Manfaat temu putih untuk kecantikan sangat efektif untuk membantu mengatasi jerawat pada wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dalam temu putih. Produksi minyak wajah bisa diatasi dan kebersihan pori-pori bisa lebih dimaksimalkan.

Coba terapkan cara membuat masker temu putih berikut ini:

- Siapkan 1 sdm bubuk temu putih (bisa juga 3 sdm air perasan temu putih)

- Campurkan dengan madu atau yoghurt sampai menjadi pasta.

- Oleskan past ke kulit wajah secara merata, diamkan selama 20 menit.

- Bersihkan wajah menggunakan air bersih.

- Lakukan secara rutin sampai hasilnya terasa.

Pemutih Kulit

Temu putih juga bisa dijadikan sebagai pemutih alami. Manfaat temu putih untuk kecantikan ini bisa segera dibuat dan diterapkan dengan mudah. Cukup campurkan bubuk temu putih dengan susu. Kulit putih dan cerah akan didapatkan.

Cobalah mengoleskan krim pada area wajah dan bagian tubuh lain secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan ini secara rutin 2 kali sehari.

6 dari 7 halaman

Menghaluskan Kulit

Kulit halus sangat bisa didapatkan dengan manfaat temu putih untuk kecantikan. Cukup memadukan antara bubuk temu putih dengan minyak zaitum secara rutin. Bisa lakukan di area wajah saja atau bahkan anggota tubuh yang lainnya.

Pelembap Alami

Kulit yang sehat berarti kelembapannya terjaga. Kelembapan ini bisa dirasakan dengan manfaat temu putih untuk kecantikan ini. Campurkan beberapa tetes minyak zaitun pada bubuk temu putih. Oleskan secara merata secara rutin untuk hasil maksimal.

7 dari 7 halaman

Membasmi Ketombe

Tidak hanya wajah, tetapi manfaat temu putih untuk kecantikan juga bisa untuk rambut. Terutama untuk mengatasi ketombe yang sangat mengganggu dan penyebab kerontokan ini. Temu putih kaya akan kandungan minyak atsiri. Minyak ini snagat ampuh membasmi ketombe. Termasuk membantu mengatasi rambut rontok dan berminyak.

Cobalah dengan mulai membasahi rambut. Taburkan bubuk temu putih secara merata dan pijat kepala agar bubuk benar-benar meresap. Diamkan 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air sampai bersih.

Pewarna Rambut

Jika masalah ketombe sudah berhasil diatasi, cobalah untuk mewarai rambut dengan temu putih ini. Manfaat temu putih untuk kecantikan bisa dijadikan sebagai pewarna alami rambut yang aman. Pewarna rambut ini akan membuat rambut nampak pirang gelap dan menawan.

Cobalah membuat pewarna rambut dari temu putih berikut ini:

- Sediakan ΒΌ cangkir parutan temu putih.

- Campurkan air hangat, lalu peras sampai menghasilkan larutan temu putih.

- Oleskan larutan tersebut ke batang rambut secara merata sambil rambut diremas, kemudian diamkan sampai rambut mengering.

- Bilas rambut hingga bersih..

- Lakukan secara rutin 2 hari sekali sampai hasilnya terlihat.