Sukses

8 Jenis Bunga Anthurium, Salah Satunya Gelombang Cinta

Jenis bunga Anthurium sempat tren beberapa tahun lalu, dan kini tren tersebut mulai berkembang kembali.

Liputan6.com, Jakarta Jenis bunga anthurium jika Anda masih ingat, sempat populer sekitar tahun 2006-2008. Akan tetapi puncak dari popularitas jenis bunga Anthurium ini sebenarnya mencapai puncaknya pada tahun 2007. Bahkan, ketika itu jenis bunga Anthurium dihargai sangat mahal, hingga membuat para pecinta Anthurium rela menjual mobil. Sebab, harga Anthurium seukuran ibu jari saja bisa mencapai Rp 350.000 saat itu.

Maka tidak heran, ketika tren jenis bunga Anthurium tersebut merebak ke seantero negeri, banyak para ‘penggila’ jenis bunga Anthurium yang sampai memasang berbagai alarm dan alat pengamanan tambahan, agar berbagai jenis bunga Anthurium mereka tidak dicuri orang. Bahkan, mereka tidak segan menyertakan anjing penjaga hingga tenaga manusia untuk melindungi bunga-bunga tersebut.

Jenis bunga Anthurium sendiri merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Araceae. Yang menarik dari jenis bunga Anthurium, sebenarnya berasal dari keindahan daunnya. Jenis bunga Anthurium ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias lainnya seperti Aglaonema, Philodendron, keladi hias, dan Alokasia. Dalam keluarga Araceae, Anthurium adalah genus dengan jenis terbanyak, sekitar 1000 jenis.

Pada tahun 2020 ini, beberapa tren lama mulai kembali menjamur, salah satunya tren sepeda. Hal ini wajar saja, layaknya fashion yang siklusnya selalu berputar dan akan hilanag kembali seiring rasa bosan yang menjadi sifat wajar manusia. Begitupun tren bercocok tanam yang mulai menjamur kembali dan banyak penjual tanaman hias mulai kebanjiran order berbagai jenis tanaman hias yang mereka jual.

Tidak luput dari tren tersebut, jenis bunga Anthurium kembali menjadi pembicaraan dikalangan penjual tanaman dan para ibu rumah tangga. Berlahan tapi pasti, harga dari jenis bunga Anthurium ini mulai naik dan bisa diperkirakan dalam 3-5 bulan mendatang harganya akan kembali meningkat tajam. Tapi, turunnya tren jenis bunga Anthurium tahun 2006-2008 lalu harusnya bisa menjadi pelajaran.

Memang sah-sah saja jika mengikuti tren saat ini, namun akan lebih bijak jika berhati-hati terutama jika tren tersebut membutuhkan dana besar, mengingat ketidakpastian ekonomi akibat pandemi corona covid-19. Dan, jika Anda sedang mengikuti tren bercocok tanam bunga Anthurium, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja jenis bunga Anthurium tersebut, Kamis (11/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anthurium Gelombang Cinta dan Andraeanum

1. Anthurium Gelombang Cinta

Mulai dari jenis bunga Anthurium yang paling populer di kalangan masyarakat, yaitu jenis Anthurium gelombang cinta. Jenis gelombang cinta merupakan Anthurium yang kala itu paling banyak dipelihara oleh berbagai masyarakat dibandingkan jenis lainnya. Anthurium gelombang cinta ini memiliki daun yang berbentuk lebar, bergelombang, serta memiliki bentuk urat yang menonjol. Itulah mengapa bunga ini dinamakan gelombang cinta.

 

2. Anthurium Andraeanum

Selanjutnya ada jenis Anthurium Andraeanum. Jenis Anthurium ini merupakan spesies tanaman berbunga dalam keluarga Araceae yang asli dari Kolombia dan Ekuador. Anthurium Andraeanum memiliki nama umum yaitu tailflower, bunga flamingo, atau laceleaf. Jenis Anthurium Andraeanum adalah salah satu tanaman yang terdaftar di NASA Clean Air Study, dimana jenis bunga Anthurium ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan formaldehida, xylene, toluene, serta amonia yang ada di udara.

3 dari 5 halaman

Anthurium Crystallinum dan Superbum

3. Anthurium Crystallinum

Anthurium Crystallinum termasuk dalam jenis Anthurium berbunga dalam keluarga Araceae. Jenis Anthurium ini merupakan tanaman asli hutan hujan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Anthurium Crystallinum mampu tumbuh hingga ukuran sekitar 90cm. Secara fisik Anthurium Crystallinum memiliki bentuk daun oval dengan urat putih yang menojol serta memiliki bunga dengan warna spathes hijau dan hijau pucat. Yang menarik, jenis Anthurium Crystallinum ini mampu tumbuh pada suhu minimal 16 °C. Anthurium Crystallinum sendiri pernah memperoleh penghargaan Royal Horticultural Society Garden Merit, di Inggris.

 

4. Anthurium Superbum

Anthurium Superbum memiliki habitat asli di daerah hutan dataran rendah yang memiliki suhu lembab seperti di daerah tropis dan subtropis. Akan tetapi, jenis ini sudah sangat jarang ditemui di habitat asalnya, karena banyaknya yang mengambil jenis Anthurium Superbum ini untuk dibudidayakan atau untuk dijual kembali.

4 dari 5 halaman

Anthurium Keris dan Hookeri

5. Anthurium Keris

Jenis Anthurium Keris memiliki bentuk daun yang memanjang dan bergelombang. Bentuk tersebut yang menjadikan jenis bunga ini dinamakan Anthurium Keris. Uniknya, semakin kecil ukuran dari lebar daun justru dianggap memiliki kualitas serta harga yang justru lebih mahal. Anthurium Keris memiliki beberapa jenis yaitu Anthurium Keris Hitam, Keris Merah, serta Keris Tangkai Merah.

 

6. Anthurium Hookeri

Ciri khas dari jenis Anthurium Hookeri yaitu bentuk daunnya lebih tipis dibandingkan jenis Anthurium lainya. Bentuk dari Anthurium Hookeri ini memiliki bunga lebar dan tinggi sehingga akan memiliki kesan tinggi dan gagah.

5 dari 5 halaman

Anthurium Corong dan Jenmani

7. Anthurium Corong

Bentuk dari jenis Anthurium Corong layaknya nama yang disematkan. Memang, jenis Anthurium ini sangat mudah dikenal, karena memang memiliki bentuk daun yang sangat berbeda dibanding bentuk lainnya. Bentuk daun dari jenis Anthurium ini memanjang dan mengerucut layaknya corong.

 

8. Anthurium Jenmanii

Jenis bunga Anthurium yang terakhir ini merupakan jenis bunga Anthurium yang juga menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia. Anthurium Jenmanii adalah spesies dari keluarga Aracea yang memiliki ciri memiliki daun tebal, terlihat kokoh dan kompak. Akan tetapi jenis Anthurium Jenmanii memiliki waktu pertumbuhan daun yang lambat.

Dari berbagai jenis bunga Anthurium di atas, untuk saat ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, mengingat trennya masih belum terlalu meningkat. Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda mulai dari sekarang berburu jenis bunga Anthurium tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.