Sukses

18 Macam-Macam OS Android dari Awal Kemunculan hingga yang Terbaru

Tiap tahunnya Android selalu memperbarui OS.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam OS Android terus diperbarui seiring berjalannya waktu. Android menjadi sistem operasi yang banyak digunakan penggguna smartphone di dunia. Kehadiran Android bahkan mampu menggeser popularitas sistem operasi Symbian dan Blackberry.

Tiap tahunnya Android selalu memperbarui sistem operasi atau OS-nya. Hingga 2020, Android sudah mengeluarkan 18 sistem operasi. Macam-macam OS Android merupakan bentuk pembaruan fitur-fitur yang dimiliki oleh Android.

Macam-macam OS Android ini sangat populer pada masanya. Sejak awal kemunculannya Android menamai macam-macam OS Android dengan nama dessert atau makanan penutup.

Macam-macam OS Android memiliki fitur yang terus diperbarui tiap serinya. Macam-macam OS Android selalu disambut antusias oleh para pengguna setianya. Berikut 18 macam-macam OS Android, dirangkum Liputan6.com dari berbagia sumber, Jumat (12/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-macam OS Android

Android 1.0 Apple Pie

Macam-macam OS Android yang paling pertama dinamai Apple Pie atau juga disebut Android Alpha. Apple Pie pertama kali diperkenalkan pada 23 September 2008. Fitur yang dimiliki pada Android ini ialah play store, web browser, kamera, sinkronisasi antara Gmail, kontak dan juga Google Agenda. Android Apple Pie juga sudah dilengkapi fitur Maps dan YouTube. Terdapat dua versi Apple Pie yaitu yang dirilis oleh Google dan juga OHA.

Android 1.1 Banana Bread

Setelah Apple Pie, munculah Android Banana Bread pada Februari 2009. Android Banana Bread atau yang juga disebut Android Beta memiliki fitur yang tak jauh beda dari Apple Pie. Android Banana Bread mulai bisa digunakan pada smartphone HTC.

Android 1.5 Cup Cake

Android Cup Cake merupakan versi Android ketiga yang dikembangkan oleh Google. Android ini dirilis mulai April 2009 dan menjadi sistem operasi yang mulai dilirik oleh pengguna ponsel. Android 1.5 menyertakan fitur-fitur baru seperti keyboard di layar dan dukungan Bluetooth serta peningkatan fitur yang ada seperti perubahan UI untuk manajemen aplikasi dan beberapa aplikasi Google.

3 dari 7 halaman

Macam-macam OS Android

Android 1.6 Donut

Android Donut dirilis pada September 2009. Jenis Android ini pun mulai bisa memperbaiki masalah atau bug. Selain itu, pada jenis Android Donut ini memiliki fitur tambahan berupa fitur navigasi Turn by Turn.

Android 2.0 - 2.1 Eclair

Pada Oktober 2009, Android kembali merilis OS terbarunya yang diberi nama Eclair. Versi Android Eclair merupakan awal dari diterapkannya aplikasi Bluetooth 2.1 pada Android. Tak berselang lama, versi 2.0 pun di update ke versi 2.1 yang tentu saja memiliki fitur tambahan lain. Fitur tambahan pada versi ini ialah Multi Touch, Live Wallpaper serta flash kamera.

Android 2.2 Froyo

Setelah Eclair, Android kemudian merilis Android Frozen Yogurt atau Froyo. Android Froyo versi 2.2 ini mulai dirilis pada bulan Mei 2010. OS Android ini merupakan pembaruan fitur dari versi sebelumnya. Di Android Froyo, pada Google Chrome di Android terdapat tambahan Script Chrome. Fitur ini berguna untuk menambah kecepatan kinerja pada Google Chrome.

4 dari 7 halaman

Macam-macam OS Android

Android 2.3 Gingerbread

Masih ditahun 2010, pada bulan Desember, Google kembali merilis Android dengan nama Gingerbread. Pada Android versi 2.3 ini mulai disematkan fitur NFC, internet calling dan juga download manager. 

Android 3.0 - 3.2 Honeycomb

Android Honeycomb ini resmi dirilis pada Februari 2011. Selain itu, jenis Android ini mulai banyak digunakan pada perangkat tablet. Android Honeycomb memang dirancang untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, terutama tablet.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android Ice Cream Sandwich merupakan jenis Android yang mulai populer di kalangan pengguna smartphone. Pasalnya, Android Ice Cream Sandwich ini bisa digunakan pada semua jenis platform dan juga smartphone. Selain itu, fitur dari sistem operasi ini pun semakin bertambah dan juga menjadi lebih multitasking.

5 dari 7 halaman

Macam-macam OS Android

Android 4.1.2 Jelly Bean

Jelly Bean merupakan satu dari macam-macam OS Android  yang mulai populer digunakan. Android Jell Bean dirilis pada 27 Juni 2012. Android ini merupakan versi dari Android yang mendapatkan update hingga 2 kali. Untuk versi terbaru dari Android ini pun menggunakan User Interface dan juga menambahkan Google Search sebagai fitur baru mereka.

Android 4.4.2 KitKat

Setelah kehadiran Jelly Bean, penggunaan smartphone ber-OS Android makin menjamur. Google kemudian kembali merilis versi Android terbarunya yang dinamakan KitKat. Android KitKat resmi dirilis pada 2013 lalu dan memiliki banyak pembaharuan pada fitur-fitur yang dimiliki.

Android 5.0 Lollipop

Android Lollipop dirilis pada tahun 2014 dan pertama kali digunakan pada smartphone Google Nexus 6. OS ini memiliki fitur tambahan yang menyempurnakan fitur-fitur terdahulunya. Selain itu, sistem kerja pada Android Lollipop lebih sempurna dari versi Android sebelumnya.

6 dari 7 halaman

Macam-macam OS Android

Android 6.0 Marsmallow

Marsmallow mulai digunakan pada tahu 2015. Android versi 6.0 ini memiliki fitur tambahan support USB Type C. Android Marsmallow juga memulai adanya fitur sensor sidik jari dan juga daya baterai yang meningkat.

Android 7.0 Nougat

Setelah Marsmallow, pada 2016, Google merilis Android Nougat. Beberapa fitur pada Android Nougat ini pun cukup memuaskan, seperti support pada Multi Window.

Android 8.0 Oreo

Android Oreo dirilis pada Agustus 2017 dengan fitur-fitur yang makin canggih. Android Oreo lebih mengutamakan pada kecepatan dan juga efisiensi. Bahkan kecepatan Boot pun mencapai 2 kali lipat. Selain itu baterai pada sistem Android ini lebih tahan lama.

7 dari 7 halaman

Macam-macam OS Android

Android 9.0 Pie

Pada Oktober 2018, Google merilis Android Pie yang memiliki desain dan fitur yang berbeda dari versi sebelumnya. Salah satu fitur menarik dari Android Pie ini ialah App Actions. Fitur ini membuat Android bisa memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh penggunanya.

Android 10

Mulai pada Android 10, Google tidak lagi menyematkan nama makanan pada julukan Androidnya. Menurut pihak Android, pemakaian nama dessert untuk Android ternyata tidak selalu dimengerti oleh masyarakat global. Android 10 dirilis pada September 2019. Android 10 inilah yang kini banyak digunakan pengguna smartphone Android di seluruh dunia.

Android 11

 Macam-macam OS Android yang paling terbaru adalah Android 11. Android 11 mulai dikembangkan pada 2020. Versi previewnya mulai dirilis pada awal Juni 2020. Sebelumnya Google juga berencana untuk merilis Android 11 versi beta untuk publik pada awal minggu Juni 2020. Namun gara-gara aksi protes yang meluas di Amerika Serikat, Google menundanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.