Sukses

6 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Mencari Chat Berdasar Tanggal

Beberapa fitur baru WhatsApp ini masih dalam tahap uji coba dan segera dapat dinikmati dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta Fitur baru WhatsApp yang sedang dalam tahap uji coba memang cukup dinanti para pengguna aplikasi perpesanan instan ini. Memang tidak dapat dipungkiri, banyak sekali fitur baru WhatsApp yang memberi tambahan dari segi kemudahan untuk menggunakan aplikasi ini yang tidak ditemukan pada versi pendahulunya. 

Penambahan fitur baru WhatsApp merupakan bentuk perusahaan memaksimalkan kenyamanan bagi para pengguna setianya. Meski begitu, berbagai fitur baru WhatsApp yang ada masih belum sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat luas. Wajar saja, karena masih diperlukan evaluasi mengenai kinerja fitur baru WhatsApp tersebut.

Dilansir dari situs WABetainfo.com pada bulan Juni ini terdapat hampir sekitar 6 fitur baru WhatsApp yang sedang dilakukan pengujian pada sistem operasi baik Android maupun iOS.

Nah, mungkin Anda cukup penasaran apa saja fitur baru WhatsApp tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja fitur baru WhatsApp yang dapat segera para penggunanya nikmati dalam waktu dekat, Selasa (16/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Perubahan Warna Gelembung Percakapan

Kabarnya WhatsApp akan memberi perubahan pada warna gelembung ketika mode gelap (dark mode) sedang dalam kondisi aktif. Menurut WABetainfo.com hal ini masih belum jelas mengenai alasan WhatsApp mempertimbangkan adanya perubahan warna gelembung tersebut. Namun, bisa saja warna tersebut merupakan pilihan warna yang pertama dan ada kemungkinan jika akan muncul pilhan warna lain untuk gelembung percakapan pada WhatsApp tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Cari Gambar di Web

Fitur baru WhatsApp selanjutnya yaitu disematkannya fitur untuk mencari gambar di web. Fitur ini cukup memudahkan para pengguna WhatsApp, karena langsung dari aplikasi WhatsApp Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai gambar yang didapat, baik di WhatsApp Group atau personal chat.

Fitur ini akan sangat berguna untuk menekan angka penyebaran informasi hoax yang biasanya menyerang WAG. Semoga saja fitur ini benar-benar segera diluncurkan, mengingat semakin berkembangnya teknologi editing gambar cukup menyulitkan untuk mencari info yang benar mengenai gambar yang beredar di masyarakat.

4 dari 7 halaman

3. Integrasi dengan ShareChat

WABetaInfo mengabarkan jika WhatsApp akan mulai memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan tautan baik foto atau video yang ada di aplikasi ShareChat. Mungkin aplikasi ShareChat sendiri belum terlalu populer di Indonesia. Sebagai tambahan informasi saja, sebenarnya ShareChat sendiri merupakan jejaring sosial yang dikembangkan India.

Dengan menggunakan ShareChat, maka para penggunanya dapat menjelajahi konten-konten yang ada di aplikasi tersebut, seperti foto dan video. Fitur baru WhatsApp ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan jumlah pengguna ShareChat di Indonesia, mengingat rasa penasaran para pengguna WhatsApp yang bisa saja timbul karena hadirnya fitur baru tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Kelola Penyimpanan

Whatsapp juga sedang melakukan pengujian terhadap salah satu fitur yang dapat dikatakan sangat berguna, yaitu fitur untuk mengelola penyimpanan di jendela obrolan. Jadi para pengguna WhatsApp tidak perlu repot-repot menuju ke setting dan cukup melakukan klik pada ikon yang ada di jendela obrolan.

Rasanya memang hal ini sangat perlu dimiliki WhatsApp, mengingat intensitas mengirim file baik gambar, video, dan berbagai jenis file lainnya cukup tinggi. Hal ini tentu akan menyebabkan kinerja smartphone menjadi cukup terhambat.

Selain itu, dengan adanya pengelola penyimpanan yang terdapat di jendela obrolan, maka akan memudahkan dalam menentukan file-file mana saja yang mungkin sudah tidak terpakai dan harus dihapus segera.

6 dari 7 halaman

5. Menghapus Pesan yang Tidak Memiliki Bintang

Pengguna WhatsApp terkadang tidak sengaja menghapus beberapa pesan yang ada di jendela obrolan, memang tujuannya agar mengurangi beban kinerja smartphone. Namun, tidak jarang beberapa file atau chat penting ikut terhapus. File penting tersebut biasanya diberi tanda ‘star’ atau bintang, yang memberi arti jika file atau chat tersebut merupakan sesuatu yang penting.

Fitur baru WhatsApp yang sedang di uji coba ini memberi pilihan bagi pengguna untuk tidak melakukan penghapusan terhadap pesan atau file yang diberi tanda bintang. Tentunya fitur ini sangat diperlukan, mengingat sifat manusia yang terkadang lupa terhadap hal-hal penting.

7 dari 7 halaman

6. Cari Chat Berdasar Tanggal

Fitur baru WhatsApp yang terakhir yaitu fitur untuk mencari chat berdasar tanggal. Tentunya fitur ini sangat dinanti oleh para pengguna WhatsApp, karena dengan adanya fitur pemilihan tanggal, para pengguna tidak perlu repot melakukan scroll terlalu lama untuk mencari chat yang dimaksud. Mengingat, saat ini fitur pencarian obrolan hanya mampu dengan menggunakan kata kunci, yang tentu cukup sulit untuk diingat-ingat.

Dilansir WABetainfo.com fitur tersebut akan muncul terlihat jelas pada jendela obrolan dengan ikon kalender dan disematkan pada bagian pojok kanan bawah. Sebenarnya WhatsApp cukup terlambat untuk melakukan pengembangan pada fitur ini, karena fitur ini sebenarnya sudah dimiliki Telegram.

Namun, meski begitu berbagai fitur baru WhatsApp ini dirasa mampu untuk memuaskan para pengguna setianya, jadi untuk sekarang tunggu saja tanggal resmi perilisannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini