Sukses

8 Makanan yang Ampuh Mengatasi Badan Lemas, Jaga Stamina

Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas bisa menjaga tubuh tetap bertenaga.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas bisa menjadi pilihan utama yang sehat. Hal ini tentunya lebih baik daripada kamu mengonsumsi berbagai minuman berenergi, minuman berkafein, ataupun makan energy bar.

Penyebab badan lemas salah satunya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji dan berpengawet. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk makan makanan segar yang lebih sehat, agar terhindar dari badan lemas.

Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas bisa menjaga tubuh tetap bertenaga. Biasanya, badan lemas ini terjadi karena konsumsi makanan tertentu, waktu tidur, hingga gangguan kesehatan tertentu. Jadi, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga badan agar tidak lemas setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/6/2020) tentang makanan yang ampuh mengatasi badan lemas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Biji Chia dan Pisang

Biji Chia

Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas salah satunya adalah biji chia. Hal ini karena biji chia memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi tubuh. Efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi biji chia berbeda dari karbohidrat atau sumber gula lainnya.

Konsumsi biji chia tidak menyebabkan adanya sugar crash, atau timbulnya efek lemas layaknya setelah makan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi. Biji chia juga mampu menyerap air hingga 10 kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan, yang sangat berpengaruh terhadap stamina tubuh.

Pisang

Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan bahwa pisang dapat menghasilkan energi yang setara dengan minuman energi. Selain itu, makanan yang ampuh mengatasi badan lemas ini tentunya lebih aman dan alami.

Pisang kaya akan potasium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina dan menangkal badan lemas. Pisang dapat menjadi pilihan yang mudah dan lezat sebagai salah satu sumber energi untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.

3 dari 5 halaman

Quinoa dan Pepaya

Quinoa

Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas selanjutnya adalah quinoa. Quinoa kaya akan protein, serat, dan zat besi sehingga dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk menangkal badan lemas.

Kamu dapat mengolah quinoa menjadi makanan asin atau makanan manis serupa dessert seperti puding dan muffin. Kamu juga dapat mengombinasikan quinoa dengan makanan sehat lainnya, seperti ikan roa atau menjadikannya sebagai pengganti nasi.

Pepaya

Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas selanjutnya adalah pepaya. Pepaya mengandung vitamin, kalium, folat, likopen, asam amino, dan serat. Tidak hanya baik untuk kesehatan saluran pencernaan, buah ini ternyata juga bisa bantu mengatasi badan lemas berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Gandum Utuh dan Bayam

Gandum Utuh

Selain itu, kamu bisa mengganti sumber karbohidrat kompleks seperti nasi dengan gandum utuh atau whole wheat. Hal ini karena gandum utuh merupakan salah satu makanan yang ampuh mengatasi badan lemas. Dengan begitu, kamu bisa terhindari dari rasa lemas setelah makan.

Selain memberikan pasokan energi, konsumsi gandum utuh juga dapat menyehatkan saluran cerna karena kandungan seratnya yang tinggi. Gandum utuh dapat ditemukan pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan label kemasan supaya tidak keliru dengan produk gandum lainnya.

Bayam

Makanan yang ampuh mengatasi badan lemas berikutnya adalah bayam. Bayam mengandung banyak gizi penghasil energi, karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Konsumsi bayam dan sayuran lain seperti wortel atau brokoli jumlah cukup secara rutin disebut mampu mencegah terjadinya badan lemas.

5 dari 5 halaman

Oatmeal dan Daging Merah Tanpa Lemak

Oatmeal

Masih seputar produk gandum, kamu juga bisa mengonsumsi oatmeal sebagai makanan yang ampuh mengatasi badan lemas. Lebih dikenal sebagai menu sarapan, oatmeal sudah banyak dikonsumsi dalam berbagai cara, termasuk sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama lauk-pauk pada umumnya.

Oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga tubuh tetap berenergi. Oatmeal juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya aman untuk kamu yang memiliki penyakit metabolik seperti diabetes.

Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein yang baik. Protein itu merupakan zat gizi yang bisa bantu meningkatkan kekuatan otot tubuh. Dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam jumlah cukup secara rutin dan teratur, badan lemas sangat mungkin untuk dihindari.

Itulah beberapa makanan yang ampuh mengatasi badan lemas dan juga menyehatkan tubuh. Selalu jaga stamina setiap haru agar tubuh senantiasa sehat, dan aktivitas tetap lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini