Sukses

10 Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan, Lebih Tinggi Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Pisang merah merupakan salah satu jenis pisang yang cukup istimewa. Ada lebih dari 1.000 varietas pisang di seluruh dunia. Pisang merah merupakan jenis pisang yang bisa ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Pisang ini memiliki tampilan kulit merah yang khas. Pisang merah memiliki rasa yang lembut dan lebih manis saat matang. Pisang merah sudah jarang ditemui. Pisang ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dari pisang lainnya.

Pisang merah memberikan banyak nutrisi penting dan dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan pencernaan. Pisang merah terutama kaya akan kalium, vitamin C, vitamin B6, antioksidan dan mengandung serat dalam jumlah yang cukup.

Pisang merah lebih kecil dan lebih manis dari pisang kuning. Pisang merah bisa menjadi camilan atau campuran makanan yang sangat sehat. Berikut 10 Manfaat Pisang merah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(15/6/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat pisang merah

Kaya antioksidan

Pisang merah memiliki jumlah antioksidan lebih tinggi daripada pisang kuning. Antioksidan utama dalam pisang merah termasuk karotenoid, anthocyanin, vitamin C, dan dopamin. Antioksidan dalam pisang merah menawarkan manfaat perlindungan terkait risiko penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Bantu kontrol gula darah

Pisang merah cenderung rendah indeks glikemik yang aman untuk penderita diabetes. Indeks glikemik rendah pisang merah juga membantu dalam pelepasan gula yang stabil ke dalam aliran darah. Seratnya yang tinggi juga membantu mengontrol gula darah. Pisang merah juga menghambat aktivitas α-amilase dan α-glukosidase, enzim yang terlibat dalam sintesis glukosa.

3 dari 6 halaman

Manfaat pisang merah

Bantu murnikan darah

Antioksidan dan vitamin dalam pisang merah mampu meningkatkan kualitas darah dan jumlah hemoglobin. Pisang merah mengandung Vitamin B-6 yang membantu dalam pemecahan protein dan pembentukan sel darah merah. Pisang merah juga bisa meningkatkan energi dan kekebalan tubuh.

Bantu kontrol tekanan darah

Pisang merah kaya akan kalium, mineral penting untuk mengatur tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mineral penting lainnya untuk kontrol tekanan darah adalah magnesium. Satu pisang merah kecil menyediakan sekitar 8% dari kebutuhan harian mineral ini.

4 dari 6 halaman

Manfaat pisang merah

Sehatkan mata

Pisang merah mengandung karotenoid yang memberinya warna merah. Karotenoid dikenal manfaatnya bagi kesehatan mata. Lutein dan beta karoten adalah dua karoten dalam pisang merah yang mendukung kesehatan mata. Lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Sementara beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Dukung kekebalan tubuh

Pisang merah kaya akan vitamin C dan B6. Nutrisi ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan kekebalan dengan memperkuat sel-sel sistem kekebalan tubuh mencegah infeksi. Sementara vitamin B6 membantu produksi sel darah putih dan antibodi kekebalan tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat pisang merah

Sehatkan pencernaan

Pisang merah mendukung sistem pencernaan dengan sejumlah cara. Jenis pisang ini mengandung prebiotik yang memberi makan bakteri usus baik. Prebiotik dalam pisang dapat mengurangi kembung, meningkatkan produksi bakteri baik, dan mengurangi sembelit. Pisang merah juga kaya akan serat yang mendukung buang air besar secara teratur dan mengurangi peradangan di usus.

Bantu penurunan berat badan

Pisang merah relatif rendah lemak dan kalori namun sangat tingg serat. Serat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah kenaikan berat badan. Serat juga meningkatkan bakteri usus dan mengurangi peradangan. Ini mengurangi risiko obesitas dan penyakit terkait lainnya, seperti diabetes dan gangguan kardiovaskular.

6 dari 6 halaman

Manfaat pisang merah

Bantu proses berhenti merokok

Pisang merah sangat membantu dalam mengendalikan konsumsi nikotin. Magnesium dan kalium dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi nikotin. Mereka membantu menangani keinginan untuk merokok. Pisang merah memberikan energi dan rasa kepuasan yang membantu mengatasi masalah psikologis akibat berhenti merokok. Mineral ini juga membantu menghilangkan suasana hati dan stres yang merupakan dua faktor risiko utama merokok.

Sehatkan kulit

Pisang merah mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi, seperti vitamin C dan karoten yang membantu memperlambat penuaan. Vitamin C merangsang produksi kolagen, yang merupakan komponen integral dari arsitektur kulit dan rambut. Manfaat pisang merah untuk kulit bisa didapat dengan mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya masker.