Sukses

7 Keunggulan USB Type C, Standar Teknologi di Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta Semakin hari keunggulan USB Type C mulai diakui oleh berbagai produsen teknologi mulai dari ponsel hingga komputer. Selain itu, keunggulan USB Type C ini juga semakin banyak dilirik oleh berbagai lapisan masyarakat yang cukup mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Disadari atau tidak, dengan berbagai keunggulan USB Type C  membuat standar teknologi juga mulai sedikit berubah.

Pengembangan teknologi  terus mengalami perubahan, tentunya berguna untuk lebih memudahkan kegiatan manusia sehari-hari. Salah satunya pembaruan dan pengembangan USB Type C ini. Berbeda dengan jenis pendahulunya, yaitu USB micro keunggulan USB Type C ini lebih banyak salah satunya mampu mengisi daya lebih cepat. 

USB Type C ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Dalam sejarah perkembangan USB Type C, produsen teknologi dari merek Apple dengan produk Macbook, menjadi perangkat pertama yang menggunakan USB Type C. Butuh waktu hampir 3 tahun dari diluncurkannya USB Type C pertama kali, barulah berbagai merek ponsel dan laptop menyematkan jenis USB Type C ini ke dalam produk mereka.

Memang, untuk mengejar perkembangan teknologi, para produsen teknologi harus segera mengikuti apa yang menjadi tren dari teknologi terbarukan tersebut. Dengan berbagai keunggulan USB Type C yang dimiliki, juga cukup meningkatkan harga jual dari sebuah produk. Selain itu, permintaan akan produk baik laptop atau ponsel dengan fitur USB Type C ini juga menjadi sangat tinggi.

Mungkin Anda belum atau bahkan sudah menggunakan jenis USB Type C tersebut. Tapi, taukah Anda jika berbagai keunggulan USB Type C sangat memudahkan aktivitas manusia saat ini. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai keunggulan USB Type C yang bisa didapatkan tersebut dari berbagai sumber, Minggu (14/6/2020).

2 dari 8 halaman

1. Pengisian Daya Lebih Cepat

Keunggulan USB Type C yang pertama yaitu kemampuannya dalam membuat pengisian daya menjadi lebih cepat atau yang disebut sebagai fast charging. USB Type C ini memiliki spesifikasi daya sebesar 100 watt dan di dalamnya terdapat 24 pin kecil. Selain itu, USB Type C ini mampu dialiri arus listrik yang lebih besar dengan daya sebesar 20 volt dan 5 ampere, dimana jenis USB micro hanya mampu dialiri arus listrik yang terbatas yaitu 5 volt dan 1,8 ampere.

Adanya metode fast charging yang dimiliki oleh USB Type C, membuat jenis USB ini semakin diminati pasar teknologi salah satunya smartphone. Bahkan jenis USB Type C ini sudah mulai dikembangkan untuk mengisi daya pada perangkat lain seperti printer.

3 dari 8 halaman

2. Transfer Data Lebih Cepat

Selanjutnya, keunggulan USB Type C yang menjadi faktor besar akan pergeseran standar teknologi di berbagai perangkat adalah kemampuan transfer datanya yang lebih cepat. Bahkan, kemampuan transfer data pada jenis USB Type C ini sebesar 10 Gbps. Tentu kemampuan transfer data ini sangat menarik bagi banyak orang, mengingat penggunaan data dewasa ini semakin memiliki ukuran yang sangat besar, dan dengan transfer data yang lebih cepat tentunya dapat menghemat waktu dalam memindahkan berbagai file.

Beberapa produsen flashdisk bahkan telah mengeluarkan jenis flashdisk yang menggunakan USB Type C. Selain itu, di dunia audio recording, USB Type C ini sudah mulai berangsur digunakan sebagai penghubung antar perangkat. Hal ini dimaksudkan agar data yang digunakan lebih baik dan terhindar dari data hilang.

4 dari 8 halaman

3. Desain Reversible

Salah satu jenis USB Type C selanjutnya karena adanya fitur yang reversible. Maksudnya, jenis USB ini dapat dipasang ke perangkat dengan berbagai posisi, atau gampangnya tidak ada istilah posisi atas atau bawah. Memang, desain tersebut menjadi ciri khas dari USB Type C ini.

5 dari 8 halaman

4. Bersifat Fleksibel

Jenis USB Type C dinobatkan menjadi Universal Serial Bus yang memiliki fitur fleksibel. Maksudnya, USB Type C bisa digunakan untuk banyak hal, tidak hanya untuk transfer data atau mengisi daya, USB Type C ini juga mulai menggantikan jack headphone 3.5 mm. Bahkan, di kemudian hari bukan tidak mungkin jika USB Type C bisa menggantikan fungsi kabel konektor lainnya.

6 dari 8 halaman

5. Ukuran yang Ringkas

Dibandingkan pendahulunya, ukuran konektor pada USB Type C ini sangat kecil. Itulah mengapa USB ini dikatakan lebih unggul dibanding USB tipe lainnya. Selain itu, konektor pada USB Type C ini sangat kompatibel dengan berbagai perangkat, baik ponsel atau komputer.

7 dari 8 halaman

6. Mampu Menampilkan Gambar Resolusi 4K

Keunggulan USB Type C selanjutnya, yaitu mampu menampilkan gambar dengan resolusi 4K. Jadi, dengan satu kabel saja, Anda sudah bisa menampilkan gambar dan nsuara ke perangkat yang lebih besar seperti TV.

8 dari 8 halaman

7. Standar Teknologi Masa Depan

Banyaknya keunggulan USB Type C ini, tentu semakin memperbesar kemungkinan adanya perubahan standar teknologi yang ada di ponsel dan komputer. Atau dengan kata lain, semua jenis perangkat akan mulai memiliki jenis USB Type C, bahkan sudah mulai terlihat mulai dari jenis berbagai perangkat recording audio sudah bergeser ke jenis USB Type C untuk menghubungkan soundcard dengan laptop.

jadi, jangan sampai Anda ketinggalan perkembangan teknologi tersebut. Dan pastikan jika perangkat yang Anda miliki sekarang mulai menggunakan jenis USB Type C, karena dengan berbagai keunggulan USB Type C tersebut dapat memudahkan aktivitas Anda sehari-hari.