Sukses

6 Manfaat Lapisan Atmosfer Berdasarkan Strukturnya, Lindungi Bumi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lapisan atmosfer penting bagi kehidupan di bumi. Atmosfer merupakan lapisan yang mengelilingi bumi. Planet lain juga memiliki atmosfer dan beberapa tidak memiliki atmosfer sama sekali.

Manfaat lapisan atmosfer mampu memberi perlindungan membantu menopang kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Atmosfer adalah kombinasi dari gas yang mengelilingi bumi. Lapisan ini terdiri dari sekitar 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan satu persen gas lainnya.

Manfaat lapisan atmosfer sangat penting untuk perlindungan dan kelangsungan hidup. Atmosfer di bumi terdiri dari struktur berlapis. Lapisan-lapisan ini memiliki fungsinya masing-masing.

Manfaat lapisan atmosfer dapat terbagi dalam masing-masing lapisannya. Mengetahui manfaat lapisan atmosfer berdasarkan struktur lapisannya bisa membuatmu paham pentingnya lapisan atmosfer pada bumi. Manfaat lapisan atmosfer berdasarkan struktur lapisannya terbagi dalam troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer, dan eksosfer.

Berikut manfaat lapisan atmosfer berdasarkan struktur lapisannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat lapisan atmosfer: Troposfer

Troposfer adalah lapisan atmosfer terendah yang ada di bumi. Manfaat lapisan atmosfer adalah mampu menentukan dan membentuk cuaca dan suhu di bumi. Troposfer mampu menentukan perubahan suhu, cuaca, udara, angin, dan awan. Udara di troposfer menipis seiring dengan meningkatnya ketinggian. Ini membuat membuat semakin tinggi suatu permukaan, semakin dingin suhunya.

Lapisan troposfer merupakan tempat di mana suhu, cuaca, dan tekanan kelembapan sehari-hari berlangsung. Hampir semua cuaca berkembang di troposfer karena mengandung hampir semua uap air atmosfer. Sistem cuaca ini mengarah pada perubahan cuaca harian serta pola cuaca musiman dan sistem iklim.

3 dari 8 halaman

Manfaat lapisan atmosfer: Stratosfer

Di atas termosfer terdapat stratosfer. Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang lebih kering dan stabil. Lapisan paling bawah stratosfer bersuhu dingin dan akan semakin panas ketika menuju ke atas. Stratosfer memiliki karakteristik kering dan jarang terdapat awan. Ini membuat lapisan ini sangat ideal untuk pesawat dapat terbang.

Stratosfer sangat penting bagi kehidupan di Bumi karena mengandung sejumlah kecil ozon. Lapisan ozon merupakan suatu bentuk oksigen yang mencegah sinar UV yang berbahaya saat mencapai Bumi.

4 dari 8 halaman

Manfaat lapisan atmosfer: Mesosfer

Setelah stratosfer, lapisan selanjutnya adalah mesosfer. Mesosfer memiliki suhu terdingin di atmosfer. Mesosfer juga memiliki awan tertinggi di atmosfer. Dalam cuaca yang cerah, awan ini bisa terlihat seperti gumpalan keperakan segera setelah matahari terbenam.

Manfaat lapisan atmosfer adalah mampu membakar meteor dan benda langit yang hendak jatuh ke bumi. Benda langit yang jatuh ke bmi akan terbakar sebelum memasuki stratosfer atau troposfer.

5 dari 8 halaman

Manfaat lapisan atmosfer: Ionosfer

Ionosfer merupakan lapisan atmosfer yang memanjang dari bagian atas mesosfer sampai ke eksosfer. Ionosfer terbentuk oleh partikel energik dari sinar matahari dan luar angkasa.

Manfaat lapisan atmosfer ionosfer yang sangat penting adalah adanya proses ionisasi dari partikel-partikel yang memberikan refleksi gelombang radio. Ini membuat rambatan sinyal radio dapat menjangkau seluruh penjuru muka bumi. Ionosfer juga memantulkan partikel dari angin matahari. Reaksi inilah yang membentuk fenomena aurora.

6 dari 8 halaman

Manfaat lapisan atmosfer: Termosfer

Termosfer adalah lapisan paling tebal di atmosfer. Di lapisan ini terdapat gas ringan seperti oksigen, helium, dan hidrogen. Di sini, molekul gas yang tersebar tipis menyerap sinar-x dan radiasi ultraviolet. Ini membuat lapisan termosfer memiliki temperatur yang cukup tinggi.

Lapisan termosfer memiliki suhu yang cukup tinggi. Namun, suhu di lapisan ini bisa terasa dingin karena sedikitnya tekanan yang membuat sedikitnya perpindahan panas. Di lapisan ini terdapat stasiun luar angkasa yang mengorbit bumi. Satelit-satelit buatan manusia juga berada pada lapisan ini.

7 dari 8 halaman

Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan atmosfer bumi yang terletak paling luar. Eksosfer mengembang dan berkontraksi ketika bersentuhan dengan badai matahari. Pada lapisan ini terdapat refleksi Cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga dikenal sebagai cahaya Zodiakal.

Banyak satelit cuaca juga mengorbit Bumi di eksosfer. Lapisan ini sangat berbahaya karena merupakan tempat terjadi kehancuran meteor dari angkasa luar. Eksosfer juga merupakan lapisan paling panas dalam atmosfer.

8 dari 8 halaman

Manfaat lapisan atmosfer bagi kehidupan di bumi

Pengatur suhu

Salah satu manfaat paling penting yang diberikan atmosfer adalah menjaga suhu bumi. Molekul-molekul di atmosfer menyerap energi matahari begitu ia tiba, menyebarkan kehangatan itu ke seluruh planet. Molekul juga memerangkap energi yang dipantulkan dari permukaan, mencegah sisi malam planet menjadi terlalu dingin.

Perisai radiasi

Atmosfer berfungsi sebagai perisai pelindung terhadap radiasi dan sinar kosmik. Radiasi terjadi akibat paparan sinar matahari yang berbahaya. Tanpa perlindungan, radiasi dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan mata. Lapisan ozon yang tinggi di atmosfer bumi menghalangi sebagian besar radiasi ini mencapai permukaan.

Perlindungan Fisik

Manfaat lapisan atmosfer sangat penting untuk melindungi permukaan bumi dari jatuhnya benda-benda langit. Saat benda langit seperti meteor menuju bumi, lapisan atmosfer akan menghancurkannya sebelum sampai ke permukaan bumi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini