Sukses

8 Penyebab Timbulnya Jerawat di Pipi, Salah Satunya Karena Ponsel

Penyebab timbulnya jerawat di pipi yang diantaranya berasal dari kebiasaan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab timbulnya jerawat di pipi hampir sama dengan penyebab dari jerawat yang biasa timbul di berbagai area wajah lainnya. Sebenarnya, penyebab timbulnya jerawat di pipi bisa karena kebiasaan kurang higienis di kehidupan sehari-hari. Ketika sehari-hari Anda kurang menjaga kebersihan, maka akan meningkatkan risiko yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi.

Selain itu, penyebab timbulnya jerawat di pipi umumnya karena kontak langsung kulit wajah dengan kotoran. Jenis kotoran tersebut beranekan ragam. Terkadang Anda pun juga tidak sadar, merasa berapa barang atau bahkan tangan yang sudah dianggap bersih namun sebenarnya masih kotor.

Beberapa barang yang biasa digunakan juga tak luput menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. Salah satunya ponsel. Lekat dengan kegiatan sehari-hari, bahkan hampir tiap jam digunakan. Tidak menutup kemungkinan di ponsel tersebut terdapat kuman dan kotoran yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. 

Ada baiknya, agar tidak meningkatkan terkena berbagai penyebab timbulnya jerawat di pipi ini, Anda selalu berhati-hati dan menjaga kebersihan serta mengurangi berbagai kebiasaan yang memungkinkan kotoran menempel di pipi. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja penyebab timbulnya jerawat di pipi tersebut yang didapatkan dari berbagai sumber, Minggu (14/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Salah Produk Kecantikan dan Alat Make Up Kotor

1. Salah Produk Kecantikan

Penyebab timbulnya jerawat di pipi ini sering dialami oleh kaum hawa. Kebiasaan kaum hawa dalam melakukan perwatan wajah terkadang tidak dilandasi dengan pengetahuan mengenai kondisi kulit mereka. Bahkan beberapa kasus kesalahan penggunaan produk kecantikan dikarenakan melihat hasil dari produk tersebut terhadap orang lain. Padahal, itu menjadi penyebab yang bisa saja cukup fatal bagi kesehatan wajah.

Selain itu, menggunakan produk make up yang tidak cocok juga menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. Untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat tersebut, maka ada baiknya Anda memilih jenis make up yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit dan pilih produk make up yang mengandung minyak. Biasanya pada beberapa produk yang aman dan mampu mencegah timbulnya jerawat memiliki label 'non-comedogenic' di kemasannya.

 

2. Alat Make Up Kotor

Penyebab timbulnya jerawat di pipi tidak hanya disebabkan oleh salahnya dalam pemilihan produk kecantikan, namun juga bisa karena alat untuk make up yang sudah terlalu kotor. Alat make up yang kotor tentu saja berpotensi menimbulkan jerawat di pipi karena adanya bakteri yang berkembang.

Selain itu, alat make up yang kotor sudah pasti dihinggapi berbagai jenis kuman. Maka dari itu, selalu usahakan rajin dalam membersihkan alat make up, tentunya agar tidak meningkatkan risiko jerawat yang muncul pada pipi.

3 dari 5 halaman

Ponsel dan Sarung Bantal Kotor

3. Ponsel Kotor

Sempat dibahas di awal tadi, jika ponsel yang kotor dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. Maka dari itu, ada baiknya untuk Anda melakukan pembersihan ponsel dengan tisu basah yang memiliki kandungan antiseptik, atau bisa juga menggunakan lap yang sudah diberi alkohol. Selain itu, ketika akan menelepon ada baiknya untuk menggunakan headset agar pipi tidak langsung menempel dengan layar telepon yang rentan dihinggapi bakteri dan kuman.

 

4. Sarung Bantal Kotor

Selain itu, sarung bantal yang kotor juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi yang mungkin jarang disadari. Memang, terkadang mengganti sarung bantal dan sprei hanya dilakukan jika sarung bantal tersebut sudah benar-benar berbau tidak sedap. Namun akan lebih baik jika Anda rajin mengganti sprei dan sarung bantal 1-2 minggu sekali. Tujuannya agar mengurangi kemungkinan adanya kotoran dari debu langit-langit rumah yang membawa kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat di pipi.

4 dari 5 halaman

Stres dan Konsumsi Gula Berlebih

 

5. Stres

Sudah menjadi rahasia umum, jika kondisi stres mampu menyebabkan perubahan hormon. Perubahan hormon tersebut akan berpotensi untuk menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. Maka dari itu, agar jerawat di pipi semakin menurun risiko untuk munculnya, ada baiknya berusaha mengatur stres yang sedang melanda dengan sedikit meditasi.

 

6. Konsumsi Gula Berlebih

Apabila Anda memang gemar mengonsumsi makanan manis dan sadar jika mengalami jerawat di pipi, maka ada baiknya jika Anda kurangi mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi tersebut. Beberapa makanan mengandung gula tinggi tersebut antara lain nasi putih, roti, pasta, minuman bersoda, dan minuman kemasan yang memiliki rasa manis.

Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula akan memicu hormon androgen menjadi lebih aktif. Hal tersebut akan berakibat pada sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan produksi sebum meningkat. Dan ketika hal ini terjadi, maka jerawat di pipi akan lebih rentan untuk muncul. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman manis akan turut memberi dampak negatif terhadap tubuh, salah satunya meningkatnya risiko terkena diabetes.

5 dari 5 halaman

Kebiasaan Tidak Membersihkan Muka dan Menyentuh Pipi

7. Kebiasaan Tidak Membersihkan Muka

 Penyebab timbulnya jerawat di pipi ini sudah pasti bisa terjadi dan mungkin menjadi salah satu penyebab terbesar. Kebiasaan tidak mencucui muka ketika dari luar ruangan akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat di pipi. Hal ini wajar saja, mengingat kondisi luar ruangan yang sarat akan debu dan kotoran baik dari asap kendaraan dan lain sebagainya. Maka dari itu, biasakan untuk membersihkan muka sehabis dari luar ruangan, baik itu ketika sampai kantor atau rumah.

 

8. Kebiasaan Menyentuh Pipi

Kuman yang menempel di ponsel saja sudah berisiko menyebabkan jerawat di pipi, jadi tidak heran jika tangan yang bersentuhan langsung dengan kulit pipi bisa lebih besar risikonya menyebabkan jerawat. Memang yang namanya kebiasaan cukup menantang dan lumayan sulit dirubah, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu, pastinya diiringi dengan niat kuat.

Setelah mengetahui berbagai penyebab timbulnya jerawat di pipi di atas, mungkin Anda akan bertanya efektif atau tidak sebenarnya cara tersebut. Yang perlu diketahui, hasil tidak akan terlihat jika belum dicoba, maka tidak ada salahnya bukan Anda mencobanya terlebih dahulu? Semoga sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini