Sukses

7 Ponsel 5G yang Patut Menjadi Incaran, Menuju Era Internet yang Lebih Kencang

Jenis ponsel 5G untuk menikmati jaringan internet lebih yang lebih kencang.

Liputan6.com, Jakarta Ponsel 5G semakin hari mulai banyak menjadi incaran masyarakat luas. Hal ini memang wajar saja terjadi, mengingat kemunculan ponsel 5G ini berjalan beriringan dengan semakin dekatnya kemunculan jaringan 5G di Indonesia.

Kemunculan jaringan 5G ini memang menjadi magnet yang cukup besar di era kemajuan teknologi seperti sekarang. Hampir semua orang memilki ponsel dan bisa dikatakan ponsel tersebut lekat dengan kehidupan sehari-hari, bahkan hampir tiap detik seluruh kegiatan bisa dilakukan melalui ponsel. Mulai dari berkomunikasi, bermain game, streaming video, hingga melakukan pekerjaan kantor.

Adanya peralihan dari jaringan 4G ke 5G ini, diyakini akan memperlancar berbagai kendala yang biasa dihadapi ketika mengakses internet. Seperti ‘buffering’ ketika menonton YouTube atau kualitas video call yang buruk. Pasalnya, jaringan 5G diklaim dapat berjalan dalam kecepatan maksimal hingga 10 Gbps, dimana kecepatan ini ratusan kali lebih cepat jika dibandingkan jaringan 4G.

Apakah ponsel Anda siap menerima jenis jaringan 5G? Jangan khawatir, beberapa merek ponsel telah merilis beberapa model yang kompatibel dengan jaringan 5G. Ada ponsel 5G yang berasal dari merek Samsung, Xiaomi, hingga Oppo, dan mungkin dalam beberapa tahun kedepan produsen ponsel pintar lain akan mulai meluncurkan jenis ponsel 5G ini.

Sewajarnya teknologi baru, harga yang ditawarkan biasanya cukup tinggi. Namun, pada beberapa tahun kemudian harganya akan mulai turun. Begitu juga ponsel 5G yang ada saat ini, harganya tergolong masih mahal, namun sebanding dengan performa yang ditawarkan, mengingat pesaing lainnya belum memiliki jenis ponsel 5G ini. Jika Anda berminat dengan ponsel 5G, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya untuk Anda, Minggu (14/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Samsung Galaxy S20 Ultra

Ponsel 5G ini merupakan produk dari pabrikan Samsung. Samsung Galaxy S20 Ultra baru saja dirilis tahun 2020 ini. Dari segi harga jenis ponsel 5G ini dapat dikatakan cukup mahal, jelas saja karena ponsel ini merupakan jenis ponsel flagship dari Samsung, yang memang memiliki berbagai fitur unggulan.

Dilansir dari situs resmi dari Samsung, ponsel 5G ini dibanderol dengan harga Rp 19.749.000. Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 865 dan RAM 12GB yang memang sangat besar jika dibandingkan dengan rival sekelasnya saat ini.

3 dari 8 halaman

2. Lenovo Z6 Pro

Lenovo Z6 Pro ini merupakan flagship dari merek Lenovo. Spek yang ada pada Lenovo Z6 Pro ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Lenovo Z6 Pro dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 855 dan RAM yang memiliki tiga pilihan yaitu 6, 8, dan 12GB.

Layar pada Lenovo Z6 Pro ini sudah didukung dengan teknologi Super AMOLED beresolusi 1080 x 2340 pixels yang menjadikan tampilannya semakin jernih. Ponsel 5G keluaran Lenovo ini dirilis pada tahun 2019 lalu dan saat ini memiliki harga jual sekitar Rp 5-7 jutaan.

4 dari 8 halaman

3. OPPO Reno 5G

Selanjutnya ada OPPO Reno 5G yang merupakan ponsel murah dengan kualitas tidak main-main. Ponsel 5G ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan mampu memaksimalkan pengalaman berselancar di internet, hal tersebut tidak terlepas dari adanya prosesor Snapdragon 855 dan RAM 8GB pada OPPO Reno 5G.

Selain itu, OPPO Reno 5G juga didukung dengan layar bezel-less. Ponsel besutan OPPO ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 8 jutaan. Ponsel ini juga sempat digunakan untuk ujicoba jaringan 5G dari Telkomsel beberapa bulan lalu.

5 dari 8 halaman

4. Vivo X30

Salah satu rival sengit dari OPPO ini juga tidak mau kalah untuk bermain ke dalam ponsel dengan basis jaringan 5G. Akhirnya pada beberapa waktu lalu Vivo meluncurkan seri X30 yang telah menggunakan teknologi 5G tersebut. Vivo X30 ini juga telah dilengkapi dengan chipset Exynos 980 (8 nm) dan juga dilengkapi dengan prosesor Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A77 & 6x1.8 GHz Cortex A55). Tidak heran jika Vivo X30 memiliki kinerja dan performa yang sangat luar biasa.

Di sisi lain, Vivo X30 juga disematkan RAM 8GB, memori internal 128GB, tiga kamera belakang 64 + 32 + 8 MP, kamera selfie 32 MP serta diperkuat dengan baterai dengan kapasitas 4350 mAh yang sudah mampu menggunakan fitur fast charging. Namun sayang, di Indonesia sendiri Vivo belum secara resmi memasarkan produk ini, memang Vivo masih menunggu selesainya infrastruktur 5G di Indonesia. Namun jika Anda tertarik dengan ponsel ini, Anda bisa mendapatkannya di beberapa marketplace dengan harga sekitar 8-10 jutaan.

6 dari 8 halaman

5. Xiaomi Redmi K30 5G

Selanjutnya dari salah satu pabrikan Tiongkok yang cukup menguasai pasar ponsel dunia, yaitu Xiaomi. Ponsel Xiaomi Redmi K30 5G ini sudah resmi diluncurkan Januari 2020 lalu. Jika Anda tertarik untuk memiliki ponsel 5G in I, Anda bisa mendapatkannya di beberapa marketplace dengan harga sekitar Rp 5-7 jutaan.  Xiaomi Redmi K30 5G memiliki spesifikasi yang sangat baik karena terdapat prosesor Snapdragon 765G dan RAM dengan pilihan 6 atau 8GB.

7 dari 8 halaman

6. Xiaomi Mi 10

Masih dari merek Xiaomi, ponsel 5G ini mungkin usianya juga masih cukup baru di pasaran Indonesia. Ponsel ini mampu menerima jenis jaringan 5G berkat penggunaan chipset terbaru keluaran Qualcomm. Tidak sampai disitu saja, Xiaomi Mi 10 juga dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865 yang terintegrasi dengan modem X50. Selain kemampuannya untuk menggunakan jaringan jenis 5G, jenis chipset ini juga mampu dipacu hingga clock speed 2,84 Ghz.

Sedangkan dari sisi fitur, Xiaomi Mi 10 juga telah dilengkapi empat kamera belakang yang pada masing-masingnya memiliki resolusi 108 MP, 13 MP, 2 MP, serta 2 MP. Dan dari bagian kamera selfie, Xiaomi Mi 10 telah menggunakan resolusi kamera sebesar 20 MP. Jika Anda ingin memiliki ponsl 5G ini, pada situs resmi Xiaomi Indonesia membanderol Xiaomi Mi 10 dengan harga Rp 9.900.000.

8 dari 8 halaman

7. Apple iPhone 12

Produk terakhir yang saat ini menjadi perbincangan dunia teknologi yaitu iPhone 12 yang direncanakan akan dirilis dalam waktu dekat pada tahun 2020 ini dan mengusung 4 versi. Memang tidak dapat dipungkiri jika produk baru dari Apple selalu laris di pasaran. Walaupun di Indonesia belum sepenuhnya mendukung jenis jaringan 5G, namun iPhone 12 sudah banyak diincar oleh konsumen setia Apple.

Sukses iPhone 12 ini merupakan lanjutan dari kesuksesan iPhone generasi sebelumnya yaitu iPhone 11 yang laris dipasaran. Apple melalui iPhone 12 ini mempertegas sikap jika kedepannya seluruh iPhone akan mulai menggunakan jenis jaringan 5G.

Berbicara soal harga, untuk pasar Amerika sendiri iPhone 12 standar dibanderol sebesar US$ 650 atau setara dengan Rp 9,2 juta (kurs Rp 14.216 per US$), sedangkan iPhone 12 Max rencananya dibanderol dengan harga US$ 750 atau setara Rp 10,6 juta. Sedangkan dari versi iPhone 12 Pro seharga US$ 1.000 atau Rp 14,2 juta, serta iPhone 12 Max seharga US$ 1.100 atau Rp 15,6 juta.

Tapi ada baiknya Anda memikirkan matang-matang mana jenis ponsel 5G yang akan dipilih, mengingat akan lebih bijak jika disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini