Sukses

8 Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada yang Harus Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Penyebab jerawat di punggung dan dada sering tidak disadari oleh sebagian orang. Padahal, penyebab jerawat di punggung dan dada ini justru berasal dari kebiasaan-kebiasaan yang kurang bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Dan apabila penyebab jerawat di punggung dan dada tersebut tidak segera dihindari, maka akan menimbulkan kerugian bagi Anda, terutama dari segi penampilan. Tentu Anda tidak mau kan ketika momen tertentu justru gagal karena adanya jerawat yang kurang sedap dipandang mata pada bagian dada dan punggung.

Namun, biasanya penyebab jerawat di punggung dan dada ini juga bisa dilihat dari apakah wajah seseorang memiliki jerawat atau tidak. Sebab, pada beberapa penelitian menunjukkan hasil jika kebanyakan orang yang memiliki jerawat di wajah ternyata berisiko untuk menderita jerawat serupa di beberapa bagian tubuh lainnya.

Tapi, apa saja sebenarnya penyebab jerawat di punggung dan dada tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai apa saja penyebab jerawat di punggung dan dada yang perlu Anda waspadai, Selasa (16/6/2020).

2 dari 5 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada

1. Seprai Jarang Diganti

Penyebab jerawat di punggung dan dada ini sebenarnya jarang disadari oleh orang-orang. Padahal seprai yang digunakan sebagai alas untuk tidur ini bisa saja terdapat bakteri dan kuman yang sangat banyak. Apalagi jika atap kamar tidur tidak memiliki plafon yang berfungsi mencegah jatuhnya debu dari atap dan berbagai kotoran lainnya.

Jadi, ada baiknya untuk rutin mengganti seprai Anda satu hingga dua minggu sekali. Hal tersebut untuk meminimalisir terpaparnya kulit dengan kotoran yang hinggap di seprai kasur tempat Anda tidur.

2. Mengenakan Pakaian Ketat

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat akan menyebabkan sirkulasi udara di punggung dan dada akan terganggu. Hal ini tentunya akan semakin memperbesar risiko timbulnya jerawat yang tidak diinginkan. Sebab pakaian yang ketat akan membuat kulit menjadi sulit bernapas, lalu kulit iritasi, dan keringat menjadi tersumbar.

Kondisi di mana keringat tersumbat ini yang akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Maka dari itu usahakan mengenakan pakaian yang cukup longgar dan memiliki bahan dengan pori-pori cukup untuk sirkulasi udara, seperti katun yang juga memiliki daya serap terhadap keringat cukup baik.

3 dari 5 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada

3. Jarang Ganti Pakaian

Kebiasaan ini mungkin saja dimiliki seseorang, karena terkadang aktivitas yang terlampau padat membuat beberapa orang jarang mengganti pakaiannya. Padahal bisa saja aktivitas tersebut menimbulkan keringat yang berlebih. Dan jika terlalu lama mengenakan pakaian yang sudah berkeringat maka akan memperbesar risiko untuk timbulnya bakteri di kulit yang menjadi penyebab jerawat di punggung dan dada.

4. Rambut Berminyak

Apabila Anda memiliki rambut yang cukup panjang dan memiliki karakter rambut berminyak, maka akan memperbesar risiko timbulnya jerawat di punggung. Maka dari itu, selalu usahakan untuk rajin mencuci rambut secara teratur, dan apabila sedang melakukan aktivitas yang cukup menimbulkan keringat, maka lebih baik ikat rambut Anda.

4 dari 5 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada

5. Pengaruh Hormon

Apabila beberapa penyebab jerawat di punggung dan dada yang sempat di bahas tadi masih belum berhasil dan tidak terlihat tanda perubahan, maka bisa jadi hal tersebut karena hormon pada tubuh Anda. Maka ada baiknya Anda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar mengetahui penyebab sebenarnya dari jerawat yang dialami.

Selain itu, apabila seseorang menggunakan steroid anabolik atau suplemen testosterone, maka sangat berpotensi untuk meningkatkan produksi minyak kulit di tubuh dan menimbulkan adanya jerawat yang parah pada punggung, dada, bahkan wajah.

6. Pola Makan

Salah satu penyebab timbulnya jerawat di punggung dan dada juga bisa berasal dari pola makan yang buruk. Pada sebuah penelitian menunjukkan jika makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi sangat berpotensi menyebabkan gula darah naik secara cepat dan menjadi penyebab semakin parahnya jerawat yang timbul. Makanan dengan indeks glikemik tinggi tersebut antara lain nasi putih, roti putih, pasta, dan berbagai jenis manisan. Maka dari itu atur pola makan dan jenis makanan yang Anda konsumsi, agar terhindar dari penyakit kulit tersebut.

5 dari 5 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada

7. Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen atau jenis obat-obatan juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di tubuh. Biasanya jenis penyebab jerawat di punggung dan dada ini dialami oleh para binaraga atau orang yang mungkin sedang dalam pembentukan otot. Sebabnya, untuk meningkatkan massa otot dibutuhkan protein yang sangat tinggi.

Konsumsi protein dari makanan alami tentu terkadang tidak cukup, maka akan dikonsumsi suplemen tambahan yaitu susu protein. Susu protein inilah yang bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat di punggung dan dada, tentu akan diperparah apabila Anda menggunakan suplemen lainnya.

8. Masalah Genetik

Apabila dengan menghindari seluruh penyebab jerawat di atas memang masih belum berhasil mengurangi jerawat yang muncul, maka jalan satu-satunya adalah pergi ke dokter dan memastikan kegiatan fisik apa saja yang mungkin akan meningkatkan timbulnya jerawat di punggung tersebut. Serta apakah ada makanan atau alergi yang menyebabkan parahnya jerawat yang muncul. Sebab bukannya tidak mungkin jika penyebab jerawat di punggung dan dada tersebut merupakan penyakit turunan.