Sukses

6 Cara Perawatan Wajah di Akhir Pekan dengan Bahan Alami

Lakukan perawatan wajah di akhir pekan untuk kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan memang saat yang tepat untuk bersantai. Menonton film, mendengarkan musik, atau jalan-jalan misalnya. Hal menyenangkan harus dilakukan agar pikiran kembali rileks dan segar. Selain hal-hal menyenangkan itu, lakukan juga perawatan wajah di akhir pekan dengan bahan alami.

Perawatan wajah di akhir pekan sangat dibutuhkan agar kulit tetap cantik, sehat, dan menawan. Apalagi perawatannya menggunakan bahan alami, sudah pasti aman. Seperti lemon, madu, putih telur, oatmeal, pisang, yoghurt, daun teh hijau, dan tomat. Bahan-bahan inilah yang nantinya dijadikan masker untuk perawatan wajah di akhir pekan.

Cara perawatan wajah di akhir pekan dengan bahan alami yang dijadikan masker sangat mudah dilakukan. Perawatan wajah ini juga tidak memerlukan waktu cukup lama. Hasilnya, tidak akan mengecewakan. Sebab, terdapat banyak sekali kandungan nutrisi dari bahan-bahan alami untuk perawatan wajah yang dijadikan masker ini.

Berikut Liputan6.com ulas cara perawatan wajah di akhir pekan dengan bahan alami dari berbagai sumber, Jumat (12/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Masker Oatmeal dan Yoghurt

Masker oatmeal dan yoghurt ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang berjerawat. Kombinasi keduanya dapat membantu meremajakan dan membersihkan pori-pori kulit wajah secara mendalam. Yoghurt juga memiliki efek pemutih dan kandungan zinc tinggi. Membuat segala jenis bintik hitam dan bekas luka wajah dapat tersamarkan. Bahkan sifat asam laktatnya akan membuat kulit terasa halus, lembut, dan cerah.

Cara Membuat dan Menerapkan: 

1. Campurkan dua sendok oatmeal dan satu sendok yoghurt.

2. Oleskan pada wajah dengan kondisi kulit wajah sudah bersih dan kering secara merata.

3. Diamkan 10-15 menit sampai kering.

4. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

5. Lakukan perawatan wajah di akhir pekan atau satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

 

3 dari 7 halaman

Masker Oatmeal dan Pisang

Masker oatmeal dan pisang bisa dicoba untuk perawatan wajah di akhir pekan. Kandungan oatmeal dan pisanglah penyebabnya. Oatmeal mengandung zat besi dan beta glukan. Kandungan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah serta avenanthramides untuk antioksidan.

Sedangkan buah pisang mengandung asam buah alami yang dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati. Perpaduan kedua bahan ini akan membuat kulit terasa lebih lembut, bersih, cerah, dan bercahaya secara alami.

 Cara Membuat dan Menerapkan: 

1. Siapkan satu buah pisang dan oatmeal.

2. Haluskan buah pisang sambil memasukkan oatmeal sedikit demi sedikit sampai pisang dan oatmeal tercampur.

3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

4. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah untuk hasil maksimal.

5. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak sekali dalam satu minggu terutama di akhir pekan.

 

4 dari 7 halaman

Masker Lemon dan Madu

Masker lemon dan madu sangat bisa digunakan untuk perawatan wajah di akhir pekan. Hal ini disebabkan karena keduanya dapat melembapkan dan melembutkan kulit secara alami. Kandungan antioksidan, antiperadangan, serta vitamin C dalam lemon dan madu penyebabnya.

Campuran lemon dan madu akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga jerawat dapat teratasi. Antioksidan dalam ramuan masker lemon dan madu juga ampuh mencerahkan kulit sehingga bintik hitam tersamarkan.

Cara Membuat dan Menerapkan: 

1. Potong buah lemon menjadi 2 bagian dan buang bijinya.

2. Gunakan 1/2 bagian lalu balurkan madu satu sendok teh di atas potongan lemon.

3. Usapkan bagian lemon ke wajah dan diamkan selama 5 menit.

4. Jika dirasa sudah meresap, bilas dengan air hangat.

5. Lakukan seminggu 3x untuk hasil yang maksimal terutama di akhir pekan.

5 dari 7 halaman

Green Tea Facial Steam

Perawatan wajah di akhir pekan bisa dengan mengandalkan green tea facial steam. Facial uap atau facial steam ini bisa membantu mengatasi jerawat, komedo, kulit kusam dan kulit berminyak. Hangatnya uap juga bisa membuat kulit lebih kenyal dan lebih mudah mengangkat kotoran wajah. Teh hijau akan berperan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin E dalam teh hijau akan membantu menghaluskan dan mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Cara Membuat dan Menerapkan: 

1. Siapkan air yang mendidih, wadah, dan handuk.

2. Masukkan air yang sudah mendidih ke dalam wadah dan taburkan beberapa helai daun teh hijau.

3. Posisikan wajahmu hingga terkena uap dari air mendidih dan tutup kepala dengan handuk kecil agar lebih terasa uapnya.

4. Tahan posisi ini selama 10-15 menit.

6 dari 7 halaman

Masker Oatmeal dan Tomat

Oatmeal dan tomat bisa dipadukan untuk perawatan wajah di akhir pekan. Oatmeal akan membantu membersihkan wajah, mengelupas sel kulit mati, dan melembabkannya. Sedangkan kandungan vitamin A dalam tomat dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan noda pada wajah. Vitamin B dalam tomat dapat mengurangi keriput, garis halus, dan meningkatkan produksi sel kulit baru. Magnesium dan vitamin C tomat bahkan dapat mencerahkan kulit wajah secara alami.

Cara Membuat dan Menerapkan: 

1. Campurkan 2 sendok makan bubuk oatmeal, ½ tomat halus, dan air secukupnya. Jadikan pasta halus.

2. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher secara merata.

3. Diamkan masker sampai kering pada wajah dan leher.

4. Bilas dan keringkan wajah.

7 dari 7 halaman

Masker Putih Telur dan Madu

Madu dan putih telur bisa digunakan untuk perawatan wajah di akhir pekan. Perpaduan keduanya dapat menyerap kotoran dari pori-pori kulit dan bertindak sebagai agen pembersihlah penyebabnya. Bahkan, madu juga bisa menjadi antiseptik alami yang menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terluka.

Madulah yang akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan memulihkan peradangan dan kemerahan. Sehingga segaja jenis bekas luka di wajah akan tersamarkan. Madu memiliki sifat pengelupas, menerapkannya pada wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga kulit kusam dapat segera diatasi dengan masker ini di akhir pekan.

Cara Membuat dan Menerapkan: 

1. Siapkan 1 butir telur, pisahkan bagian putih dan kuningnya.

2. Ambil bagian putih telur dan campurkan dengan setengah sendok teh madu, kocok hingga menyatu. 

3. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit.

4. Jika sudah kering, bilas dengan air hangat.

5. Lakukan sebanyak 2x dalam minggu seperti di akhir pekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini