Sukses

10 Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Populer, Mudah Dipelajari

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis bahasa pemrograman penting diketahui bagi kamu yang menggemari coding atau pengodean. Coding atau pengodean adalah proses menggunakan jenis-jenis bahasa pemrograman untuk membuat komputer atau website berperilaku sesuai keinginan pembuatnya. 

Bahasa pemrograman biasa digunakan untuk membuat aplikasi, gim, website, dan teknologi komputer lainnya. Kini, banyak orang yang makin menaruh minat untuk mempelajari bahasa pemrograman. Jenis-jenis bahasa pemrograman pun terus berkembang sesuai dengan kebutuhannya.

Ada ratusan jenis-jenis bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam coding. Jenis-jenis bahasa pemrograman memiliki keunggulan masing-masing. Mengenali jenis-jenis bahasa pemrograman bisa menjadi poin awal bagi kamu yang ingin mempelajari coding.

Berikut jenis-jenis bahasa pemrograman yang populer di dunia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(9/6/2020).

2 dari 6 halaman

Jenis-jenis bahasa pemrograman

HTML

HTML merupakan jenis bahasa pemrograman dasar yang penting untuk dipahami pada para programmer. HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Banyak orang tidak menganggap bahwa HTML adalah sebuah bahasa pemrograman. Namun, jika dilihat dari mana program web maka, HTML sebenarnya adalah bahasa pemrograman.

PHP

PHP: Hypertext Prepocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. PHP berada di urutan pertama sebagai bahasa pemrograman paling banyak dipakai untuk membuat website. Berbagai keunggulan PHP dibanding bahasa pemrograman yang lain adalah laman konten yang dinamis, kemudahan modifikasi informasi di database, mengontrol akses dari user, serta kemudahan enkripsi data.

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis bahasa pemrograman

JavaScript

JavaScript merupakan satu dari jenis-jenis bahasa pemrograman paling populer di dunia. JavaScript menerjemahkan halaman statis HTML menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengan pengunjung. Memasukkan JavaScript ke halaman web memungkinkan pengembang meningkatkan pengalaman pengunjung dengan mengubahnya dari halaman statis menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengannya.

Java

Java berbeda dengan JavaScript. Bahasa pemrograman ini termasuk ke dalam pemrograman orientasi objek sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. Java merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk komputer ataupun ponsel. Java sangat kompatibel lintas platform atau platform independen. Kamu bisa menggunakan Java di perangkat mana saja dan bahasanya cukup mudah dimengerti dan dipelajari para pemula.

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis bahasa pemrograman

C

Bahasa pemrograman C bisa menjadi dasar mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Ini karena bahasa pemrograman C merupakan dasar bahasa lain seperti C#, Java, C++, dan lain sebagainya. Bahasa pemrograman C digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer dan membangun sebuah aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer.

Python

Python adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang mudah untuk digunakan. Seperti Java, sintaksis Python jelas, intuitif, dan hampir mirip dengan bahasa Inggris. Juga seperti Java, Python memiliki beragam aplikasi yang menjadikannya pilihan serbaguna dan kuat ketika memilih bahasa pemrograman terbaik untuk use case. Python juga memiliki paket-paket seperti NumPy dan SciPy yang umumnya digunakan dalam bidang komputasi ilmiah, matematika, dan teknik.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis bahasa pemrograman

Swift

Swift merupakan jenis bahasa pemrograman open source yang dikembangkan oleh Apple Inc. Pertama kali diumumkan oleh Apple pada tahun 2014, Swift adalah bahasa pemrograman yang relatif baru yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan macOS. Swift sangat dipengaruhi oleh Python dan Ruby dan dirancang untuk ramah-pemula dan menyenangkan untuk digunakan. Swift dianggap lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah dibaca.

Ruby

Ruby adalah bahasa skrip lain yang biasa digunakan untuk pengembangan web. Ruby sering digunakan para pemula karena penggunaanya yang mudah. Ruby memiliki bahasa yang diketik secara dinamis, tidak memiliki aturan keras dan merupakan bahasa tingkat tinggi yang mirip dengan bahasa Inggris. Twitter, Airbnb, Bloomberg, Shopify, dan banyak startup lain semuanya telah membangun situs web mereka menggunakan Ruby on Rails di beberapa titik.

6 dari 6 halaman

SQL

SQL

SQL merupakan satu dari jenis-jenis bahasa pemrograman yang populer digunakan. SQL adalah singkatan dari Structured Query Language, adalah bahasa pemrograman untuk mengoperasikan basis data. Bahasa pemrograman ini bisa menyimpan, memanipulasi dan mengambil data yang disimpan dalam database relasional. SQL menjaga data tetap akurat dan aman, dan juga membantu menjaga integritas basis data. SQL digunakan saat ini di seluruh kerangka kerja web dan aplikasi database.

Go

Go merupakan salah bahasa inti yang disukai oleh Google. ebagai bahasa tingkat rendah, Go sangat ideal untuk insinyur yang ingin memasuki bidang pemrograman sistem. Ini mencakup banyak fungsi yang sama dari C dan C ++ tanpa sintaks yang sulit dan kurva belajar yang curam. Sebagai bahasa yang dikompilasi, Go menjalankan "close to the metal," memungkinkan runtime yang sangat cepat.