Sukses

15 Macam-Macam Es Unik Ala Nusantara, Segar Lepaskan Dahaga

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam es unik bisa ditemukan di penjuru Nusantara. Indonesia memiliki ragam kuliner yang tak pernah habis untuk dinikmati. Salah satu kuliner yang banyak digemari adalah macam-macam es unik.

Es menjadi minuman menyegarkan yang bisa melepas dahaga di cuaca yang panas. Es yang paling populer di Indonesia seperti es teler, es doger, dan es campur. Selain ketiga es ini ada banyak macam-macam es unik yang menarik untuk dicoba.

Macam-macam es unik khas Indonesia biasanya merupakan minuman legendaris. Macam-macam es unik ini pastinya sudah populer di mata masyarakat setempat. Keunikan nama dan bahan membuat macam-macam es unik banyak digemari orang.

Macam-macam es unik bahkan sudah menjadi identitas tersendiri bagi sebuah daerah. Berikut 15 macam-macam es unik khas Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(16/6/2020).

2 dari 6 halaman

Macam-macam es unik

Es Podeng

Es podeng merupakan satu dari macam-macam es unik yang cukup populer. Es podeng sebenarnya merupakan nama lain dari es puter. Podeng dalam bahasa Madura berarti puter. Es ini sangat populer di Jakarta dan menyebar ke seluruh penjuru Nusantara. Es podeng merupakan sajian es krim masyarakat Indonesia pada zaman kolonial. Jika es krim menggunakan susu, es podeng menggunakan santan kelapa. Es podeng biasanya diisi dengan potongan agar-agar, roti tawar, buah atep atau kolang-kaling, alpukat, kacang tanah, hingga susu kental manis.

Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret merupakan minuman khas Jepara, Jawa Tengah. Es ini juga banyak ditemui di Kota Solo. Es gempol pleret berisi bulatan gempol dan pleret pipih yang terbuat dari beras yang digiling halus. Gempol dan pleret kemudian dipadukan dengan es, santan, sirup atau gula merah.

Es Lontrong Slawi

Es Lontrong merupakan es yang sangat terkenal di Slawi, Tegal. Es lontrong berisi cincau hitam dan kacang hijau yang diberi es serut di atasnya. Es kemudian disiram dengan santan dan sirup pandan. Lontrong merupakan nama sebuah gang tempat es ini dijual.

3 dari 6 halaman

Macam-macam es unik

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang merupakan macam-macam es unik yang sangat terkenal. Es Selendang Mayang merupakan es khas Betawi yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Es ini terdiri dari tepung hunkwe warna warni yang disiram dengan santan dan gula merah.

Es Goyobod

Es Goyobod merupakan minuman khas Jawa Barat. Goyobod sendiri merupakan adonan santan dan tepung hunkwe bertekstur kenyal. Goyobod kemudian dipadukan bersama alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang-kaling, tape, roti, santan, dan gula merah. Es Goyobod merupakan salah satu kuliner lawas yang terkenal di Bandung.

Es Matoa

Es Matoa merupakan minuman khas Papua. Matoa merupakan buah khas Papua yang sangat populer. Es matoa biasanya berisi buah matoa, kolang-kaling, agar-agar, cincau, selasih, dan pala. Rasa es matoa manis, masam, dan menyegarkan.

4 dari 6 halaman

Macam-macam es unik

Es Nona

Es Nona merupakan minuman legendaris di Pontianak. Es nona biasanya berisi potongan pepaya, kacang merah, tape, sagu mutiara, kolang-kaling, dan nangka. Sajian ini kemudian diberi es serut yang terbuat dari air kapur sirih.

Es Tambring

Es Tambring merupakan minuman khas Bali. Es ini berisi kelapa muda yang dicampur dengan air asam dan putih telur ayam kampung. Es tambring dipadukan dengan siruo dan asam jawa yang membuatnya tidak terasa amis.

Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman khas Riau dan Kepulauan Riau. Dinamakan Laksamana Mengamuk karena konon, dulu ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun buah kweni. Ia kemudian menebas-nebas buah kweni hingga hancur. Es Laksamana Mengamuk memang berisi potongan buah kueni yang dipadukan dengan santan dan gula merah.

5 dari 6 halaman

Macam-macam es unik

Es Serbat Kweni

Es Serbat Kweni merupakan macam es unik khas Lampung. Es ini berisi campurang kweni, gula merah, dan selasih. Minuman ini memiliki cita rasa asam dan manis yang menyegarkan. Es ini juga bisa disajikan dengan gula putih sebagai pengganti gula merah.

Es Kacang Merah

Es Kacang Merah merupakan sajian khas Palembang yang menyegarkan. Es kacang merah merupakan perpaduan kacang merah bersama kuah manis dari gula merah, gula pasir, dan santan. Es kemudian diberi es serut, susu kental manis, dan sirup sebagai pelengkap.

Es Oyen

Es Oyen merupakan macam es unik yang banyak ditemukan di pinggir jalan. Es ini mulai populer sebagai minuman segar di Bandung. Sekilas, es oyen mirip dengan es campur. Es ini berisi kelapa muda, kolang-kaling, mangka, alpukat, pacar cina lengkap dengan serutan es dan susu kental manisnya.

6 dari 6 halaman

Macam-macam es unik

Es Pallu Butung

Es Pallu Butung banyak ditemukan di Sulawesi Selatan, terutama Makassar. Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang dimasak sampai matang dan kental. Adona ini kemudian dimasukkan potongan-potongan pisang raja yang juga sudah masak lalu diaduk. Es Pallu Butung biasa disajikan bersama es serut dan sirup.

Es air mata pengantin

Es air mata pengantin merupakan minuman khas Riau. Minuman ini terdiri dari biji selasih, agar-agar, blewah, sari kelapa, dan serutan es. Air mata pengantin yang dimaksud di minuman ini bukanlah air mata kesedihan melainkan air mata kebahagaiaan. Ini diwujudkan dalam rasa manis es ini.

Es sekemu

Es sekemu adalah es khas Banten berbahan dasar kelapa dan sawo. Selain kedua bahan ini, es sekemu biasa dilengkapi dengan biji selasih, air kelapa, dan gula.