Sukses

Macam-Macam Diet Sehat yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Macam-macam diet yang ampuh menurunkan berat badan bisa kamu terapkan sesuai anjuran.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam diet bisa dijadikan pilihan untuk ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak semua diet dapat memberikan manfaat penurunan badan yang stabil dan tetap menjaga kesehatan. Kamu perlu memilih jenis diet yang sehat dan tepat untuk tubuhmu.

Beberapa jenis diet mungkin dapat memengaruhi perubahan berat badan, tapi berdampak kepada menurunnya kondisi kesehatan akibat penurunan berat badan drastis. Karena itulah, pemilihan jenis diet yang tepat sangat penting dilakukan.

Macam-macam diet yang ampuh menurunkan berat badan bisa kamu terapkan sesuai anjuran. Jenis diet yang baik tentunya yang tidak hanya menurunkan berat badan, namun juga dapat dijadikan pola makan sehari-hari yang sehat dan nyaman untuk diikuti.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang macam-macam diet dari berbagai sumber, Rabu (10/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Diet Sehat

Diet Paleo

Macam-macam diet yang pertama adalah diet paleo yang dikenal juga dengan the caveman diet atau diet manusia gua. Diet Paleo ini mengharuskan kamu untuk mengonsumsi makanan yang dulunya dikonsumsi oleh manusia purba seperti daging-dagingan dan makanan yang berasal dari tanaman (sayur dan buah).

Hal ini berkaitan dengan tubuh manusia yang diprogram hanya untuk mencerna jenis makanan tersebut. Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti daging, seafood, ikan, telur, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Lebih disarankan juga mengonsumsi sayur dan buah organik, ikan yang ditangkap di alam liar (bukan hasil tambak atau kolam) dan daging dari hewan yang dibiarkan tumbuh sewajarnya (tidak diberi pakan khusus untuk mempercepat pertumbuhan).

Diet Paleo sebagai macam-macam diet yang cukup terkenal ini tidak tidak menganjurkan konsumsi garam dan makanan olahan yang tinggi garam, sehingga menurunkan risiko hipertensi. Selain itu, konsumsi daging rendah lemak, banyak sayur dan buah dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus menurunkan risiko diabetes. Jenis makanan yang didominasi sayur dan buah dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Diet Alkali

Macam-macam diet berikutnya adalah diet alkali. Diet yang bertujuan untuk menjaga pH tubuh Anda agar tetap basa atau alkali ini menyarankan kamu untuk mengonsumsi makanan di mana 70% bersifat basa dan 30% nya bersifat asam. Hal ini untuk menjaga kisaran pH darah pada kisaran 7,35-7,45 agar sel-sel tubuh bekerja dengan maksimal dalam pH yang agak sedikit basa.

Makanan yang menghasilkan sifat basa dalam tubuh adalah yang mengandung banyak mineral seperti sayur, buah, kacang, kentang. Sementara jenis makanan yang menciptakan kondisi asam dalam tubuh adalah makanan yang mengandung banyak protein dan fosfor seperti daging merah, daging unggas, ikan, makanan olahan, susu dan olahannya, nasi, serta roti.

Walaupun macam-macam diet ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, diet alkali ini menyarankan untuk mengonsumsi sayur, buah, dan kacang-kacangan. Ini dapat memberi efek positif bagi kesehatan terlepas dari sifat asam atau basa yang dihasilkan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Diet Sehat

Diet Golongan Darah

Macam-macam diet berikutnya adalah diet golongan darah. Diet ini sesuai namanya, menyarankan kamu berolahraga dan mengonsumsi makanan sesuai golongan darah. Kamu tinggal mengikuti berbagai saran makanan dan olahraga sesuai dengan golongan darah.

Untuk golongan darah O, makanan yang cocok adalah makanan jaman purba seperti daging rendah lemak, daging unggas, dan ikan. Hindari makanan yang berasal dari biji-bijian (padi, gandum, dan olahannya). Selain itu, tipe olahraga yang sesuai adalah olahraga dengan intensitas sedang cenderung berat.

Golongan darah A lebih mengarah kepada jenis diet vegetarian seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Aktivitas fisik yang disarankan adalah yang intensitasnya rendah.

Golongan darah B memiliki sistem pencernaan yang lebih toleran sehingga dapat memasukkan produk daging dan susu beserta olahannya ke dalam menu makan sehari-hari, tetapi disarankan untuk menghindari gandum, jagung, dan kacang-kacangan. Tipe olahraga yang disarankan adalah olahraga intensitas sedang.

Golongan darah AB memiliki pencernaan yang sensitif, disarankan untuk menghindari daging. Tipe olahraga yang disarankan adalah olahraga yang menenangkan seperti yoga.

Diet Mediterania

Sesuai namanya, macam-macam diet ini berasal dari negara-negara yang berada di sekitar laut mediterania. Diet ini menyarankan konsumsi makanan yang didominasi oleh sayuran, buah-buahan, kacang-kacang, gandum utuh, dan minyak zaitun. Hal inilah yang menyebabkan diet ini terkenal dengan manfaat kesehatannya.

Diet mediterania menyarankan kebiasaan makan rendah lemak, rendah kolesterol, dan tinggi serat. Makanan dalam diet mediterania bukanlah makanan yang mengalami banyak proses (seperti makanan olahan), menyiapkannya juga cukup mudah karena jarang sekali harus digoreng.

Diet mediterania termasuk jenis diet yang paling banyak diteliti manfaatnya bagi kesehatan. Mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker termasuk manfaat kesehatan dari diet mediterania.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Diet Sehat

Diet Mayo

Macam-macam diet selanjutnya adalah diet mayo. Diet mayo ini menyarankan kamu untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Kamu yang mengikuti diet mayo akan diminta untuk mematuhi aturan dan larangan yang ada selama 13 hari. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan hingga 7 kg selama siklus 13 hari tersebut.

Biasanya jenis menu yang disajikan pada diet mayo ini diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Tidak ada nasi, menu didominasi oleh sayur dan sumber protein. Tentunya makanan tersebut juga diolah tanpa garam.

Diet Keto

Diet keto atau ketogenik adalah macam-macam diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Beberapa studi yang mendukung metode ini mengatakan diet ketogenik dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun tetap meningkatkan energi. 

Diet Intermittent Fasting

Macam-macam diet berikutnya yang juga terkenal adalat diet intermittent fasting atau lebih dikenal dengan OCD. Diet ini cukup mudah dilakukan, karena berbeda dengan diet-diet yang sebelumnya, diet ini bisa dilakukan dengan makan makanan apapun, dengan catatan hanya bisa makan pada jendela makan yang diatur berdasarkan program OCD ini. 

Itulah macam-macam diet sehat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih aman, sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi tentang diet yang akan kamu jalankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.