Sukses

Jangan Terlena, Ini 6 Tipe Pria yang Tampak Idaman Tapi Bisa Bikin Sengsara

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan, tak sedikit orang yang terjebak dalam ilusi kisah cinta sempurna. Padahal hubungan tersebut tak sehat dan biasanya terdapat relasi kuasa yang timpang antara orang yang terlibat didalamnya.

Meski tak banyak disadari, namun, 6 tipe pria di bawah ini benar-benar cukup sering ditemui. Jika dalam proporsi yang pas, sebenarnya peran tersebut bisa dibilang idaman dan dapat membuat hubungan sehat.

Namun, sering kali yang terjadi, 6 tipe pria ini malah mendominasi dalam hubungan. Jika terjadi dominasi, akan mengarah ke hubungan yang tak sehat dan cenderung toxic.

Kira-kira seperti apakah 6 tipe pria yang tampak idaman tapi bisa bikin menderita? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (9/6/2020).

2 dari 7 halaman

1. Tipe 'ayah'

Sama seperti peran seorang ayah, pria dengan tipe ini juga akan menyediakan dukungan, rasa aman, serta kasih sayang bagaikan seorang ayah. Berada didekatnya seolah dunia terasa baik-baik saja karena ada sosoknya yang memberikan perlindungan. Terdengar menarik? Tentu saja.

Namun, pada realitanya, pria dengan tipe ini tidak melihat partner mereka sebagai sosok yang setara. Mereka memperlakukan pasangan sebagai sosok yang menggantikan anak mereka. Sehingga ia perlu untuk bertindak seperti orang tua, ketika pasangannya salah ia merasa memiliki hak lebih untuk memberikan 'hukuman'.

Hal yang akan jadi masalah dari berhubungan dengan pria tipe ini adalah membuat wanitanya tak dewasa. Biasa diperlakukan sebagai anak-anak, maka ia akan benar-benar bersikap semakin kekanakan.

3 dari 7 halaman

2. Tipe Bad Boy

Sosok pria tipe bad boy tentunya sudah sering kita jumpai di film komedi romantis atau bahkan di kehidupan nyata. Sosoknya yang penuh petualangan dan misterius dengan ciri khas tampilan anak nakal seolah selalu sukses mengundang rasa penasaran kaum hawa.

Pria tipe ini tampak menarik karena ia selalu tampil apa adanya. Ia jujur dengan segala kelakuan buruk yang ia miliki, dan banyak wanita yang terpikat atas pesonanya ini. Namun, tentu saja yang terlihat berkilauan belum tentu berlian.

Tampak bak pemberontak yang jujur dengan jati dirinya, maka bisa dikatakan pria tipe ini memiliki ego yang sangat tinggi. Ia hidup dalam dunianya sendiri dan bukan tipe pria yang ingin menjalin hubungan yang serius.

 

4 dari 7 halaman

3. Tipe Patsy

 Pria tipe ini merupakan tipe yang biasa diidam-idamkan oleh orang tua. Sosoknya penuh kasih sayang, pengertian, dapat diandalkan, dan punya sopan santun. Ia jelas bisa mengorbankan banyak hal hanya untuk memenangkan hati orang lain.

Namun tentu saja pria tipe ini juga memiliki kekurangan. Biasanya ia sangat datar, kaku, dan memiliki kepribadian yang membosankan. Hal inilah yang membuat banyak wanita mencampakkan pria ini.

Banyak kaum hawa yang terjebak dalam hubungan jangka panjang dengan pria tipe ini dan sulit untuk mengakhirinya. Hal ini karena ia benar-benar nampak sempurna di luar, sehingga wanita yang mencampakkannya akan terlihat seperti perempuan jahat.

Pria tipe ini terbiasa untuk menyenangkan orang lain, sehingga ia sering kali kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya yang sesungguhnya. Ini yang membuat banyak wanita tak nyaman berhubungan dengan pria tipe ini, sifatnya yang sulit untuk mengungkapkan emosi membuatnya terlihat tidak jujur.

5 dari 7 halaman

4. Tipe Kesatria Berkuda Putih

Pria tipe ini biasa kita lihat dalam film Disney dimana ada sosok pria yang berjasa sebagai pahlawan dan menyelamatkan sang putri. Ia memiliki daya tarik berupa romantisme, karisma, dan rasa percaya diri yang tinggi.

Namun, tentu ia tak bisa bersikap demikian setiap saat. Ada kalanya ia bersikap egois untuk dirinya sendiri namun sang wanita sudah terlanjur memiliki ketergantungan untuk 'diselamatkan' meskipun untuk hal sepele tersebut.

Hal ini menimbulkan relasi kuasa yang timpang dimana pria ini bisa lebih mendominasi dalam sebuah hubungan. Tentu saja hal ini tidak sehat untuk hubungan jangka panjang.

6 dari 7 halaman

5. Tipe Pebisnis

Pria tipe ini adalah sosok pria yang dikenal dengan sikapnya yang rasional, tak banyak kejutan, dan perhitungan yang tepat. Sekilas bagi seorang wanita yang sedang mencari pria untuk komitmen jangka panjang, mungkin ia akan terlihat sangat idaman, namun tentu saja tetap ada celahnya.

Memiliki sifat seperti yang telah disebutkan di atas, membuat pria tipe ini memiliki karir yang bagus. Namun, belum tentu hal yang sama akan berlaku untuk kehidupan cintanya. Sikapnya yang terlalu kikir sering kali mengganggu bagi beberapa wanita. 

Pria tipe ini akan mempermasalahkan banyak hal kecil karena ia ingin semuanya adil, tanpa pandang bulu. Misalkan saja, ia akan mempermasalahkan siapa yang terakhir bayar makanan, siapa yang terakhir cuci piring, ia benar-benar tak mau rugi karena segala sesuatunya diibaratkan bagaikan sebuah bisnis.

Sikap tersebut tentu membuat romantisme dalam hubungan bisa menghilang dengan sendirinya. Terlalu perhitungan membuat pasangan akan kehilangan rasa tulus dalam hubungan.

7 dari 7 halaman

6. Tipe Perayu/Penggoda

Memiliki mulut yang manis, pria ini selalu memiliki hal indah untuk dikatakan kepada wanitanya. Ia akan membuat pasangannya seolah menjadi sosok wanita paling beruntung dan paling menarik sedunia.

Ia hanya mengatakan hal-hal yang ingin anda dengar. Meskipun hal tersebut belum tentu nyata adanya. Pria tipe ini seringkali menganggap wanita seolah sebagai sebuah tropi untuk dimenangkan.

Hal tersebut ia lakukan hanya untuk memenuhi egonya. Seolah-olah ialah sang penakluk wanita. Namun, jika sudah berhasil lantas apa selanjutnya? Biasanya ia hanya akan berputar-putar mengalihkan pembicaraan jika sudah ditanyai tentang komitmen.