Sukses

5 Cara Menghilangkan Noda Makeup di Baju, Praktis dan Efektif

Cara menghilangkan noda makeup di baju bisa dilakukan dengan memperhatikan jenis produk.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda makeup di baju bisa dilakukan dengan memperhatikan jenis produk. Jenis produk makeup yang berbentuk cairan, krim, maupun bubuk memiliki trik tersendiri untuk dihilangkan dari pakaian kamu.

Walaupun merupakan masalah sepele yang sering terjadi, kondisi ini tentu membuat kamu kesal. Noda makeup di pakaian kerap kali menjadi momok karena sulit dihilangkan. Entah itu noda dari bedak, foundation, lipstik, atau maskara, memerlukan cara berbeda dalam mencucinya. 

Cara menghilangkan noda makeup di baju bisa menjaganya agar tidak rusak. Jika dicuci dengan cara biasa, pakaian kamu bisa saja malah rusak dan noda makeup semakin menyebar. Karena itu, cara menghilangkan noda makeup yang tepat perlu dipraktikkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/6/2020) tentang cara menghilangkan noda makeup pada pakaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Hairspray untuk Noda Lipstik

Cara menghilangkan noda makeup di baju yang pertama adalah menggunakan hairspray pada noda akibat lipstik. Karena sebagian besar produk lipstik berbahan dasar minyak, menggunakan pembersih yang juga berbahan dasar minyak kemungkinan bisa membantu menghilangkan noda pada pakaian.

Mulailah dengan membersihkan noda dengan sabun cair untuk menghilangkan warna berlebih, kemudian semprotkan air bersih, namun jangan rendam pakaian tersebut. Gosok perlahan setetes sabun ke noda dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian menggunakan handuk bersih, gosokkan sabun ke noda dengan gerakan melingkar dari tepi luar ke arah tengah. Terakhir, gunakan kain bersih untuk mengeringkannya. Ulangi hingga noda pada pakaian benar-benar bersih.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga menerapkan cara menghilangkan noda makeup pada pakaian ini dengan menyemprotkan hair spray. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan perlahan dengan spons dan cuci seperti biasa. Jika pakaian tidak bisa dicuci atau hanya bisa dibersihkan dengan dry cleaning, gunakan saja bedak bayi, kapur atau baking soda. Bahan tersebut berfungsi membersihkan sisi minyak dan lilin yang terkandung di dalam lipstik.

3 dari 6 halaman

Krim Cukur untuk Makeup dari Bubuk

Makeup dari bukuk seperti foundation bisa kamu hilangkan dengan krim cukur. Cara menghilangkan noda makeup di baju dengan krim cukur bisa dijadikan solusi untuk membersihkan noda bedak atau foundation yang digunakan sehari-hari.

Caranya cukup mudah, pertama tempelkan tisu yang yang telah diberi krim lalu tepuk-tepuk lembut ke bagian yang bernoda. Untuk noda yang membandel, campurkan sedikit alkohol ke dalam krim lalu oleskan pada noda sampai menghilang. Selanjutnya gunakan sabun detergen untuk tahapan membersihkan nodanya. Gosok perlahan agar tekstur kain tetap dalam kondisi baik.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Es Batu untuk Makeup Cair atau Krim

Makeup cair bisa berupa foundation atau krim blush on. Cara menghilangkan noda makeup di baju pada makeup cair atau krim ini dilakukan dengan menggunakan pisau atau sendok untuk lembut mengikis kelebihan makeup yang ada.

Kemudian oleskan es batu pada daerah yang terkena noda sampai mencair, air dingin tersebut akan membantu mengangkat noda. Menggunakan es batu akan membuah hasil yang lebih baik daripada mencucinya langsung di bawah wastafel.

5 dari 6 halaman

Sabun Cuci Piring untuk Noda Alas Bedak

Cara menghilangkan noda makeup di baju berikutnya berkaitan dengan pemakaian alas bedak. Noda alas bedak jenis cairan lebih sulit dihilangkan ketimbang yang berjenis padatan.

Langkah pertama, langsung mencucinya dengan shampoo atau krim pembersih lalu bilas hingga bersih. Alas bedak jenis cair memiliki tekstur berlemak, cuci dengan sabun cuci piring untuk membubarkan noda, kemudian gosok lembut bagian pakaian yang terkena noda. Cara lainnya, kamu bisa menggunakan alkohol hingga noda terangkat.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda di baju yang bisa kamu lakukan agar tidak merusaknya. Lakukan dengan hati-hati agar pembersihan menjadi efektif.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Makeup Remover untuk Eyeliner dan Maskara

Cara menghilangkan noda makeup di baju selanjutnya berkaitan dengan eyeliner dan mascara. Caranya dengan menuangkan sedikit makeup remover bebas minyak ke atas sebuah kapas dan oleskan perlahan pada bagian yang terkena noda. Setelah selesai, bilas dengan air dingin untuk menghilangkan remover yang masih ada pada pakaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.