Sukses

Pengisi Suara Shizuka di Doraemon Meninggal Dunia, Ini 4 Faktanya

Prabawati Sukarta dubber karakter Shizuka diketahui meninggal dunia pada Senin (15/6/2020) malam.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari duni hiburan Tanah Air. Kali ini datang dari dunia pengisi suara atau Dubber Indonesia. Pengisi suara karakter Shizuka dalam serial animasi ternama Doraemon, Prabawati Sukarta dikabarkan meninggal dunia pada Senin (15/6/2020) malam.

Kabar mengenai meninggalnya Prabawati Sukarta ini pun diketahui dari unggahan akun Instagram resmi Indonesian Voice Talent pada Kamis (18/6/2020) malam. Almarhumah sendiri diketahui merupakan pengisi suara karakter 'Shizuka' pertama dan cukup legendaris.

Melalui akun Instagram @indonesianvoicetalent, Jumat (19/6/2020) kabar duka ini pertama kali disampaikan melalu sang anak, Ady Aiman. Kepergian Prabawati Sukarta tak hanya meninggalkan kesedihan bagi keluarga saja. Akan tetapi tak sedikit para sahabat serta penggemar serial animasi Doraemon yang turut merasa kehilangan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Prabawati Sukarta selaku pengisi suara pertama karakter 'Shizuka' dalam serial animasi Doraemon, jumat (19/6/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Berhenti mengisi suara Shizuka

Kepergian salah satu dubber ternama Tanah Air ini meninggalkan duka dan kesedihan mendalam bagi banyak orang. Prabawati Sukarata sendiri memang telah cukup lama berhenti menjadi pengisi suara karakter 'Shizuka'.

Karakter Shizuka sendiri memang telah 4 kali berganti dubber. Namun, Prabawati merupakan salah satu pengisi suara ternama dan cukup diingat oleh publik terutama bagi generasi 90-an. Ia pun diketahui berhenti menjadi pengisi suara shizuka pada 2006 lalu.

3 dari 5 halaman

2. Mantan penyiar RRI

Bukan hanya berprofesi sebagai seorang dubber saja. Akan tetapi almarhumah diketahui sempat menjadi penyiar radio. Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta era 1980-an silam.

4 dari 5 halaman

3. Gagal ginjal

Prabawati Sukarta sendiri memang telah cukup lama tak terdengar oleh publik. Rupanya, ia diketahui tengah berjuang melawan penyakit yang ia derita.

Dubber Shizuka ini sendiri diketahui meninggal dunia pada usia 64 tahun di rumahnya, Prum Duren jaya, Bekasi Timur. Meninggalnya mantan penyiar RRi ini diketahui setelah berjuang melawan penyakit gagal ginjal. Prabawati pun diketahi telah berjuang melawan gagal ginjal selama tujuh tahun terakhir.

5 dari 5 halaman

4. Sosok dermawan

Bukan hanya dikenal sebagai seorang pengisi suara karakter Shizuka saja. Akan tetapi ia juga cukup dikenal luas sebagai seorang yang dermawan. Karena faktor usia dan kesehatannya, Prabawati pun telah lama tak bekerja di RRI Jakarta. Ibu lima orang anak ini juga diketahui merupakan wanita yang sederhana.

View this post on Instagram

Dubber "Shizuka" Prabawati Sukarta Dalam Serial Dora Emon Meninggal Dunia. Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia. Kabar duka ini pertama kali disampaikan melalui sang anak, Ady Aiman. Prabawati Sukarta dikabarkan tutup usia pada Senin (15/6/2020) malam. Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar pada RRI Jakarta. Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon. Pengisi suara Shizuka pernah mengalami 4 kali pergantian. Dubber pertama kali adalah Prabawati Sukarta, kemudian pada tahun 2006 diganti oleh Nurul Ulfah hingga tahun 2008. Kemudian digantikan @risa_chandra atau Merysha Chandra. Setelah itu baru diganti oleh Jessy Milianty hingga saat ini. Tetapi dalam film Doraemon “Stand By Me”, suara Shizuka diisi oleh Nurul Ulfah. Keluarga besar Indonesian Voice Talent turut berduka cita atas meninggalnya Prabawati Sukarta. Semoga almarhumah husnul khotimah. . . . #indonesianvoicetalent #dubber #jualsuara #ivot #pengisisuara #voiceover #betadine #masker #voiceoverindonesia #voiceoverindonesia #voiceovertalent #voicetalent

A post shared by INDONESIAN VOICE TALENT (@indonesianvoicetalent) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini