Sukses

7 Peradaban Kuno yang Jarang Diketahui, Ada yang Berusia Hampir 10.000 Tahun

Beberapa peradaban kuno ini jarang terdengar dan diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah tentang peradaban kuno memang selalu menimbulkan rasa penasaran. Menelaah tentang sejarah munculnya sebuah peradaban kuno memang kerap menarik perhatian. Sebuah peradaban kuno yang terletak di beberapa negara ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke beberapa negara tersebut. 

Beberapa peradaban kuno di dunia tentunya sudah sangat dikenal, bahkan sejarahnya sudah dikenal hampir oleh seluruh masyarakat dunia. Namun tak semua peradaban kuno dikenal dan kerap mencuat ke publik. Beberapa peradaban ini jarang terdengar dan diketahui.

Tentunya banyak fakta yang menjelaskan tentang sejarah kemunculan suatu peradaban kuno. Bukti-bukti yang ditemukan oleh para peneliti terkadang sudah cukup menjelaskan tentang kemunculan suatu peradaban. Peradaban Kush merupakan salah satu peradaban yang jarang diketahui oleh masyarakat. Kush merupakan salah satu sejarah peradaban pertama yang berkembang di lembah sungai Nil. 

Kush merupakan peradaban timur Afrika. Bangsa Kush meninggalkan jejak mereka dalam berbagai aspek dunia kuno. Warisan mereka masih dapat dilihat di berbagai situs arkeologi di Sudan. Selain peradaban Kush, terdapat beberapa peradaban kuno lainnya yang jarang didengar bahkan diketahui oleh masyarakat.

Penasaran apa saja peradaban kuno yang jarang diketahui? Berikut Liputan6.com merangkum dari Brain Berries pada Rabu, (10/6/2020) tentang 7 peradaban kuno yang jarang diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Peradaban Kush

Kush merupakan peradaban timur laut Afrika yang hampir berusia 10.000 tahun. Sejarah tentang Peradaban Kush ini jarang diketahui bahkan didengar oleh penduduk bumi. Tak banyak yang tahu tentang sejarah kemunculan peradaban ini. Kehidupan pada zaman peradaban ini pun tak banyak yang mencuat ke permukaan.

Afrika sendiri merupakan benua terbesar kedua di dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Banyak hal yang menarik dan tidak asing dari benua Afrika. Sungai Nil, Gurun Sahara, dan Gunung Kilimanjaro merupakan beberapa ikon istimewa dari benua yang 800 juta penduduk di 54 negara.

3 dari 8 halaman

2. Peradaban Tuwana

Tuwana merupakan peradaban kuno selanjutnya yang jarang diketahui oleh penduduk bumi. Tuwana Tuwana adalah negara yang sangat kecil yang terletak di Turki. Kehadiran peradaban Tuwana ini berfungsi sebagai jembatan perdagangan antara peradaban barat dan timur pada waktu itu.

Turki merupakan salah satu negara di Asia yang selalu berhasil menarik perhatian dengan keindahannya. Tak sedikit penduduk dari berbagai negara yang ingin datang mengunjungi negara yang identik dengan Kota Istanbul ini.  Budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua peradaban.

4 dari 8 halaman

3. Peradaban Silla

Silla merupakan peradaban kuno yang terletak di Korea. Peradaban Korea ini berlangsung selama hampir satu milenium dan bangkit sekitar setengah abad sebelum Yesus melakukannya. Ada bukti yang menunjukkan bahwa peradaban ini cukup kaya, dengan banyak perhiasan dan barang-barang mewah ditemukan.

Namun, peradaban ini kini jarang terdengar seiring dengan perkembangan globalisasi yang semakin pesat. Kehadiran globalisasi kerap merubah dan menghasilkan suatu hal yang berbeda.

5 dari 8 halaman

4. Peradaban Yuezhi

Yuezhi merupakan salah satu peradaban kuno yang jarang diketahui. Peradaban ini memiliki umur yang cukup pendek yakni sekitar 130 SM hingga 450 Masehi. Masyrakat yang hidup pada peradaban ini hidup nomaden di alam, dan sebagian besarnya menetap di sekitar bagian barat laut China.

China merupakan salah negara di Asia yang memiliki ragam sejarah unik. Selain sejarahnya, keindahan dan budaya yang identik dpada negara tersebut selalu menimbulkan rasa penasaran. China adalah salah satu negara yang besar dan memiliki kemampuan dalam segala aspek.

6 dari 8 halaman

5. Peradaban Aksum

Peradaban ini berasal dari bagian utara Ethiopia. Peradaban Aksum pernah mengalami dampak ekonomi pada abad ketiga hingga keenam. Tetapi pada akhirnya digulingkan oleh orang-orang Arab dan Persia.

Etiopia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika. Etiopia mempunyai salah satu sejarah terlengkap sebagai negara merdeka di benua tersebut. Merupakan negara tertua di dunia, kawasan Etiopia juga merupakan salah satu tempat peradaban yang terawal di dunia.

7 dari 8 halaman

6. Kerajaan Maurya

Kerajaan Maurya muncul pada abad 320 SM di India Kuno. Kerajaan Maurya merupakan kekaisaran pertama yang menjangkau seluruh dunia. Namun pada abad 185 SM kerajaan ini dihancurkan ketika orang-orang Yunani menyerbu dan mengambil alih India.

Peradaban India Kuno adalah peradaban yang terdapat di Lembah Sungai Indus. Peradaban India Kuno berkembang di Kota Mohenjo-Daro dan Harappa.

8 dari 8 halaman

7. Peradaban Mittani

Peradaban kuno ini cukup berpengaruh sekitar 3500 tahun yang lalu. Bangsa Asyur telah menghancurkan hampir semua bukti bahwa Mittani merupakan peradaban yang pernah ada. Bangsa Asyur bersekutu erat dengan Mesir pada zaman itu.

Mitanni adalah nama penduduk Hurri di Asia Barat pada milenium kedua SM, di sekitar sungai Khabur, di Mesopotamia bagian atas, dan terutama juga nama sebuah dinasti yang berkuasa atas penduduk ini yang memiliki asal usul Indo-Arya pada abad ke-15 SM dan abad ke-14 SM. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.