Sukses

6 Cara Mengatasi Tembok Rumah Berjamur dan Lembap

Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap perlu dilakukan untuk menghindari penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena masalah jamur dan lembap pada tembok ini dapat menyebabkan berkurangnya keindahan rumah dan juga kekuatannya.

Tembok rumah yang berjamur dan lembap tentunya membuat kamu dan keluarga menjadi risih. Apalagi tembok rumah yang berjamur dan lembap ini identik dengan kebersihan yang tidak terjaga. Tidak heran jika nantinya hal ini menimbulkan berbagai masalah untuk penghuninya.

Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap perlu dilakukan untuk menghindari penyakit. Jamur yang beterbangan di dalam ruangan dan menempel di dinding bisa terhirup dengan mudahnya saat kamu bernapas. Dalam jumlah yang kecil, spora jamur mungkin tidak akan mengganggu. Namun, ketika tembok di rumah dipenuhi jamur, hal ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/6/2020) tentang cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tembok Rumah Berjamur dan Lembap

Cek Pipa Air dan Sirkulasi Udara di Rumah

Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap yang pertama adalah dengan mengecek pipa air dan sirkulasi udara di rumah. Pipa air yang rusak atau bocor bisa menjadi salah satu penyebab tembok berjamur dan lembap. Oleh karena itu, kamu harus segera menambal pipa tersebut atau segera menggantinya dengan yang baru agar tidak bocor lagi.

Memperhatikan sirkulasi udara yang keluar masuk rumah juga harus diperhatikan. Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap harus dilakukan dengan membuka pintu dan jendela agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah.

Bersihkan Jamur dengan Cairan Cuka

Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap selanjutnya adalah dengan membersihkan jamur dengan cairan cuka. Kamu harus segera membersihkannya saat masih sedikit, sehingga tidak menjalar ke bagian tembok lainnya.

Caranya dengan mencampurkan cairan cuka dengan air dan menyemprotkannya ke area tembok yang berjamur. Lalu, sikat hingga jamur terangkat seluruhnya. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan saat jamur masih belum menyebar terlalu banyak. Jika sudah menyebar, kamu harus menggunakan cairan anti jamur sesuai dengan petunjuk pemakaian.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tembok Rumah Berjamur dan Lembap

Menggunakan Amplas

Cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap berikutnya adalah dengan menggunakan amplas. Kamu bisa menggunakan amplas untuk menggosok bagian dinding yang terserang jamur.

Langkah ini akan membuat dinding rumah kamu menjadi berpori. Dengan diamplas terlebih dahulu, uap air di dinding akan keluar dan aroma lembap di rumah akan hilang.

Menggunakan Kaporit

Menggunakan kaporit atau klorin juga bisa diterapkan sebagai cara mengatasi tembok berjamur dan lembap. Setelah diamplas, kamu bisa menggunakan kaporit atau klorin untuk menuntaskan jamur yang tumbuh di dinding.

Sebelum melakukan langkah ini, pastikan jari dan tangan kamu sudah terlindung dengan sarung tangan berbahan karet. Untuk keamanan maksimal, pakai kacamata pelindung agar terhindar dari zat kimia yang terkandung dalam kaporit.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tembok Rumah Berjamur dan Lembap

Diamkan Seharian

Setelah mengamplas dan menggunakan kaporit, kamu harus mendiamkan tembok selama kurang lebih 24 jam. Zat kimia yang ada dalam klorin atau kaporit berguna untuk membunuh serta mencegah jamur datang kembali.

Setelah itu, pastikan tembok sudah bersih sebelum kamu mengecat ulang. Gunakan metode mengerok dinding untuk menghilangkan sisa kaporit yang menempel.

Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Langkah terakhir sebagai cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap adalah dengan menggunakan cat pelapis anti bocor. Kamu bisa meminta rekomendasi dari ahli bangunan mengenai cat yang cocok dengan kondisi dan lingkungan rumah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mencampurkan cat dinding biasa dengan cairan pelapis anti bocor, dengan perbandingan 1:1. Caranya dengan mengoleskan cat anti bocor pada permukaan dinding yang sebelumnya ditumbuhi jamur dengan kuas cat yang lebih kecil dan bulu yang lebih halus agar celah terisi sempurna.

Kemudian, sapukan cat anti bocor secara merata hingga diperoleh daya sebar akhir 1 kg/m² dengan 2 kali pelapisan. Jangan lupa untuk mengecek seluruh permukaan, terutama yang kasar dan tidak rata terlapisi sempurna. Kamu juga bisa menggunakan alat airless spray untuk mengaplikasikan cat ini.

Itulah beberapa cara mengatasi tembok rumah berjamur dan lembap agar kamu terhindari dari berbagai macam penyakit, seperti alergi, masalah pernapasan, infeksi paru-paru, asma, dan lain-lain. Selain itu, hal ini juga dapat mempertahankan keindahan rumah agar tetap enak dipandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini