Sukses

6 Buah-buahan yang Membuat Gigi Lebih Putih dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan yang membuat gigi lebih putih bisa dijadikan perawatan rutin. Hal ini tentunya dapat mendukung perawatan gigi sehari-hari yang kamu lakukan secara rutin. Jika kamu tidak menggosok gigi secara teratur tentunya gigi tidak akan lebih putih dan sehat.

Selain dapat membuat gigi menjadi lebih putih, buah-buahan yang kaya akan gizi tentunya dapat menunjang kesehatan tubuh. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus saat menggunakan buah-buahan sebagai perawatan gigi.

Buah-buahan yang membuat gigi putih bisa digunakan dengan menjadikannya pasta atau cairan untuk berkumur. Berkat kandungan dari buah-buahan tersebut, kamu bisa mendapatkan gigi yang putih dan bebas dari noda. Kamu bisa menerapkannya secara teratur di rumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020) tentang buah-buahan yang membuat gigi lebih putih.

2 dari 7 halaman

Stroberi

Buah-buahan yang membuat gigi lebih putih pertama adalah stroberi. Makanan yang konsumsi sehari-hari memang bisa mengubah warna gigi, karena itu mengonsumsi stroberi dianjurkan untuk kesehatan gigi kamu.

Stroberi merupakan jenis buah yang banyak mengandung asam malat, zat alami yang kerap kali digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa campuran stroberi dan baking soda memutihkan gigi sedikit lebih baik daripada produk pemutih gigi yang ada di pasaran.

Kamu bisa menggunakan stroberi sebagai buah-buahan yang membuat gigi lebih putih dan sehat dengan mengikuti cara berikut:

- Stroberi bisa langsung digosokkan pada gigi dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian berkumurlah dengan air hangat.

-  Kamu juga bisa menghaluskan sebuah stroberi dan campurkan dengan satu sendok teh baking soda. Lalu, oleskan pasta stroberi pada gigi dan biarkan selama dua menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Namun, jangan terlalu sering menyikat gigi dengan pasta ini. Asam sitrat dalam stroberi memiliki potensi merusak enamel gigi.

3 dari 7 halaman

Apel

Buah-buahan yang membuat gigi lebih putih dan sehat berikutnya adalah apel. Mengunyah apel bahkan juga dapat menguatkan gusi selain memutihkannya. Kandungan alami dari apel juga terbukti ampuh meningkatkan produksi air liur yang berperan penting membunuh bakteri. Hal ini tentunya bisa mengurangi penyebab bau mulut dan kerusakan gigi.

Selain itu, senyawa asam dan serat pada apel juga ikut andil dalam menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi. Apel juga mengandung asam malat seperti stroberi sebagai zat alami untuk memutihkan gigi.

4 dari 7 halaman

Nanas

Buah-buahan yang membuat gigi lebih putih dan sehat berikutnya adalah nanas. Selain stroberi, nanas juga dapat membantu menyamarkan noda pada gigi. Nanas mengandung zat aktif bernama bromelain. Zat inilah yang membuat nanas efektif dijadikan buah untuk membuat gigi lebih putih.

Penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelanin lebih efektif menyamarkan noda gigi dibanding produk pasta gigi komersil. Meski begitu, sampai saat ini belum ada bukti bahwa makan nanas menghasilkan efek yang sama untuk memutihkan gigi. 

5 dari 7 halaman

Kulit Pisang

Buah-buahan yang membuat gigi lebih putih berikutnya adalah pisang. Tepatnya dengan menggunakan kulit pisang. Bahka, kulit pisang juga dapat membantu menguatkan email gigi karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Kamu cukup menggosok-gosokkan kulit pisang yang telah dicuci bersih sebelumnya pada gigi. Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit agar kulit pisang dapat bekerja untuk memutihkan gigi kamu. Lalu, gosok gigi menggunakan sikat gigi secara perlahan hingga bersih. Lakukan ini setiap hari selama 2 minggu untuk hasil yang optimal.

6 dari 7 halaman

Kulit Jeruk

Buah-buahan yang membuat gigi lebih putih berikutnya adalah jeruk. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan kulit jeruk. Selain berguna untuk kecantikan, kulit jeruk mengandung vitamin C yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Ikuti cara berikut untuk memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk. Pertama, buatlah pasta dari bubuk kulit jeruk yang dikeringkan kemudian blender sampai halus. Lalu, campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan air secukupnya. Selanjutnya, oleskan pasta kulit jeruk tersebut pada gigi dan diamkan selama kurang lebih tiga menit. Kemudian, berkumurlah dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7 dari 7 halaman

Lemon

Lemon juga bisa dijadikan sebagai buah-buahan yang membuat gigi putih. Lemon yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi, mampu memutihkan gigi yang menguning. Selain itu, kadar PH yang seimbang dalam buah lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Caranya cukup sederhana, ambil 1 buah lemon segar, lalu peras hingga sekitar 2-3 sendok teh. Kemudian, campurkan air perasan lemon dengan 1 sendok teh garam halus. Selanjutnya, tinggal gosokkan campuran keduanya ke gigi menggunakan sikat gigi