Sukses

10 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok, Mudah untuk Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara menghasilkan uang dari TikTok sebenarnya cukup mudah, namun diperlukan kreatifitas dan konsistensi yang cukup tinggi. Pada dasarnya, cara menghasilkan uang dari TikTok ini layaknya menghasilkan uang di platform lain, seperti YouTube, Instagram, atau sosial media lainnya. 

Mengapa cara menghasilkan uang dari TikTok ini dapat dikatakan sama? Karena hampir semua sumber uang tersebut dihasilkan dari ‘traffic’ penonton. Mungkin Anda bisa melihat salah satunya di Instagram, dimana semakin tinggi follower dan orang yang memberi ‘like’ di sebuah postingan maka akan berdampak pada bertambahnya tawaran iklan berbagai produk di akun Instagram tersebut.

Lalu mengapa orang-orang ingin kerja sama? Hal ini berhubungan dengan ‘traffic’ yang sudah disinggung sebelumnya. Traffic sendiri mungkin memiliki arti ‘lalu lintas’, tentu tidak salah, karena saat lalu lintas menuju ke akun sosial media sangat tinggi, maka apapun bentuk postingan yang diunggah sudah pasti akan dilihat dan diperhatikan oleh para netizen, terutama postingan yang memang menghibur.

Contoh lainnya, jika Anda pernah melihat papan iklan di jalan raya, biasanya papan iklan tersebut diletakkan di lokasi yang strategis dan ramai orang yang lalu-lalang, seperti perempatan atau lokasi yang dekat dengan fasilitas publik yang sangat ramai seperti halte bus. Semakin ramai orang yang ada di tempat tersebut, maka semakin tinggi peluang produk “tidak sengaja” dikenal masyarakat.

Trik ini akan menjadi dasar cara menghasilkan uang dari TikTok. Semakin tinggi orang yang suka dan memberi apresiasi postingan TikTok Anda, maka secara bertahap Anda akan mulai dijadikan target untuk pemasaran sebuah produk. Selain iklan, Anda juga bisa menghasilkan uang dari live streaming, dimana sticker gift yang diberikan oleh para penonton bisa diubah menjadi koin rupiah TikTok.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum cara menghasilkan uang dari TikTok dengan meningkatkan traffic akun, yang tentunya mudah dilakukan. Namun, Anda harus ingat jika efektif atau tidaknya cara ini bergantung sejauh mana kreatifitas dan konsistensi untuk selalu mengeluarkan karya menarik melalui TikTok tersebut, Selasa (16/6/2020).

2 dari 6 halaman

Buat Profil yang Unik dan Ikut Challenge yang Viral

1. Buat Profil yang Unik

Cara menghasilkan uang dari TikTok ini merupakan kunci awal yang perlu diperhatikan. Usahakan Anda membangun profil akun yang unik dan berbeda dari profil TikTok lainnya, dan usahakan membuat tema konten di profil Anda yang unik dan mudah diterima masyarakat. Pada beberapa kreator TikTok terkenal Anda bisa melihat jika mereka memiliki ciri khas yang menjadi identitas. Hal ini akan dimaksudkan agar Anda lebih menonjol dari jutaan pengguna TikTok lainnya.

2. Ikut Challenge yang Viral

Biasanya orang-orang akan terbawa arus viral, dan ketika viral maka traffic penonton biasanya akan tinggi. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk ikut membuat konten yang sedang viral tersebut. Tapi jangan lupa, harus tetap unik dan berbeda, ya.

3 dari 6 halaman

Pilih Lagu yang Sesuai dan Pastikan Gerakan Mengikuti Tempo

3. Pilih Lagu yang Sesuai

Salah satu fitur yang membuat TikTok terkenal adalah konten di TikTok akan secara otomatis memiliki lagu yang mengiringi goyangan atau konten yang dibuat. Ketika memilih lagu, akan lebih  baik jika memilih lagu yang sedang viral di kalangan masyarakat.

4. Pastikan Gerakan Mengikuti Tempo

Ketika Anda sudah memilih lagu yang sesuai, maka selanjutnya usahakan gerakan Anda mengikuti tempo dari laguu tersebut. jangan sampai gerakan Anda terlambat atau terlalu cepat, karena akan mengurangi estetika video yang Anda buat.

4 dari 6 halaman

Perhatikan Penampilan dan Sertakan Hewan Peliharaan

5. Perhatikan Penampilan

Terkadang masih banyak yang memandang orang lain dari luarnya terlebih dahulu. Tidak perlu dilawan, ikuti saja kebiasaan tersebut. Anda bisa memanfaatkan ‘judging’ penonton TikTok tersebut dengan berpenampilan menarik. Usahakan Anda sudah berdandan terlebih dahulu agar orang-orang semakin betah menonton video TikTok Anda. Tapi tetap ya jaga etika dalam berpakaian, karena tidak semua penonton TikTok cukup umur.

6. Sertakan Hewan Peliharaan

Percaya atau tidak, hewan peliharaan bisa menarik pengunjung akun TikTok Anda. Misalkan Anda memilki kucing yang lucu dan menggemaskan, maka coba sertakan kucing Anda di setiap video TikTok yang Anda buat.

5 dari 6 halaman

Gunakan Tagar Populer dan Hubungkan ke Sosial Media

7. Gunakan Tagar Populer

Selayaknay Instagram dan Twitter agar lebih mudah dicari oleh orang-orang maka Anda bisa menggunakan tagar. Dengan menggunakan tagar yang populer, maka akan meningkatkan peluang orang-orang mampir ke akun TikTok Anda.

8. Hubungkan ke Sosial Media

Anda bisa menghubungkan TikTok Anda dengan akun sosial media lainnya. Hal ini bisa membantu traffic dari akun TikTok Anda meningkat, yang berasal dari akun sosial media lainnya, seperti Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

Kolaborasi dengan Kreator Terkenal dan Konsisten

9. Kolaborasi dengan Kreator Terkenal

Umumnya kreator ini juga sudah dapat dikatakan sebagai influencer. Anda bisa membangun relasi dengan para konten kreator terkenal yang sudah memiliki follower banyak. Anda bisa mencoba membuat video TikTok kolaborasi misalnya, yang harapannya si konten kreator terkenal ini akan serta mengunggahnya di akun TikTok mereka dan memberi peluang para follower kreator terkenal tersebut tertarik melihat akun TikTok Anda.

10. Konsisten

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang terakhir tentunya menaikkan traffic dengan konsisten membuat video yang menarik. Sebisa mungkin Anda membuat jadwal unggah video TikTok. Misalnya, Anda bisa mengunggah satu video TikTok dalam satu minggu di hari Sabtu ketika orang-orang sedang libur dan aktif di sosial media.

Itu tadi berbagai cara menghasilkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba, tentunya didasari agar traffic kunjungan ke akun TikTok Anda semakin meningkat.