Sukses

7 Macam-Macam Tanaman Obat untuk Asam Urat, Salah Satunya Kunyit

Liputan6.com, Jakarta Tanaman obat merupakan bahan dasar dari obat herbal tradisional. Obat herbal ini juga dikenal lebih aman dan efektif digunakan. Sebab, obat herbal tidak mengandung bahan kimia dengan efek samping berbahaya. Salah satu khasiat dari obat herbal ini adalah untuk mengobati asam urat. Obat herbal ini biasanya terbuat dari macam-macam tanaman obat untuk asam urat. 

Obat herbal dari macam-macam tanaman obat untuk asam urat juga bisa dibuat sendiri di rumah. Tanaman obat ini bisa langsung diseduh untuk dibuat teh hangat. Kemudian dijadikan campuran masakan untuk bisa dikonsumsi tiga kali sehari.

Macam-macam tanaman obat untuk asam urat juga bisa ditanam sendiri di rumah. Tentu saja untuk persediaan ketika asam urat sering kambuh. Alih-alih membeli, menanam sendiri tanaman obat untuk asam urat akan lebih aman dan lebih hemat.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam tanaman obat untuk asam urat dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Tanaman Obat untuk Asam Urat

Daun Buah Sirsak

Daun buah sirsak ini termasuk tanaman obat yang bisa mengobati asam urat. Asam urat ini bisa diatasi dengan daun sirsak karena kandungan di dalamnya. Terdapat kandungan annocatalin, asam linoleat, vitamin A, dan vitamin C. Cobalah untuk merebus beberapa lembar daun sirsak yang sudah dipotong-potong. Kemudian konsumsilah air rebusannya daun buah sirsak secara rutin.

Akar Gobo

Akar Gobo termasuk tanaman obat yang ampuh mengobati asam urat. Akar inilah yang nantinya akan membantu tubuh membuang asam urat melalui urine. Tidak hanya asam urat, akar ini bisa membantu membersihkan racun dalam darah dan mencegah peradangan. Hal ini disebabkan kandungan akar gobo yang sangat melimpah. Akar gobo ini memiliki senyawa tanin, sterol, kuersetin, asam fenolik, dan luteolin.

 

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Tanaman Obat untuk Asam Urat

Kunyit

Kunyit disebut sebagai tanaman obat yang kaya kandungan kurkumin. Kurkumin dapat meringankan gangguan pencernaan, mengatasi penyakit hati, penyakit kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, asam urat, dan stroke.

Kunyit ini sangat efektif untuk mengobati asam urat karena kemampuannya melindungi fungsi saraf dan menyembuhkan peradangan. Hal ini disebabkan karena kandungan zat anti-inflamasi di dalamnya. Meski begitu, jangan mengonsumsi dalam jumlah terlalu banyak karena dapat memicu kenaikan asam lambung.

Daun Sirih Cina

Tanaman obat daun sirih cina ini sudah banyak dijumpai di pekarangan rumah. Sebab, daun sirih cina dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Daun sirih juga kaya akan oksalat, tanin, alkaloid, lemak, dan minyak atsiri. Kandungan ini sangat baik untuk membantu mengobati peradangan akibat asam urat.

Selain itu, kandungan antioksidan tannin dapat membantu merespon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Tidak heran jika banyak yang menggunakan daun sirih untuk mengobati luka bakar dan menghentikan mimisan.

Nah, daun sirih ini bisa langsung digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Namun, untuk meredakan asam urat, mulailah untuk merebusnya terlebih dahulu dan meminum air rebusannya.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Tanaman Obat untuk Asam Urat

Jahe

Tanaman obat biasanya digunakan untuk pembuatan jamu/obat herbal. Senyawa aktif kuat bernama gingerol inilah penyebabnya. Gingerol dapat digunakan untuk mengatasi mual muntah, sakit perut, vertigo, nyeri haid, dan nyeri sendi karena asam urat. Selain itu, jahe juga sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah penderita asam urat.

Jika bisa menanamnya sendiri di rumah untuk dikonsumsi, akan jauh lebih bagus lagi. Sebab, kandungan jahe segar atau yang baru dipetik mengandung senyawa gingerol lebih kuat. Namun, jahe juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Jika mengonsumsinya secara berlebihan, justru dapat memicu masalah pencernaan. Masalah ini berupa sakit perut, mulas, kembung, dan diare. Sebaiknya, konsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram jahe setiap harinya.

Nah, untuk bisa merasakan manfaat dari jahe untuk asam urat cobalah untuk mulai mengonsumsinya. Cobalah untuk merebus jahe dan rendam waslap dalam air rebusan jahe tersebut. Setalah itu tempelkan pada daerah yang sakit selama 15-30 menit. Lakukan pengobatan ini setidaknya sehari sekali.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Tanaman Obat untuk Asam Urat

Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing dikenal juga termasuk tanaman herbal. Zat anti radang yang dikandungnya juga dapat membantu mengendalikan rematik dan asam urat, dan gejala alergi. Bahkan juga dapat membantu meringankan luka di kulit dan gusi yang bengkak.

Kumis kucing bahkan yang mampu mengatasi batu ginjal. Hal ini disebabkan kemampuan kumis kucing merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine. Mengeluarkan bakteri di kandung kemih akan lebih mudah dilakukan. Pencegahan pengendapan mineral dan garam dalam ginjal juga lebih mudah diatasi.

Nah, untuk mulai melakukan pengobatan asam urat, mulailah dengan merebusnya. Cukup sediakan sekitar 10 gram kumis kucing. Kemudian rebus dan konsumsilah air rebusan ini setiap hari secara rutin.

Sambiloto

Tanaman obat sambiloto ini mampu membantu meredakan asam urat. Pembengkakan akibat asam urat bisa diredakan karena kandungan flavonoid, alkane, kalium, natrium, dan kalsium yang dimilikinya. Senyawa inilah yang nantinya dapat membantu menangkal penyakit asam urat.