Sukses

Selain Lukisan Charama, Ini 6 Fakta Unik India Kuno yang Jarang Diketahui

Beberapa fakta unik tentang India Kuno ini jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah tentang negara memang selalu menarik untuk diketahui. Selain menyajikan keindahan yang dapat memanjakan mata wisatawan, sejarah yang melekat pada negara tentunya menambah keindahan negara tersebut. Salah satu negara yang memiliki sejarah unik adalah India. 

India adalah sebuah negara di Asia dan memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Keindahan negara yang ikonik dengan Taj Mahal ini selalu menarik perhatian wisatawan ketika berkunjung. Sejarah tentang India kuno juga menarik untuk ditelaah lebih jauh.

Terdapat ragam fakta unik tentang india kuno yang jarang diketahui. Peradaban India kuno adalah peradaban yang terdapat di Lembah Sungai Indus. Sungai indus mengaliri tiga wilayah, yaitu Kashmir, India dan Pakistan. Sungai ini mengalir dari tibet dan bermuara ke Laut Arab. Panjang Sungai Indus kurang lebih 2900 kilometer.

Tak hanya tentang negaranya, rupanya terdapat fakta unik lainnya tentang India kuno. Seperti dilansir dari Brain Berries pada (9/6/2020) peradaban India Kuno memiliki ragam fakta unik sejarah yang misterius dan jarang diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lukisan Asing Charama

Terdapat lukisan asing Charama yang menjadi salah satu fakta unik India Kuno. Charama adalah sebuah desa di Chhattisgarh, juga merupakan rumah bagi lukisan gua berusia 10.000 tahun yang menggambarkan makhluk mirip alien dan objek disk yang terlihat seperti UFO.

Orang-orang lokal pada zaman India Kuno memiliki legenda tentang orang rohela yang misterius serta orang-orang kecil yang datang dari langit dan membawa orang-orang menjauh dari desa.

3 dari 7 halaman

2. Pilar Besi Delhi

Kirti Stambha yang tahan karat dan misterius, juga dikenal sebagai Pilar Besi Delhi. Pilar Besi Delhi ini didirikan satu milenium sebelum umat manusia memperoleh teknologi, dan menjadikan pilar itu salah satu misteri terbesar India yang tidak dapat dijelaskan. Pilar Besi Delhi ini sudah berdiri sejak abad ke-5. 

4 dari 7 halaman

3. Gua Son Bhandar

Gua Son Bhandar terletak di Bihar. Banyak misteri dan teka-teki dari dibangunnya Gua Son Bhandar ini. Salah satu benda ini zaman peradaban India Kuno ini dirikan dalam sebuah batu utuh dan dipercaya untuk menyimpan harta kuno Raja Magadhan Bimbisara. Ketika raja dipenjara oleh putranya, dia memerintahkan istrinya untuk menyembunyikan semua hartanya di gua ini.

Dinding-dinding Son Bhandar ditutupi dengan tulisan suci yang tetap tidak dapat diuraikan sampai hari ini. Hal tersebut diduga merupakan cara untuk mengungkapkan cara mendapatkan harta karun.  

 

5 dari 7 halaman

4. Hilangnya Peradaban Lembah Indus

Hilangnya peradaban Lembah Indus merupakan sebuah misteri yang belum terpecahkan. Sejarawan masih berusaha untuk memecahkan teka-teki ini. tetapi justru, peradaban Lembah Indus melahirkan budaya India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan.

Peradaban Lembah Indus merupakan peradaban kota paling kuno di dunia dengan populasi hampir 5.000.000 orang. Sekitar 4.000 tahun yang lalu hilang begitu saja, meninggalkan jejak teknologi canggih dan bahasa yang masih belum diketahui.

6 dari 7 halaman

5. Orang-Orang di Pulau Sentinel

Terdapat beberapa suku di dunia yang sulit untuk dijangkau. Bahkan ada beberapa suku yang ketika ditelaah lebih jauh, tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat dari luar. Salah satu suku yang susah dijangkau adalah suku di Kepulauan Andaman, India. 

Kepulauan Andaman dan Nikobar di India adalah rumah bagi salah satu suku paling tidak biasa di dunia. Sejarawan percaya itu adalah suku paling terisolasi yang ada yang tanpa kontak dengan orang lain selama ribuan tahun. Orang-orang di suku terpencil memang menolak kontak dengan dunia luar.

7 dari 7 halaman

6. Pilar Gantung Lepakshi

Pilar Gantung Lepakshi terletak di Andhra Pradesh terletak Kuil Lepakshi. Pilar tersebut merupakan rumah bagi salah satu misteri arsitektur terbesar di dunia. Kuil Lepakshi adalah struktur besar yang didedikasikan untuk Dewa Siwa dengan sekitar 70 pilar berukir indah di dalamnya.

Penduduk setempat percaya itu adalah salah satu dari banyak trik yang hanya diketahui oleh orang dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.