Sukses

8 Khasiat Buah Kepel bagi Kesehatan Tubuh

Sejak zaman dahulu, khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh sudah dikenal kalangan putri Keraton.

Liputan6.com, Jakarta Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh ini mungkin kurang populer di sekitar masyarakat pada umumnya, terutama yang berasal dari luar Yogyakarta, karena buah kepel ini memang cenderung tumbuh subur di wilayah Yogyakarta. Dikutip dari situs Jogjaprov.go.id, buah kepel atau yang memiliki nama latin stelechocarpus burahol ini sudah ditetapkan menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buah kepel merupakan salah satu tanaman buah dari famili Annonaceae. Pohon ini tumbuh dengan optimal pada kondisi tanah yang subur, berhumus, dan lembab. Pohon kepel memiliki batang besar dan tingginya dapat mencapai 20 meter. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, pohon kepel dominan tersebar di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Beragamnya khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh sebenarnya sudah terbukti sejak zaman dahulu kala, terutama di lingkungan Keraton. Bahkan putri Keraton sering menggunakan buah kepel ini sebagai bahan untuk deodoran. Selain itu, khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh juga dipercaya memberi bau wangi pada air seni, layaknya wangi dari buah kepel itu sendiri.

Sayangnya, meski khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh sangat beragam, tetapi buah ini cukup langka. Keberadaannya dari buah kepel ini sulit ditemukan, bahkan di Yogyakarta yang notabene sebagai flora identitas. Hal tersebut merupakan dampak karena pada awalnya pohon kepel merupakan tanaman yang eksklusif dan hanya digunakan oleh bangsawan. Sehingga masyarakat sekitar tidak berani menanamnya agar tidak ‘kualat’.

Buah kepel, sebagai salah satu flora identitas, memiliki makna filosofis yang dalam bagi masyarakat Yogyakarta. Pohon Kepel melambangkan “manunggaling sedya kaliyan gegayuhan” yang berarti bersatunya niat dengan kerja. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum apa saja khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan, Jumat (5/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Agen Antioksidan

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh memang sangat efektif, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol. Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh ini bisa didapatkan karena bagian daging dan biji buah kepel mengandung polifenol, saponin, dan juga flavonoida yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh. Bahkan, tidak hanya pada bagian daging dan bijinya, bagian daun dari buah kepel juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

2. Agen Antioksidan

Sempat disinggung pada poin sebelumnya, jika buah kepel memiliki kandungan berupa polifenol, saponin, dan flavonoida. Kandungan tersebut merupakan agen antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Dengan kandungan antioksidan tersebut, maka buah kepel akan memberi dampak yang baik bagi mencegah radikal bebas, yang tentu dapat memberi pengaruh buruk bagi kondisi kesehatan tubuh, salah satunya penuaan. Oleh karena itu, tidak heran jika buah kepel menjadi buah yang dipercaya menjadi buah yang membuat awet muda di lingkunan putri Keraton.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Asam Urat dan Masalah Ginjal

3. Mengatasi Asam Urat

Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat mengatasi asam urat. Khasiat buah kepel ini berasal dari komponen yang memiliki sifat antihyperuricemic, dimana akan berfungsi dalam mengatasi kelebihan atau kekurangan kadar asam urat di dalam tubuh. Dan, jia seseorang yang menderita kondisi hyperuricemia dan bisa menyebabkan asam urat, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kepel ini agar kadar asam urat dalam tubuh bisa netral kembali.

 

4. Mengatasi Masalah Ginjal

Buah kepel ternyata juga mampu mengatasi peradangan pada ginjal. Buah kepel memiliki sifat diuretik yang berarti mampu memperlancar buang air kecil. Dengan begitu, maka masalah yang ada pada ginjal dapat teratasi, seperti batu ginjal salah satunya. Bahkan, dengan mengonsumsi buah kepel dapat membuat aroma dari urin dapat menjadi lebih sedap.

4 dari 5 halaman

Menjaga Fungsi Hati dan Percepat Regenerasi Sel

5. Menjaga Fungsi Hati

Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yaitu mampu menjaga fungsi dari hati. Hati memang menjadi organ yang sangat penting bagi tubuh. Organ ini yang menyaring berbagai racun dalam tubuh. Pada penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor membuktikan, bahwa buah kepel memiliki khasiat hepaprotektif atau bisa memberikan perlindungan pada fungsi organ hati hanya dengan mengkonsumsi daging buah kepelnya saja. Dan pada hasil riset tersebut dibuktikan apabila buah kepel mampu mengembalikan fungsi produksi enzim dalam organ hati sehingga regenerasi sel hati yang rusak dapat lebih cepat dilakukan.

 

6. Percepat Regenerasi Sel

Selain berbagai manfaat di atas, buah kepel juga dapat membantu dalam regenerasi sel. Buah kepel mengandung vitamin E, quercetin, serta terpenes yang akan sangat baik dalam percepatan regenerasi sel tubuh serta memurnikan DNA. Maka dari itu, tidak diragukan lagi, mengapa buah kepel gemar dikonsumsi putri Keraton karena dipercaya dapat mengatasi gangguan kulit seperti jerawat dan juga meningkatkan kebugaran tubuh, apabila dikonsumsi secara rutin.

5 dari 5 halaman

Mencegah Kanker dan Bau Tubuh Tidak Sedap

7. Mencegah Kanker

Kandungan lain yang ada di dalam daging buah kepel adalah acetogenin, isoflavon, dan juga styryl lactons. Kandungan tersebut akan sangat berguna untuk menjadi pencegah kanker. Acetogenin sendiri merupakan senyawa penghambat permeabilitas mitokondria yang berasal dari sel kanker dan dapat sekaligus mengontrol apoptosis dari sel kanker. Sedangkan kandungan styryl lactons berguna dalam meningkatkan tumor supressor gene dan isoflavon yang memiliki manfaat dalam mengendalikan estrogenik dari sel kanker.

 

8. Mencegah Bau Tubuh Tidak Sedap

Mnafaat buah kepel yang terakhir ini mungkin sudah sangat lama dikenal sejak dahulu kala. Bahkan putri Keraton gemar mengonsumsi buah kepel karena kemampuannya dalam mencegah bau tidak sedap pada badan. Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh ini diperkuat dengan penelitian yang membuktikan bahwa buah kepel yang rutin dikonsumsi akan secara alami bisa berpengaruh terhadap produksi keringat dan enzim yang dapat memicu bau badan.

Kandungan dalam buah kepel ini akan mengendalikan produksi mercaptan yang merupakan salah satu faktor pemicu aroma tubuh yang tidak sedap. Khasiat buah kepel bagi kesehatan tubuh tersebut diperkuat dengan kemampuan dari buah kepel untuk menjadi antibakteri yang mampu melawan pembentukan amonia dari reaksi keringat dan bakteri serta jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini