Sukses

Penyebab Kencing Batu pada Pria, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kencing batu pada pria penting diketahui. Kencing batu atau disebut juga batu kandung kemih merupakan kondisi penumpukan mineral dalam kandung kemih yang membentuk batu kecil. Kencing batu lebih sering dialami pria dibanding wanita.

Penyebab kencing batu pada pria bisa menimbulkan ketidaknyamanan, terutama saat buang air kecil. Batu kandung kemih bisa menimbulkan rasa sakit, nyeri, dan perih ketika buang air kecil. Sejumlah faktor bisa menjadi penyebab kencing batu pada pria.

Penyebab kencing batu pada pria yang ringan bisa sembuh tanpa pengobatan. Namun, penyebab kencing batu pada pria yang berat, memerlukan perawatan dan pengobatan intensif.

Beberapa jenis infeksi bisa menjadi penyebab kencing batu pada pria. Mengetahui penyebab kencing batu pada pria bisa membantu mencegah timbulnya penyakit ini di kemudian hari. Berikut penyebab kencing batu pada pria, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/6/2020).

2 dari 7 halaman

Gejala kencing batu

Terkadang batu kandung kemih bisa tidak menimbulkan gejala apapun. etapi jika batu mengiritasi dinding kandung kemih atau menghalangi aliran urin, tanda dan gejala bisa meliputi:

- Ketidaknyamanan atau rasa sakit pada penis untuk pria

- Lebih sering buang air kecil

- Nyeri di daerah perut bagian bawah

- Rasa sakit dan tidak nyaman saat buang air kecil

- Darah dalam urin

- Urin berwarna gelap dan keruh

3 dari 7 halaman

Penyebab kencing batu secara umum

Menurut Mayo Clinic, batu kandung kemih berkembang ketika mineral dalam urin pekat mengkristal dan membentuk batu. Kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh kesulitan mengosongkan kandung kemih. Batu kandung kemih dapat berkembang ketika kandung kemih tidak benar-benar kosong.

Urin yang tersisa di kandung kemih bisa terkonsentari menjadi keruh, mengkristal, dan membentuk batu. Terkadang, batu-batu ini bisa keluar dengan mudah saat buang air kecil selama ukurannya masih sangat kecil. Namun, batu-batu ini juga bisa tersangkut di dinding kandung kemih, menumpuk, dan membentuk batu yang lebih besar seiring waktu.

Beberapa infeksi dapat menjadi penyebab kencing batu. Batu kandung kemih yang lebih besar mungkin perlu diangkat oleh dokter. Pria lebih besar risikonya mengalami kencing batu dibanding wanita.

4 dari 7 halaman

Penyebab kencing batu pada pria: Masalah prostat

Penyebab kencing batu pada pria yang paling umum adalah masalah pada kelenjar prostat. Menurut Medical News Today, prostat adalah kelenjar kecil berotot dalam sistem reproduksi pria. Prostat mengelilingi uretra dan membentuk sebagian besar cairan dalam air mani.

Pada banyak pria, prostat bisa membesar. Kadang-kadang kondisi ini menyebabkan gejala dan komplikasi seperti kencing batu. Pembesaran prostat disebut benign prostatic hyperplasia (BPH). Pembesaran prostat terjadi ketika sel-sel kelenjar prostat mulai berkembang dengan banyak, menyebabkan kelenjar prostat membengkak, menekan uretra dan membatasi aliran urin.

Kondisi inilah yang mengurangi proses pengosongan kandung kemih dan menyebabkan kencing batu.

5 dari 7 halaman

Penyebab kencing batu pada pria dan wanita

Kandung kemih neurogenik

Kandung kemih neurogenik adalah suatu kondisi yang memengaruhi saraf yang mengangkut pesan dari otak ke otot kandung kemih. Cedera atau kerusakan saraf ini dapat mencegah otak memberitahu otot kandung kemih untuk berkontraksi dan mengembang untuk buang air kecil. Kondisi ini bisa membuat seseorang tidak bisa atau lambat merasakan rasa untuk buang air kecil. Ini dapat menyebabkan urin tertinggal di kandung kemih dan membentuk batu. Kandung kemih neurogenik bisa dialami pria ataupun wanita.

Infeksi

Peradangan atau infeksi kandung kemih bisa menjadi penyebab kencing batu pada pria dan wanita. Bakteri dan organisme lain dapat menyebabkan infeksi atau radang kandung kemih. Terapi radiasi juga bisa menyebabkan peradangan pada kandung kemih. Peradangan ini bisa menghambat pengosongan kandung kemih yang kemudian memicu pembentukan batu kandung kemih.

6 dari 7 halaman

Penyebab kencing batu pada pria dan wanita

Batu ginjal

Batu ginjal mungkin tidak sama seperti batu kandung kemih. Namun, batu ginjal yang kecil bisa turun menyusuri ureter, menuju kandung kemih. Jika tidak dikeluarkan, batu ini dapat tumbuh menjadi batu kandung kemih. Batu ginjal lebih umum daripada batu kandung kemih. Jadi penting untuk mengatasi batu ginjal segera mungkin agar tidak berkembang menjadi batu kandung kemih.

Alat kesehatan tertentu

Kateter kandung kemih yang dimasukkan melalui uretra untuk membantu urin mengalir dari kandung kemih dapat menjadi penyebab kencing batu. Begitu juga benda yang secara tidak sengaja bermigrasi ke kandung kemih, seperti alat kontrasepsi atau stent urin.

Kandung kemih lemah dan masalah uretra

Dinding kandung kemih mungkin menjadi lemah di beberapa area dan membentuk kantong yang menonjol ke luar. Ini bisa menyebabkan penumpukan air seni dan membentuk batu. Masalah uretra juga bisa menjadi penyebab kencing batu. Uretra bisa terluka atau rusak karena penyakit, penyakit, atau trauma. Ini mungkin menyempit karena infeksi dan menghalangi aliran urin yang keluar dari tubuh.

7 dari 7 halaman

Cara mencegah kencing batu

Karena batu kandung kemih disebabkan oleh berbagai penyakit yang mendasarinya, pengobatan sangat bervariasi. Anda dapat mengurangi risiko batu kandung kemih dengan:

Minum banyak cairan

Minum lebih banyak cairan, terutama air, dapat membantu mencegah batu kandung kemih karena cairan mengencerkan konsentrasi mineral dalam kandung kemih. Berapa banyak air yang harus diminum tergantung pada usia, ukuran, kesehatan, dan tingkat aktivitas.

Periksa ke dokter

Beri tahu dokter tentang gejala kemih yang tidak biasa. Diagnosis dini dan pengobatan prostat yang membesar atau kondisi urologis lainnya dapat mengurangi risiko terkena batu kandung kemih.