Sukses

10 Cara Mencegah Sariawan karena Tergigit, Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Sariawan merupakan kondisi medis yang dapat terjadi di mulut dan cukup menyakitkan. Area mulut yang akan terserang sariawan biasanya pada bibir, dalam pipi, lidah, dan permukaan gusi. Sariawan pada area mulut ini biasanya disebabkan peradangan akibat luka tergigit. Agar tidak sariawan ketika mengalami luka gigit, ketahui cara mencegah sariawan karena gigitan yang mudah dilakukan.

Cara mencegah sariawan karena gigitan dilakukan untuk mengantisipasi parahnya peradangan. Peradangan pada area mulut bisa berjumlah lebih dari satu, sesuai jumlah gigitan. Peradangan ini memiliki warna merah di tepiannya. Memiliki bentuk oval dan terkadang berbentuk bulat. Sariawan akibat peradangan ini akan terasa sangat perih. Terkadang, penderita akan kesulitan untuk mengunyah makanan.

Sebenarnya, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya. Proses penyembuhan ini mungkin akan memakan waktu hingga beberapa minggu. Namun, hal ini tentu tidak nyaman sama sekali. Selain harus menghindari makanan pedas, panas, asam, ada beberapa cara mencegah sariawan karena gigitan yang mudah dilakukan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mencegah sariawan karena gigitan dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020).

2 dari 6 halaman

Perhatikan Konsumsi Makanan

Hindari Makan Pedas dan Asam

Makanan pedas dan asam bisa memperparah peradangan. Bahkan hal ini juga bisa menjadi penyebab sariawan saat mulut tidak mengalami peradangan. Cara mencegah sariawan karena gigitan ini untuk mengantisipasi peradangan akibat gigitan karena sifat pedas dan asamnya. Makanan asam adalah biang dari iritasi mulut.

Hindari Makan/Minum Panas

Makanan dan minuman yang sangat panas akan membuat lidah dan mulut melepuh. Selain dapat memicu sariawan, sifat panas ini juga akan memperburuk luka akibat gigitan. Jadi, jangan langsung mengonsumsi makanan/minuman panas ini. Paling tidak tunggu sampai makanan menghangat.

3 dari 6 halaman

Jaga Kondisi Mulut

Jaga Kebersihan Mulut

Saat mengalami gigitan di mulut, sebaiknya mulai jaga kebersihan mulut. Cara mencegah sariawan karena gigitan ini untuk mencegah peradangan yang parah. Bersihkan mulut untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Bisa mulai dengan menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Bisa juga menggunakan mouthwash untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut.

Gunakan Sikat Gigi Tepat

Saat membersihkan gigi, pilih juga sikat gigi yang tepat. Cara mencegah sariawan karena gigitan ini penting dilakukan. Sebab, bentuk sikat gigi yang tidak sesuai dengan mulut dapat melukai gusi dan lidah.

Hal ini juga akan semakin memperparah luka akibat gigitan. Peradangan akan semakin parah jika sikat gigi yang digunakan tidak tepat. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan kontur mulut dan bulu sikat lembut. Bersihkan juga gigi dengan menyikatnya secara perlahan, agar sikat tidak menyakiti gigi atau mulut.

4 dari 6 halaman

Mengandalkan Makanan Bergizi

Konsumsi Buah dan Sayuran

Luka ggitan juga akan semakin parah jika asupan nutrisi tidak tercukupi. Cara mencegah sariawan karena gigitan harus disertai dengan konsumsi buah dan sahur. Sebab, pola makan bisa menjadi penyebab semakin parahnya luka peradangan.

Sariawan umumnya disebabkan karena kurangnya vitamin B-12, seng, asam folat, dan zat besi. Mulailah untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran tinggi vitamin B12, seng, folat, dan zat besi. Kandungan ini bisa ditemukan pada Jeruk, asparagus, tomat, sayuran berdaun hijau, dan air kelapa.

Konsumsi Yogurt

Kandungan probiotik dalam yoghurt bisa digunakan untuk mencegah sariawan karena gigitan. Segala jenis bakteri mulut bisa dibasmi dengan yoghurt ini. Terutama bakteri penyebab sariawan atau bakteri H. pylori. Cobalah untuk mulai mengonsumsi satu cangkir yogurt setiap harinya.

5 dari 6 halaman

Mengandalkan Tanaman

Konsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk tanaman yang bisa digunakan untuk mencegah sariawan karena gigitan. Sifat antiinflamasi dan penenang pada lidah biayalah penyebabnya. Kandungan ini dapat meringankan rasa sakit dan menutup luka peradangan akibat gigitan dengan cepat.

Cobalah untuk langsung mengoleskan ke daerah sariawan dan biarkan kurang lebih 20 menit. Lalu bilas mulut dengan air hangat dan ulangi sampai luka peradangan membaik. Bisa juga dengan membuatnya menjadi jus lidah buaya. Konsumsi kurang lebih 3-4 kali sehari untuk hasil lebih maksimal.

Gunakan Tanaman Chamomile

Chamomile dikenal sebagai tanaman bunga yang biasa dikonsumsi. Tanaman ini biasanya dikonsumsi dengan diseduh sebagai teh. Kandungan antiseptik dan antiradang yang dimilikinya dapat menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Terutama untuk luka radang akibat gigitan yang memicu sariawan. Cobalah untuk mengompres luka selama beberaoa menit dengan chamomile ini.

 

6 dari 6 halaman

Cara Makan dan Porsi Air Putih

Hindari Makan Terburu-buru

Makan cepat atau terburu-buru berisiko membuat lidah dan bagian dalam mulut tergigit. Hal ini akan semakin memperparah luka akibat gigitan sebelumnya. Hingga menyebabkan peradangan semakin parah dan memicu sariawan dalam jumlah yang lebih banyak. Lebih baik mulai mengunyah perlahan untuk mencegahnya.

Minum Air Putih Cukup

Banyak mengonsumsi air putih termasuk cara mencegah sariawan karena gigitan. Sebab, air putih akan membantu mempertahankan suhu tubuh normal. Suhu tubuh ini akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah mulut menjadi kering. Mulut kering akan memicu timbulnya sariawan. Hingga membuat luka gigitan juga semakin parah. Hindari juga minuman berkafein yang berisiko membuat mulut menjadi kering.